11 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru (Sehat Sampai Tua)

cara-menjaga-kesehatan-paru-paru-doktersehat

DokterSehat.Com – Sebagai organ tubuh yang berkaitan dengan pernapasan, peran paru-paru bagi tubuh sangatlah vital. Namun, seringkali kita mengabaikan betapa pentingnya paru-paru tersebut bagi keberlangsungan hidup. Paru-paru yang tidak terawat bukan tidak mungkin dapat menyebabkan komplikasi serius yang bisa merenggut nyawa. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru?

Apa Itu Paru-Paru?

Paru-paru adalah organ tubuh yang masuk ke dalam sistem pernapasan (respirasi) dan berkaitan dengan sistem peredaran (sirkulasi) darah. Paru-paru terdiri dari paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Masing-masing paru memiliki lobus, di mana paru-paru kanan memiliki 3 lobus, sedangkan paru-paru kiri memiliki 2 lobus

Paru-paru memiliki tugas untuk menukar oksigen yang masuk melalui udara dengan karbon dioksida yang dihasilkan tubuh. Aktivitas inilah yang kita sebut sebagai ‘bernapas’ atau istilah medisnya ‘pernapasan eksternal’. Paru-paru terdiri dari beberapa bagian, yaitu alveoli, bronkiulus, bronkus, dan pleura. Masing-masing memiliki fungsinya sendiri yang saling berkait guna menunjang akitivtas pertukaran oksigen tersebut.

Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru Agar Tetap Sehat

Mengingat pentingnya fungsi paru-paru bagi tubuh, maka sudah selayaknya Anda menjaga kesehatan paru-paru agar dapat bekerja dengan baik, bahkan saat memasuki usia senja nanti. Berikut ini cara menjaga kesehatan paru-paru yang perlu Anda ketahui dan terapkan.

1. Tidak Merokok

Rokok mengandung zat kimia berbahaya yang bisa menyebabkan terjadinya penggumpalan di dalam paru-paru untuk kemudian merusaknya. Jika hal ini terus dibiarkan, maka yang terjadi adalah timbulnya sejumlah komplikasi paru-paru seperti fibrosis paru idiopatik, asma, PPOK, hingga kanker paru.

Rokok dan asapnya hanya akan menyebabkan penyempitan pada saluran pernapasan, yang berujung pada gejala sessak napas dan peradangan jaringan paru-paru. Puncaknya, muncullah sel kanker paru yang berbahaya dan bisa mengancam jiwa.

Melihat fakta tersebut, maka salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru yang paling utama adalah dengan berhenti merokok atau terkena paparan asap rokok. Baik perokok aktif maupun pasif sama-sama memiliki risiko penyakit paru-paru yang setara.

2. Tidak Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Selain menghindari rokok, cara menjaga paru-paru agar tetap sehat juga dengan tidak mengonsumsi minuman beralkohol berjenis apapun. Lagi-lagi, kandungan zat kimia dalam minuman tersebut dinsinyalir dapat memicu penyempitan pada paru-paru sehingga berdampak pada kondisi sulit bernapas.

Alih-alih alkohol, mengapa Anda tidak mengonsumsi jenis minuman lainnya yang lebih menyehatkan, tanpa menghilangkan manfaat untuk relaksasi tubuh seperti jus buah atau cukup air mineral.

3. Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur juga jadi cara menjaga kesehatan paru-paru lainnya yang wajib Anda lakukan jika ingin paru-paru selalu dalam kondisi baik. Olahraga dinilai efektif dalam melatih pernapasan, yang mana hal ini berpengaruh besar terhadap fungsi paru-paru.

Tak perlu olahraga berat, Anda bisa melakukan sejumlah jenis olahraga ringan seperti jogging, jalan santai, atau yoga. Namun, lakukan aktivitas olahraga tersebut secara rutin agar manfaatnya benar-benar terasa.

4. Atur Diet

Pilihan makanan (diet) juga sedikit banyak memengaruhi kesehatan paru-paru Anda. Pilihlah makanan-makanan seperti ikan, susu, keju, daging merah, dan kacang-kacangan. Mengonsumsi makanan-makanan tersebut adalah cara alami menjaga kesehatan paru-paru yang sudah selayaknya dilakukan mengingat fungsinya yang bisa membersihkan paru-paru dari penggumpalan kotoran.

5. Hindari Makanan yang Menghasilkan Lendir Paru-Paru

Sebaliknya, Anda harus menghindari konsumsi makanan-makanan yang mengandung glukosa seperti permen atau cokelat. Ini merupakan cara alami menjaga kesehatan paru-paru mengingat makanan yang mengandung gula berpotensi menghasilkan lendir yang dapat menutupi paru-paru dan mengganggu kinerjanya.

6. Mencukupi Suplai Antioksidan

Cara menjaga paru-paru agar tetap sehat selanjutnya adalah selalu cukupi kebutuhan tubuh Anda terhadap zat antioksidan, yang bisa didapatkan melalui sejumlah makanan, utamanya buah-buahan dan sayur mayor. Kedua jenis makanan tersebut kaya akan vitamin seperti vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan pencegah kerusakan paru-paru akibat oksidasi.

7. Menghindari Udara Kotor

Salah satu penyebab kesehatan paru-paru terganggu adalah polusi udara. Oleh sebab itu, cara menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan menghindari polusi udara yang di sekitar. Saat berada di luar ruangan, gunakan masker untuk menutupi saluran pernapasan dari kontaminasi udara kotor.

Tak hanya itu, Anda juga harus selalu memerhatikan kebersihan udara di dalam rumah. Rajin-rajinlah membersihkan rumah agar terbebas dari debu dan tungau debu yang bisa dengan mudah masuk kedalam tubuh melalui hidung dan mulut. Tanami pekarangan rumah dengan tumbuh-tumbuhan agar sebagai sumber suplai oksigen.

8. Rajin Mencuci Tangan

Seringkali kita abaikan, kegiatan mencuci tangan ternyata penting sekali dan termasuk ke dalam salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru. Akibat tangan yang jarang dicuci—terutama sehabis melakukan aktivitas yang mengotori tangan—berisiko terinfeksi virus maupun bakteri yang dapat menyerang paru-paru Anda.

Mulailah biasakan diri untuk mencuci tangan setiap habis beraktivitas, utamanya di luar ruangan, menggunakan sabun antiseptik dan lebih bagus jika dibasuh dengan air hangat guna mempercepat pembasmian bakteri atau kuman.

9. Perbanyak Minum Air Putih

Apabila selama ini Anda ‘malas’ minum banyak air putih, maka hentikan kebiasaan tersebut dan mulailah mengonsumsi air putih, setidaknya 8 gelas per hari. Banyak minum air putih adalah cara menjaga paru-paru agar tetap sehat karena air putih mengandung oksigen yang dapat membantu kinerja paru-paru, pun membersihkan paru-paru dari kotoran atau lendir yang melekat.

10. Jaga Berat Badan

Berat badan yang tidak ideal—utamanya pada kasus obesitas—ditengarai turut memicu timbulnya gangguan kesehatan pada paru-paru. Hal ini karena tubuh yang kegemukan akan membutuhkan oksigen lebih banyak sehingga paru-paru pun harus bekerja ekstra dalam menyuplai oksigen.

11. Kelola Stres

Saat Anda dilanda rasa stres, sedih, hingga depresi, secara tidak langung Anda membuat paru-paru jadi bekerja ekstra. Jika dibiarkan, lama kelamaan fungsi paru-paru akan mengalami penurunan dan berpotensi terserang penyakit paru-paru.

Oleh sebab itu, kendalikan stres dengan baik agar tidak terlau mengganggu paru-paru maupun organ tubuh vital lainnya. Alihkan rasa stres dengan melakukan sejumlah aktivitas positif seperti berolahraga, travelling, hingga mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

Itu dia beberapa tips atau cara menjaga kesehatan paru-paru yang bisa Anda lakukan. Pada intinya, paru-paru yang sehat berawal dari gaya hidup yang sehat pula. Semoga bermanfaat!