Terbit: 19 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Menjaga organ intim wanita atau vagina tidak semudah menjaga kelembutan wajah agar terlihat lebih cantik. Selain itu, vagina yang kotor atau lingkungannya tidak mendukung bisa menyebabkan penyakit datang dan menurunkan kemampuan seksual dan reproduksi dari wanita.

Cara Menjaga Organ Intim Wanita yang Tepat

Agar organ intim dari wanita tetap bersih dan juga sehat, coba lakukan beberapa hal di bawah ini dengan benar dan teratur setiap hari.

1. Gunakan pembersih yang tepat
Vagina tidak sama dengan kulit wajah yang bisa diberi krim tertentu agar menjadi lembut dan tampak awet muda. Vagina membutuhkan pembersih khusus khususnya yang direkomendasikan oleh dokter atau praktisi kesehatan.

Menggunakan pembersih vagina secara sembarangan yang ada di pasaran bisa membuat pH dari vagina berubah. Selain itu zat kimia yang digunakan bisa membahayakan kesehatan reproduksi.

2. Bersihkan setiap hari
Vagina harus dibersihkan setiap hari minimal dua kali. Saat akan mandi, coba bersihkan bagian luar dari vagina. Selanjutnya sebelum tidur bersihkan lagi agar tidak ada bakteri yang berkembang di sana dan menyebabkan penyakit dan iritasi.

3. Jangan gunakan pembalut seharian
Saat menstruasi datang, wanita akan menggunakan pembalut agar darah tidak tercecer ke mana-mana. Nah, memakai pembalut yang terlalu lama juga berbahaya karena bakteri yang keluar saat menstruasi bisa masuk lagi dan menginfeksi. Untuk itu, wanita disarankan untuk mengganti pembalut paling tidak 4 jam sekali atau 2 kali saat bekerja. Jangan gunakan pembalut lebih dari 6 jam karena sangat berisiko.

4. Bilas vagina yang benar
Saat menggunakan toilet umum, bersihkan vagina dengan benar. Bilas dari depan ke belakang, jangan dari belakang ke depan. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak ada bakteri dari anus yang ikut terbawa ke area vagina dan menginfeksi.

Lebih lanjut, jangan terlalu sering menggunakan celana atau rok yang ketat ya. Gunakan juga celana dalam berbahan katun yang tidak akan menggesek vagina dan menyebabkan luka.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi