7 Cara Meningkatkan Fungsi Sistem Pencernaan dengan Mudah

membantu-sistem-pencernaan-doktersehat

DokterSehat.Com – Tubuh kita memiliki banyak sekali sistem yang menghubungkan beberapa organ menjadi satu. Kita mengenal ada sistem peredaran darah, sistem saraf, sistem ekskresi, hingga sistem pencernaan yang akan kita bahas pada artikel ini. Masing-masing sistem bekerja untuk membuat kita bisa hidup dengan baik, bekerja dengan produktivitas tinggi, mencegah sakit, dan menyuplai banyak sekali energi.

Cara menjaga sistem pencernaan agar sehat

Beberapa sistem pada tubuh kerap mengalami masalah. Pada saluran pencernaan akan ada gangguan kembung, diare, sembelit, dan masalah pencernaan lain seperti maag. Gangguan pada sistem pencernaan akan membuat Anda jadi tidak produktif, bahkan harus terbaring di atas kasur untuk istirahat. Kalau Anda tidak mau mengalami kejadian ini, lakukan beberapa tips di bawah ini.

Cara menjaga kesehatan pencernaan ada banyak. Anda bisa menerapkan beberapa atau semua tips di bawah ini dengan konsisten.

  1. Makan real food

Hal pertama yang harus Anda perhatikan kalau ingin memiliki sistem pencernaan yang sehat adalah memperhatikan makanan. Dengan memperhatikan apa yang dimakan, gangguan akan jarang muncul. Bahkan, pencernaan akan menjadi lebih sehat setiap saat.

Biasakan untuk memasak makanan yang ingin Anda santap. Dengan memasak sendiri, Anda bisa mengatur jenis nutrisi yang masuk dan mengonsumsi real food. Selama ini sering menggunakan makanan olahan, makanan buatan, dan bahan pengawet. Bahan yang tidak alami itu membebani pencernaan sehingga gangguan akan sering muncul.

  1. Konsumsi lemak sehat

Tidak semua lemak buruk untuk tubuh. Ada banyak lemak baik untuk tubuh. Bahkan bisa membantu sistem pencernaan dan mencegah inflamasi atau peradangan yang terjadi di area usus dan sekitar. Lemak yang sehat juga bisa menjadi sumber energi yang cukup melimpah.

Anda bisa mendapatkan lemak sehat dari buah seperti avokad dan beberapa biji-bijian. Selanjutnya ikan berlemak dengan kandungan asam lemak omega-3 seperti salmon dan tuna juga bisa dikonsumsi untuk menjaga sistem pencernaan.

  1. Perbanyak makanan berserat

Salah satu kesalahan yang sering kita lakukan saat makan adalah terlalu banyak nasi dan juga lauk berlemak. Dua hal ini menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Pengolahannya menjadi energi cukup lama dan membuat Anda mudah sekali mengantuk. Selain itu masih ada kemungkinan terjadi sembelit.

Makanan berserat yang sangat direkomendasikan adalah aneka sayuran hijau, buah, dan beberapa jenis biji-bijian. Serat yang masuk akan membuat Anda menjadi lebih kenyang dan juga tidak kembung dan sakit saat akan buang air besar akibat sembelit

  1. Kendalikan stres

Mungkin Anda akan berpikir kalau stres tidak memiliki efek apa pun pada tubuh. Ternyata saat tubuh mengalami stres kortisol akan banyak dihasilkan. Hormon itu bisa menyebabkan gangguan pencernaan sehingga kondisi sembelit, mual, hingga mungkin diare bisa saja terjadi.

Stres yang berlebihan juga membuat Anda memiliki pola makan yang buruk. Beberapa orang kerap tidak bisa mengontrol apa saja yang dimakan. Akibatnya apa saja disantap sehingga lambung akan mengalami gangguan akibat banyak makanan yang masuk.

  1. Penuhi kebutuhan air harian

Sebisa mungkin untuk memenuhi kebutuhan air harian. Kebutuhan air harian ini akan membuat pencernaan berjalan dengan lancar. Feses yang dikeluarkan juga lebih lunak sehingga Anda tidak akan mengalami sembelit setiap akan buang air besar. Selama ini sembelit kerap terjadi akibat air yang ada di tubuh menurun.

Konsumsi setidaknya 8 gelas air setiap harinya atau 2 liter air. Anda bisa mengonsumsi air setelah makan atau kapan saja kalau merasa haus dan lelah. Dengan asupan air, Anda akan jarang mengalami dehidrasi sehingga tubuh menjadi lebih segar setiap saat.

  1. Makan dengan santai dan sadar

Makanlah dengan lebih sadar dan juga santai. Maksud makan dengan sadar adalah tahu kapan tubuh benar-benar lapar dan juga kenyang. Dengan kesadaran ini Anda tidak akan makan berlebihan dan juga kekurangan.

Saat makan usahakan mengunyah dengan benar. Saat makanan sudah lembut atau hancur barulah ditelan. Jangan menelan makanan yang masih kasar agar pencernaan di lambung sedikit terbantu dan tidak menyebabkan masalah pencernaan.

  1. Menjalani gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat yang harus diperhatikan pada poin ini ada banyak. Pertama kita harus lebih banyak bergerak atau olahraga. Dengan berolahraga pencernaan akan berjalan dengan lancar. Pergerakan usus, lambung, dan organ dalam sistem pencernaan akan sempurna.

Selanjutnya kurangi alkohol dan juga rokok. Dengan mengurangi dua kebiasaan ini, sistem pencernaan akan berjalan lancar. Terakhir jangan terbiasa makan terlalu malam dan membuat sistem pencernaan menjadi tersiksa. Makan terlalu malam akan memicu kondisi insomnia, begah, dan perasaan tidak nyaman di sekitar perut selama 3 jam lebih sebelum akhirnya normal kembali.

Mengubah gaya hidup demi kesehatan tubuh

Masalah makanan dan pencernaan mungkin terlihat biasa dan remeh. Namun, dengan menerapkan pola makan yang baik dan juga diet yang sesuai dengan kebutuhan, sistem pencernaan akan berjalan dengan baik.

Mulai saat ini biasakan untuk mengonsumsi masakan sendiri atau makan dari warung tradisional. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak sekali minyak, santan, dan bahan pengawet lainnya.

Kalau masalah pencernaan bisa berjalan dengan lancar, kemungkinan terjadi gangguan kesehatan akan rendah. Anda akan menjalani kehidupan dengan lebih baik setiap harinya.

Inilah ulasan tentang cara meningkatkan sistem pencernaan pada tubuh. Dengan melakukan beberapa atau semua cara di aras, Anda akan jarang alami sembelit, diare, hingga sakit. Biasakan melakukan daftar di atas agar menjadi bagian dari gaya hidup.