Terbit: 2 September 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Lakukan beberapa cara menjaga diri dan keluarga dari COVID-19, termasuk memberi edukasi tentang kesehatan dan bahaya pandemi bagi setiap anggota keluarga, mengajarkan kebiasaan hidup bersih, dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku demi memutus penyebaran virus Corona. Pahami cara menjaga kesehatan diri dan keluarga terhadap virus Corona di sini!

10 Cara Menjaga Diri dan Keluarga dari COVID-19

Cara Menjaga Diri dan Keluarga dari COVID-19

Wabah infeksi menular virus Corona (COVID-19) pertama kali diidentifikasi di Cina pada December 2019 dan masih terus mengintai sebagian besar masyarakat dunia hingga saat ini. Para petugas medis, ilmuwan, dan pemerintah terus bekerja keras untuk menemukan solusi demi menghentikan penyebaran virus Corona yang berbahaya ini.

Di saat yang sama, semua orang sebaiknya menerapkan dan mulai membiasakan diri untuk menerapkan teknik kebersihan dan kesehatan dasar dari level keluarga. Ini berguna untuk melindungi diri dan setiap anggota keluarga dari bahaya virus Corona serta mencegah paparan infeksi dan penyakit lain yang mungkin terjadi.

Berikut ini beberapa tips dan cara menjaga diri dan keluarga dari COVID-19:

1. Beri Pemahaman tentang Bahaya Pandemi

Cara mencegah penyebaran virus Corona dimulai dari memberi edukasi tentang bahaya pandemi pada setiap anggota keluarga. Terutama bagi anak-anak yang belum dan sulit mengerti tentang betapa ganasnya virus Corona di luar sama.

Ambil sumber informasi kesehatan yang valid dan akurat, kemudian pelajari dengan bijaksana. Bila Anda dan keluarga memiliki cukup informasi kesehatan, maka akan menyadari tentang betapa mahalnya kesehatan dan betapa pentingnya untuk mencegah penyebaran virus atau penyakit apapun. Selain itu, jangan terbawa berita palsu atau hoaks tentang COVID-19.

2. Terapkan Kebersihan Dasar

Adanya pandemi COVID-19 seharusnya bisa mengingatkan masyarakat akan pentingnya menerapkan teknik kebersihan dasar dan pola hidup sehat yang mungkin terlupakan selama ini. Berikut ini panduan dasar untuk pola hidup bersih di keluarga:

  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik sampai bersih, termasuk cuci tangan sebelum dan sesudah makan, menyiapkan makanan, memegang benda-benda, keluar rumah, dan menggunakan kamar mandi.
  • Jangan berbagi atau menggunakan alat makan secara bersamaan di satu waktu.
  • Jangan menyentuh wajah sebelum cuci tangan.
  • Mandi setelah beraktivitas atau keluar rumah.
  • Saat bersih, tutup dengan sapu tangan, tisu, atau lengan baju.
  • Hindari kontak dengan orang yang mungkin sakit.
  • Jangan keluar rumah bila sakit.

Baca Juga: Perlengkapan dan Cara Mencegah Penularan COVID-19 (Lengkap)

3. Mematuhi Protokol Kesehatan yang Berlaku

Setiap negara memberlakukan protokol kesehatan masing-masing demi mencegah penyebaran COVID-19. Di Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatur protokol kesehatan (prokes), yaitu 3M dan 3T.

  • 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan pakai sabun)
  • 3T (Tracing, Testing, Treatment)

Selain itu, ada protokol kesehatan yang harus dipatuhi bila kamu terpaksa harus ke luar rumah, ke fasilitas kesehatan, transportasi umum, sekolah, kantor, pasar, atau tempat umum lainnya. Bila tidak ada urusan penting, tetap di rumah.

Anda dan keluarga harus menaati prokes tersebut, ya! Protokol kesehatan itu akan selalu diperbarui sesuai dengan keamanan situasi di suatu wilayah.

4. Memenuhi Asupan Gizi dan Nutrisi Lengkap

Cara menjaga diri saat pandemi adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi setiap hari. Anda harus menjaga sistem imun tetap kuat agar terhindar dari infeksi dan penyakit.

Bila asupan makanan sehari-hari tidak sehat, tubuh tidak mendapat asupan gizi, vitamin, mineral, dan nutrisi yang diperlukan. Ini meningkatkan risiko penurunan sistem imun, tubuh jadi lemah, dan lebih mudah terserang penyakit.

Jadi, siapkan makanan sehat dan bergizi di rumah. Anda bisa memasak berbagai jenis sayur-sayuran dan mengolah buah-buahan jadi menu yang nikmat. Juga, konsumsi vitamin harian bila perlu.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Di masa pandemi atau tidak, Anda harus selalu memenuhi asupan cairan yang cukup (sekitar 8 gelas per hari). Tubuh yang terhidrasi dengan baik tentu akan lebih kuat, sehat, dan Anda juga akan lebih fokus. Bila ada anggota keluarga yang cenderung kurang minum air putih, tolong ingatkan atau siapkan air putih di dekatnya.

6. Olahraga Bersama Keluarga

Olahraga adalah kunci kesehatan, terutama di masa pandemi seperti ini. Latihan fisik secara teratur akan meningkatkan sistem imun, tubuh jadi bugar, serta membuat Anda lebih tenang.

Ajak keluarga untuk latihan fisik bersama. Olahraga bersama seperti bersepeda, jogging, lari pagi di sekitar halaman rumah, atau sekadar berjemur bersama dapat menambah bonding antar keluarga serta menjaga kesehatan mental di masa pandemi atau bila Anda sedang karantina di rumah.

7. Tetap Tenang dan Saling Menjaga

Pandemi COVID-19 juga menyebabkan dampak buruk bagi segala sektor kehidupan, termasuk efek ekonomi yang menurun dan masalah kesehatan mental. Bila begitu, mohon saling menjaga dan mengasihi setiap anggota keluarga, rekan, tetangga, dan semua orang yang Anda dicintai.

Di masa pandemi ini, dukungan moril juga faktor penting untuk membuat kita saling terjaga dan tetap semangat menjalani hidup. Selain itu, setiap anggota keluarga harus saling mengingatkan untuk hidup bersih dan sehat dengan bahasa yang lembut.

Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Stres di Masa Pandemi COVID-19 (Ampuh)

8. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup adalah salah satu cara menjaga diri dari virus Corona. Bila Anda kurang tidur, Anda akan merasa lebih lelah, tidak bersemangat, cenderung tidak nafsu makan, dan sistem imun bisa menurun. Usahakan untuk memberi diri Anda istirahat yang cukup, setidaknya tidur 7-9 jam bagi orang dewasa.

9. Segera Konsultasi Bila Sakit

Cara menjaga diri dan keluarga dari COVID-19 adalah dengan konsultasi ke fasilitas kesehatan bila Anda atau anggota keluarga merasa sakit. Mengingat gejala COVID-19 serupa dengan gejala flu biasa seperti demam, flu, dan batuk, jadi Anda harus memerhatikannya dan segera peka bila bergejala sedikit saja.

Silakan lakukan rapid test atau swab PCR test bila mencurigai diri terpapar virus Corona, terutama bila Anda habis berpergian atau diduga kontak langsung dengan pasien terinfeksi.

10. Terapkan Kebiasaan Sehat di Lingkungan Keluarga

Cara menjaga kesehatan diri dan keluarga terhadap virus Corona adalah dengan menerapkan kebiasaan sehat mulai dari rumah. Keluarga adalah pondasi untuk edukasi kesehatan dan penerapan kebersihan dasar. Bila setiap keluarga menerapkan gaya hidup sehat dan bersih, maka akan tercipta masyarakat serta lingkungan yang bersih dan sehat pula.

cara menjaga diri dan keluarga dari COVID-19 doktersehat

Hal ini sejalan dengan program Keluarga Sehat Indonesia Kuat dari Dettol. Reckitt Indonesia melalui Dettol berkomitmen untuk membantu program pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sehat dengan mensosialisasikan tiga kebisaan sehat, yaitu mencuci tangan dengan sabun, mandi setelah beraktivitas, dan mendesinfeksi rumah secara rutin, serta memberikan edukasi kesehatan dan akses kebersihan bagi masyarakat.

Program Keluarga Sehat Indonesia Kuat juga diikuti oleh Duta Sehat Dettol Dian Sastrowardoyo dan Reisa Broto Asmoro. Melalui program ini, Dettol berharap dapat memberi edukasi pada masyarakat tentang pentingnya menerapkan pola hidup sehat dan bersih mulai dari level keluarga, untuk kemudian berkontribusi secara langsung untuk negara yang lebih kuat.

Nah, itulah pembahasan tentang cara menjaga diri dan keluarga dari COVID-19. Selain menaati protokol kesehatan yang berlaku, mohon selalu menjaga kebersihan dan kesehatan setiap saat, serta ingatkan anggota keluarga dan orang yang dicintai untuk menerapkan kebiasaan sehat secara konsisten!

 

  1. Center for the Study of Traumatic Stress. 2020. Taking Care of Your Family During Coronavirus and Other Emerging Infectious Disease Outbreaks. https://www.cstsonline.org/assets/media/documents/CSTS_FS_Corona_Taking_Care_of_Your_Family.pdf. (Diakses pada 2 September 2021).
  2. Satuan Tugas Penanganan COVID-19. 2020. 3M dan 3T Satu Paket Penanganan COVID-19. https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/3m-dan-3t-satu-paket-penanganan-covid-19. (Diakses pada 2 September 2021).
  3. UNICEF. 2020. Take care of yourself in the time of COVID-19 outbreak. https://www.unicef.org/serbia/en/take-care-yourself-time-covid-19-outbreak. covid-19. (Diakses pada 2 September 2021).
  4. WHO. 2020. Coronavirus disease (COVID-19): How is it transmitted?. https://www.who.int/news-room/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19-how-is-it-transmitted. (Diakses pada 2 September 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi