5 Cara Mengatasi Menopause yang Sangat Mengganggu

memudahkan-menopause-doktersehat

DokterSehat.Com – Wanita akan mengalami menopause dengan sendirinya saat mereka berusia 50 tahun ke atas. Kondisi ini sangat normal karena ovarium yang sudah berfungsi sejak usia puber tidak lagi menghasilkan ovarium. Dampaknya, estrogen di dalam tubuh juga akan anjlok dan memengaruhi banyak aspek kehidupan.

Saat memasuki usia menopause, wanita biasanya sering mengalami masalah. Ada banyak gangguan pada tubuhnya seperti perubahan suasana hati, sering merasakan panas saat malam hari, dan seks yang dilakukan jadi sakit. Nah, agar kondisi seperti ini tidak terjadi dan wanita masih bisa menikmati kehidupan menopausenya dengan baik, simak cara mengatasinya di bawah ini.

  1. Berusaha membuat tubuh jadi dingin

Wanita menopause biasanya sering mengalami hot flashes atau perasaan panas dan gerah di dalam tubuhnya. Kondisi ini bisa datang setiap hari, bahkan, saat wanita sedang tidur di malam hari. Saat hot flashes ini muncul, wanita akan terbangun di tengah malam dan tidak bisa tidur lagi dengan tenang.

Kalau Anda sering mengalami hot flashes, ada baiknya untuk segera mengganti pakaian dengan yang lebih nyaman. Kalau dengan mengganti pakaian saja tidak menyebabkan wanita merasa nyaman, bisa menggunakan pendingin ruangan entah itu kipas angin atau AC. Minumlah minuman segar untuk memberikan rasa nyaman secara instan.

  1. Melakukan olahraga ringan secara reguler

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh wanita saat memasuki masa menopause adalah mereka jadi malas berolahraga. Padahal dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih segar dan peredaran darah bisa berjalan dengan lancar. Olahraga juga akan membuat daya tahan tubuh wanita jadi meningkat.

Olahraga yang dilakukan oleh wanita tidak perlu banyak dan juga intens. Cukup lakukan olahraga sederhana saja seperti biasanya saja seperti jalan kaki atau jogging ringan. Yang paling penting tubuh tetap bergerak dan aktif.

  1. Lebih banyak melakukan relaksasi

Wanita yang mengalami menopause biasanya akan sering mengalami perubahan suasana hati. Kalau Anda sering mengalaminya saat PMS atau saat menstruasi, kondisi ini akan lebih sering datang. Bahkan, hampir setiap hari tubuh akan terasa tidak nyaman sehingga banyak wanita yang merasa uring-uringan.

Perubahan suasana hati adalah hal yang wajar karena bisa terjadi akibat perubahan level hormon. Namun, kondisi ini akan semakin parah kalau tidak segera diatasi. Coba lebih banyak melakukan relaksasi. Anda bisa melakukan yoga kalau ingin lebih nyaman atau sesekali pelesir untuk membuat suasana hati lebih segar.

  1. Menikmati seks dengan aman

Wanita yang mengalami menopause biasanya takut melakukan seks dengan pasangan. Padahal dengan melakukan seks, mereka masih bisa menikmati kehidupannya dengan baik meski usianya sudah lanjut. Coba lakukan seks secara reguler seperti seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Karena saat menopause vagina tidak menghasilkan cairan pelumasnya sendiri, siapkan cairan pelumas tambahan. Dengan cairan tambahan ini, wanita akan tetap bisa menikmati seks dan tidak merasakan sakit yang cukup besar. Bahkan kemungkinan wanita mendapatkan orgasme masih besar.

  1. Istirahat yang cukup

Lakukan istirahat yang cukup setiap harinya. Kalau tubuh merasa capai, jangan memaksakan diri untuk melakukan aktivitas tertentu. Lebih baik, nikmati saja waktu bersantai-santai sambil berolahraga atau melakukan aktivitas yang diinginkan.

Wanita dengan kondisi menopause disarankan untuk tidur selama 6-8 jam sehari. Jangan sampai kurang dari itu atau malah sering begadang setiap malam.

Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa Anda gunakan sebagai tambahan informasi jika kelak mengalami menopause. Setelah menopause tiba, wanita juga masih berhak menikmati hidupnya.