Terbit: 20 November 2020 | Diperbarui: 21 November 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara menjaga elastisitas kulit adalah dengan melakukan perawatan kulit setiap hari, konsumsi makanan tinggi kolagen, dan serum vitamin C bila perlu. Ketahui bagaimana cara menjaga elastisitas kulit agar kulit tampak sehat, cantik, dan awet muda. 

14 Cara Menjaga Elastisitas Kulit secara Alami dan Medis

Cara Menjaga Elastisitas Kulit secara Alami 

Sebagian besar orang baik wanita atau pria mungkin ingin memiliki kulit yang kencang, halus, dan sehat, namun elastisitas kulit biasanya berkurang seiring bertambahnya usia. Kulit kehilangan kolagen, yaitu protein yang berperan untuk kesehatan dan elastisitas kulit.

Selain itu, faktor seperti paparan sinar UV, polusi udara, asap rokok atau kebiasaan merokok, dan asupan vitamin dan nutrisi yang kurang juga memengaruhi kecantikan kulit. Maka dari itu, setiap orang disarankan untuk melakukan cara menjaga elastisitas kulit berikut ini:

1. Gunakan Pelembap

Gunakan pelembap kulit setiap hari untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan menjaga kulit tetap kenyal dan kencang. Produk pelembap juga dapat menghidrasi kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. 

Anda dapat menggunakan produk pelembap apa saja sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan Anda. Umumnya, pelembap yang bagus mengandung ceramide, niacinamide, asam lemak esensial, dan asam hialuronat. Beberapa produk pelembap juga memiliki kandungan ekstrak buah atau sayuran seperti lidah buaya, alpukat, timun, dll. 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

2. Eksfoliasi

Regenerasi kulit akan lebih sulit terjadi selama alami saat Anda bertambah usia. Anda dapat membantu regenerasi kulit dengan eksfoliasi kulit secara teratur untuk mengelupas sel-sel kulit mati, sehingga kulit bisa lebih cerah dan kencang.

Anda dapat menggunakan bahan-bahan eksfoliasi kulit alami seperti masker buah, campuran kopi dan minyak zaitun, oatmeal, madu dan gula, dan scrub alami lainnya. Lakukan maksimal dua kali sehari, jangan terlalu sering karena malah akan membuat kulit kering. 

3. Serum Vitamin C 

Salah satu vitamin kulit yang paling penting adalah vitamin C. Vitamin C berperan sebagai kolagen untuk mencegah radikal bebas dari sinar UV, mencerahkan kulit, dan membantu regenerasi kulit. 

Anda dapat meningkatkan asupan vitamin C dari makanan sehari-hari seperti brokoli, bayam, buah sitrus, stroberi, kentang, kiwi, dan lainnya. Bila perlu, gunakan serum vitamin C yang tersedia dalam berbagai produk perawatan kecantikan. 

4. Perawatan Kulit Rutin 

Perawatan kulit (skincare) adalah kebutuhan setiap orang untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersih. Gunakan perawatan kulit setiap hari, perawatan siang dan malam termasuk cleansing, toner, pelembap, tabir surya, dan serum. 

Jangan lupa cuci muka setiap hari dan sebelum tidur. Selain itu, gunakan produk-produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bila perlu konsultasi ke ahli kecantikan atau dokter jika Anda memiliki masalah kulit lain seperti jerawat, kulit kusam, kulit kering, dan lainnya. 

Baca Juga: 15 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami dan Medis

5. Gunakan Masker atau Lulur Alami 

Selain menggunakan skin care setiap hari, kulit Anda membutuhkan perawatan tambahan dengan masker wajah atau lulur alami. Manfaat masker wajah untuk hidrasi kulit, membersihkan, mencerahkan, dan merelaksasi kulit. 

Masker wajah yang bagus harus mengandung vitamin dasar yaitu antioksidan, vitamin C, vitamin E, dan vitamin A. Anda bisa memilih jenis masker apa pun dengan ekstrak buah atau minyak esensial seperti masker lidah buaya, lemon, tree tea oil, oatmeal, timun, madu, dan lainnya. 

6. Suplemen Kolagen

Kolagen adalah jenis protein yang berperan untuk tekstur dan penampilan kulit. Kulit yang kekurangan kolagen akan terlihat kusam, kendur, dan tidak segar.

Salah satu cara menjaga elastisitas kulit adalah dengan konsumsi makanan yang meningkatkan produksi kolagen alami seperti ayam, seafood, putih telur, buah sitrus, sayuran berdaun hijau, tomat, dan beri-berian. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kolagen atau minuman khusus kolagen untuk kulit. 

7. Retinoid

Retinol dan retinoid adalah salah satu bentuk turunan dari vitamin A. Manfaat retinol adalah untuk meningkatkan regenerasi kolagen, produksi kolagen, elastisitas kulit, dan perawatan kulit secara keseluruhan. 

Sebagian besar produk kecantikan dan perawatan kulit memiliki kandungan retinoid. Anda juga dapat konsultasi ke dokter untuk produk retinol resep dengan kombinasi serum vitamin C dan antioksidan. 

8. Gunakan Tabir Surya

Gunakan tabir surya (sunscreen) setiap hari terutama bila Anda beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Pasalnya, gelombang sinar UV dapat menyebabkan masalah kulit seperti kulit kendur, keriput, garis-garis halus, dan mengurangi elastisitas kulit.

Menggunakan sunscreen dapat mencegah berbagai masalah kulit akibat radikal bebas dari paparan sinar UV. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 yang berarti dapat mengurangi paparan sinar UV 30 kali lebih baik daripada saat Anda tidak menggunakan sunscreen

Baca Juga: 9 Cara Memilih Sunscreen yang Bagus dan Cara Memakainnya

9. Jangan Merokok 

Salah satu cara menjaga elastisitas kulit adalah dengan tidak merokok. Kebiasaan merokok dapat mempersempit pembuluh darah dan merusak kolagen serta serat elastin alami dalam kulit. 

Racun dari rokok juga akan membatasi aliran nutrisi dan oksigen ke jaringan kulit. Bila Anda ingin kulit ternutrisi dari dalam, konsumsi makanan sehat dan jangan merokok. 

10. Istirahat yang Cukup 

Kurang tidur dapat membuat kulit kendur, berkerut, dan menghitam seperti yang sering terjadi pada lingkaran mata. Pastikan Anda tidur yang cukup, sekitar 6-8 jam sehari. Saat tubuh beristirahat, produksi kolagen dalam kulit pun semakin meningkat dan cepat. 

11. Makan Sehat 

Apa yang Anda makan berdampak pada kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Pastikan Anda makan sehat berupa sayur dan buah yang kaya akan karotenoid, likopen, zinc, vitamin C, A, dan E. 

Itulah beberapa cara menjaga elastisitas kulit secara alami. Anda harus makan sehat tinggi vitamin dan nutrisi untuk kulit serta rajin menggunakan perawatan kulit setiap hari. 

Cara Menjaga Elastisitas Kulit secara Medis 

Selain dengan cara alami, ada beberapa cara menjaga kecantikan kulit secara medis. Berikut ini penjelasannya: 

1. Chemical Peels

Chemicals peels adalah perawatan eksfoliasi kulit atau pengelupasan kulit lapisan atas dengan bahan kimia. Prosedur chemicals peels dapat meningkatkan regenerasi kulit lebih cepat dan membuat kulit tampak lebih kencang, segar, dan bersih. 

Baca Juga: Peeling Wajah: Manfaat, Jenis, Efek Samping, dll

2. Krim Dexpanthenol 

Krim Dexpanthenol adalah obat topikal kulit untuk mengatasi kulit kasar dan kulit kering. Dexpanthenol krim wajah ini juga dapat menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Anda butuh resep dari dokter kulit untuk menggunakan obat ini.

3. Perawatan Laser

Terapi laser adalah prosedur kecantikan kulit untuk mengencangkan kulit, meningkatkan produksi kolagen, serta membuat kulit glowing. Beberapa orang menggunakan terapi laser sebagai bagian dari perawatan kulit dengan harga laser kulit sekitar 300 ribu rupiah sekali perawatan. Anda harus memilih klinik kecantikan yang profesional dan aman. 

 

  1. Trench, Brooke Le Poer. 2014. 10 Things That Really Keep Your Skin Firm. https://www.allure.com/story/how-to-get-firm-skin. (Diakses pada 20 November 2020).
  2. Tamatam, Sowmya. 2020. 11 Ways To Improve Your Skin Elasticity. https://skinkraft.com/blogs/articles/skin-elasticity. (Diakses pada 20 November 2020).
  3. Whelan, Corey. 2019. Skin Elasticity: 13 Ways to Improve It. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-elasticity. (Diakses pada 20 November 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi