Terbit: 26 Desember 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Jantung adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh. Detak jantung pada tubuh manusia menunjukkan adanya kehidupan. Agar jantung dapat bekerja sesuai dengan fungsinya, tentunya kita harus selalu menjaga kesehatan jantung dengan baik. Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan, tapi sebelumnya, kenali dulu berbagai gangguan jantung berikut ini!

Penyakit Jantung Paling Umum dan 7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung!

Penyakit yang Umum Menyerang Jantung

Penyakit jantung disebut juga sebagai penyakit kardiovaskular. Penyakit-penyakit ini tentunya menyerang jantung dan menyebabkan fungsi jantung terganggu. Penyebab penyakit jantung beragam dan kebanyakan penyebabnya adalah karena tidak mengetahui cara menjaga kesehatan jantung. Berikut adalah beberapa penyakit kardiovaskular yang terjadi akibat tidak menjaga kesehatan jantung:

1. Jantung koroner

Penyakit jantung koroner atau dapat juga disebuat arteri koroner adalah kondisi rusaknya pembuluh darah utama pada jantung. Penyebab utamanya yang paling umum adalah penumpukan plak pada pembuluh darah.

Penyakit ini bisa tidak menyababkan gejala pada awalnya, tapi jika sudah serius dapat menyebabkan nyeri dada hingga serangan jantung (penyumbatan aliran darah ke otot jantung).

2. Gagal jantung

Gagal jantung termasuk kondisi kronis di mana jantung tidak dapat memompa darah seperti fungsi utamanya. Gagal jantung umumnya disebabkan oleh penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, depresi, diabetes, gangguan tidur, hingga obesitas.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Gejala yang mungkin muncul adalah seperti sesak napas, kelelahan, jantung berdeyut cepat, hingga pemengkakan pada kaki.

3. Gangguan irama jantung

Gangguan irama jantung adalah kondisi detak jantung tidak normal, bisa terlalu cepat, terlalu lambat, atau bahkan tidak beraturan. Penyebab gangguan irama jantung beragam mulai dari pengaruh olkohol, pengaruh obat-obatan, hipertensi, gangguan kelenjar tiroid, diabetes, atau dapat juga akibat gangguan jantung lainnya.

4. Henti jantung

Henti jantung terjadi secara mendadak yaitu hilangnya fungsi jantung, kesadaran, dan napas seseorang secara tiba-tiba. Berbeda dengan serangan jantung, henti jantung terjadi lebih cepat langsung membuat penderitanya tidak sadarkan diri. Pada beberapa kasus, serangan jantung bisa menjadi penyebab henti jantung.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang tidak dapat disepelekan, karena jantung memiliki peranan yang sangat besar bagi tubuh manusia. Maka dari itu, menjaga kesehatan jantung menjadi hal yang sangat penting agar jantung dapat terus menjalani fungsinya dengan baik. Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda terapkan!

1. Jaga asupan makanan

Cara menjaga kesehatan jantung yang pertama adalah dengan menjaga asupan makanan. Makanan dengan kandungan lemak berbahaya sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan kolesterol yang merupakan salah satu pemicu gangguan jantung. Hindari juga makanan dengan kadar indeks glikemik tinggi yang dapat menyebabkan kenaikan gula darah

Pilih makanan dengan gizi seimbang dan perbanyak asupan serat untuk menjaga kadar kolesterol dan gula dalam darah. Jangan lupa juga untuk menjaga asupan air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik dan organ tubuh dapat bekerja dengan baik.

2. Olahraga secara rutin

Selain menjaga asupan makanan, olahraga rutin juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung. Olahraga berguna untuk melatih jantung agar dapat tetap berfungsi dengan baik.

Idealnya kita melakukan olahraga selama 30 menit, paling tidak 5 kali dalam seminggu. Anda bisa memulai kebiasaan dengan olahraga yang ringan seperti berjalan, jogging, atau bersepeda.

3. Mengatur pola tidur

Cara menjaga kesehatan jantung selanjutnya adalah dengan menjaga pola tidur. Tidur yang cukup dapat menjaga tubuh bekerja lebih baik, termasuk juga melancarkan peredaran darah dan menjaga kesehatan jantung.

Mengatur pola tidur dapat membantu Anda tidak hanya terhindar dari penyakit jantung, tapi juga banyak gangguan tubuh lainnya. Selain mendapatkan tidur yang cukup, pastikan juga Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

4. Jaga berat badan ideal

Memeriksa berat badan ideal juga bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan jantung. Cara menghitung berat badan ideal dapat menggunakan kalkulator BMI (body mass index).

Seperti yang kita ketahui, kelebihan berat badan dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit, terutama penyakit jantung. Jika Anda sudah menerapkan tiga cara yang disebutkan sebelumnya, akan lebih mudah untuk mendapatan berat badan ideal.

5. Hindari rokok dan minuma beralkohol

Rokok dan minuman beralkohol bukan meruapakan bagian dari pola hidup sehat. Keduanya juga merupakan penyebab meningkatnya risiko penyakit jantung. Maka dari itu, menghindari keduanya dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang efektif.

Bagi sebagian orang, rokok dan minuman beralkohol mungkin sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan sulit untuk dilepaskan. Jika merasa kesulitan, Anda bisa meminta bantuan ahli medis untuk dapat terlepas dari rokok dan minuman beralkohol.

6. Jangan sepelekan gejalanya

Jangan pernah menyepelekan gejala penyakit, sekecil apapun itu. Jika merasakan gejala seperti nyeri dada atau jantung berdebar, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Gejala yang hanya muncul sebentar, kemudian hilang dengan cepat bukan berarti tidak berbahaya.

7. Periksakan diri secara rutin

Memeriksakan kesehatan secara rutin juga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung. Beberapa jenis penyakit mungkin tidak menimbulkan gejala dan baru diketahui setelah kondisinya sudah parah.

Memeriksaan kadar gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol merupakan hal yang wajib dilakukan secara rutin untuk mengetahui kesehatan jantung. Jika dapat dideteksi sejak dini, tentunya penyakit yang dialami juga dapat ditangani dengan lebih cepat dan tepat.

Itu dia berbaga cara menjaga kesehatan jantung agar terhindari dari berbagai gangguan jantung. Tidak sulit, bukan? Anda hanya perlu menyanyangi diri sendiri untuk dapat menjaga kesehatan jantung.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi