Cara Menjaga Kebersihan Badan yang Mudah Berkeringat

doktersehat-mengatasi-keringat-berlebih
Photo Credit: Pexels.com/Burst

DokterSehat.Com– Keringat berlebih atau hyperhidrosis merupakan satu keadaan yang membuat produksi keringat seseorang di luar batas normal. Keadaan ini kerap menimbulkan masalah lain, seperti masalah kebersihan badan.

Dilansir dari Natural Living Ideas, ada beberapa perawatan dari rumah yang bisa membantu Anda mengatasi keringat berlebih pada badan. Ini dia:

1. Hindari Makanan Instan

Hindari makanan instan yang diproses secara kimia jika Anda memiliki masalah keringat berlebih pada badan. Racun kimia yang ada pada makanan olahan dapat memicu lebih banyak keringat.

Mulai sekarang, ada baiknya mulai mengonsumsi makanan-makanan sehat. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan, seperti jeruk, apel, melon. Selain itu, imbangi juga dengan asupan sayuran, telur, daging organik, ikan, dan kacang-kacangan.

2. Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan zat astringen yang secara fungsi dapat membantu mengontrol produksi keringat berlebih pada badan. Jika dikonsumsi dapat membantu menyeimbangkan pH dalam tubuh.

Kandungan pada cuka apel bekerja sebagai antiperspirant yang dapat membantuk lapisan pada kulit. Ini akan membantu memastikan pori-pori tetap tertutup.

Ingin merasakan manfaatnya langsung saat berkeringat?

Bersihkan lebih dahulu area ketiak Anda, lalu oleskan cuka apel menggunakan kapas. Biarkan semalaman lalu bilas pada pagi harinya. Jangan lupa untuk menggunakan deodorant!

Anda juga bisa mencampurkan cuka apel ke dalam teh, tambahkan madu, dan minum setiap hari untuk mengontrol produksi keringat yang berlebih pada badan.

3. Melakukan Yoga

Yoga atau olahraga lainnya kerap diasosiasikan dengan produksi keringat. Menurut Natural Living Ideas, yoga merupakan salah satu cara alami paling baik yang dapat dilakukan untuk mengendalikan produksi keringat.

Perpaduan pernapasan dan gerakan pada yoga membantu membuat tubuh menjadi selaras, emosi menjadi lebih stabil, dan mengurangi stres. Semua in dapat membantu mengurangi produksi keringat.

Yoga cukup efektif untuk merangsang sistem pencernaan, terutama mereka yang hyperhidrosis dengan masalah berat badan. Ada beberapa posisi pada Yoga yang dapat mendorong tubuh mengeluarkan racun yang bermanfaat bagi kondisi keringat berlebih pada badan.

Jadi, mari jaga kebersihan badan yang berkeringat lebih dengan cara-cara sederhana ini!