7 Cara Menipiskan Bibir yang Cepat dan Alami

cara-menipiskan-bibir-doktersehat

DokterSehat.Com – Bentuk bibir seseorang memang sangat berpengaruh pada tampilan wajahnya. Belakangan ini banyak wanita yang mengikuti tren filler bibir untuk mendapatkan tampilan bibir yang lebih penuh yang dianggap lebih seksi dan juga dewasa. Di sisi lain, ada juga wanita yang justru merasa risih dengan bibir dower atau terlalu lebar dan mencari cara untuk menipiskan bibir.

Persoalan bentuk bibir memang merupakan persoalan selera. Jika wanita yang menginginkan bibir dower atau bibir penuh ingin terkesan dewasa, sebaliknya orang yang menginginkan atau menyukai bibir kecil mungkin lebih ingin terlihat muda atau lebih suka dengan tampilan wajah yang terkesan imut.

Cara menipiskan bibir secara permanen pada dasarnya hanya bisa dilakukan dengan satu cara yaitu melalui prosedur bedah plastik. Tapi bukan berarti Anda tidak dapat mengatasi bibir dower tanpa melakukan operasi plastik. Anda juga bisa melakukan berbagai cara mengecilkan bibir yang bisa membuat bibir Anda terkesan lebih tipis atau kecil berikut ini!

Berikut adalah 7 cara menipiskan bibir yang cepat dan alami:

1. Kompres Es Batu

Cara menipiskan bibir yang pertama adalah dengan mengompresnya menggunakan es batu. Kompres es batu biasanya dilakukan untuk meredakan pembengkakan, maka dari itu mengompres bibir menggunakan es batu secara rutin dipercaya dapat berpengaruh pada otot bibir sehingga lama-kelamaan bibir menjadi terkesan lebih kecil.

2. Senam Wajah

Senam wajah juga dipercaya sebagai salah satu cara mengecilkan bibir yang ampuh. Olahraga pada tubuh umumnya memiliki fungsi untuk mengencangkan tubuh, begitu juga dengan senam wajah, khususnya senam bibir.

Melatih otot-otot bibir dengan senam bibir secara rutin dipercaya dapat mengubah bentuk bibir menjadi lebih tipis. Namun, sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih gerakan senam bibir karena ada beberapa gerakan senam bibir yang justru mengklaim dapat membuat bibir lebih tebal.

3. Gunakan Concealer

Cara menipiskan bibir dengan cepat selanjutnya adalah menggunakan concealer. Cara ini memang merupakan salah satu trik make up untuk mendapatkan bibir tipis sementara, tapi tetap layak untuk dilakukan karena dengan trik yang tepat Anda bisa mendapakan bibir tipis yang terlihat alami.

Pilihlah jenis concealer yang memang khusus untuk bibir. Jika Anda menggunakan concealer untuk wajah, kemungkinan concealer tersebut akan membuat bibir Anda kering.

4. Pilih Jenis dan Bentuk Lipstik

Selain menggunakan concealer, trik cara menipiskan bibir selanjutnya adalah pada pemiliha lipstik. Jika ingin bibir terlihat tipis maka sebaiknya Anda menghindari jenis lipstik dengan tampilan glossy. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan gaya ombre lip atau gradient lip untuk memberikan kesan bibir yang lebih tipis.

Anda juga bisa menggunakan lip liner untuk memuat pola bentuk bibir yang lebih kecil. Terakhir, pilihlah warna lipstik yang natural untuk memberikan kesan bibir yang lebih tipis. Warna lipstik yang terlalu bold bisa mengesankan bibir lebih tebal.

baca juga : Penyebab dan Cara Memerahkan Bibir Hitam pada Wanita

5. Hindari Kebiasaan Menggigit Bibir

Kebiasaan menggigit bibir juga dipercaya sebagai penyebab bibir dower. Sebenarnya belum ada studi ilmiah yang membuktikan hal tersebut, tetapi pada dasarnya menggigit bibit memang memberikan efek negatif pada bibir seperti bibir kering, pecah-pecah, iritasi, hingga bibir menghitam.

Maka dari itu, hindarilah kebiasaan menggigit dan mengulum bibir jika Anda ingin terbebas dari bibir dower dan mendapatkan bibir yang sehat, alami, dan terlihat segar.

6. Scrubbing

Cara mengecilkan bibir selanjutnya adalah dengan menggunakan scrub bibir. Sama seperti pada bagian tubuh lainnya, penumpukan sel kulit mati juga bisa terjadi pada bibir. Terangkatnya sel kulit mati dari bibir bisa membuat bibir terkesan sedikit lebih tipis dan tentunya juga terlihat lebih sehat dan fresh.

Scrubbing pada bibir harus dilakukan secara rutin seperti pada tubuh, yaitu kurang lebih satu minggu sekali. Anda bisa menggunakan produk scrub bibir yang sudah tersedia atau bisa membuat scrub bibir sendiri menggunakan gula pasir yang dicampurkan dengan lemon atau lip butter.

7. Hindari Makanan Pedas

Cara menipiskan bibir selanjutnya adalah dengan menghindari makanan pedas. Sering merasakan bibir dower setelah makan makanan pedas? Hal ini memang sering kali terjadi meskipun tidak pada semua orang. Efek terbakar akibat makanan pedas bisa membuat bibir seperti mengalami pembengkakan.

Meskipun bibir yang membengkak akibat pedas tidak permanen, tapi sebaiknya Anda tetep menghindari makanan pedas jika tidak ingin bibir Anda membengkak seketika.

Cara menipiskan bibir di atas memang bukan merupakan cara untuk mendapatkan bibit tipis secara permanen, karena memang bedah plastik menjadi satu-satunya cara yang bisa dilakukan. Bahkan cara mengecilkan bibir di atas sebagian merupakan cara menipiskan bibir sesaat saja.

Semua cara tersebut masih sangat layak untuk Anda coba karena relatif aman dan tidak menimbulkan efek samping. Beberapa cara di atas bahkan bisa membantu Anda untuk mendapatkan bibir yang lebih sehat alami. Selamat mencoba!