Terbit: 24 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Hemoglobin adalah salah satu protein yang sangat penting di dalam darah. Hemoglobin memicu pembuatan sel darah merah di dalam tubuh yang menurun akibat rusak. Selain itu hemoglobin juga membawa oksigen ke seluruh organ yang ada di dal tubuh dan membuang karbon dioksida yang sudah tidak dibutuhkan lagi dan bisa memicu gangguan pada tubuh.

7 Cara Meningkatkan Kadar Hemoglobin di Dalam Tubuh

Kalau kadar hemoglobin di dalam tubuh anjlok, seseorang akan mengalami rasa lemas yang tidak berkesudahan. Selain itu, ada peluang anemia muncul akibat jumlah sel darah merah yang terus rendah. Kekurangan darah merah yang terus terjadi juga bisa memicu kondisi berbahaya lain untuk tubuh.

Cara meningkatkan kadar hemoglobin

Mengingat hemoglobin sangat penting untuk kesehatan tubuh, kita harus tahu bagaimana cara menaikkannya secara alami. Berikut beberapa cara meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh.

  1. Mengonsumsi makanan yang kaya dengan zat besi

Zat besi yang ada di dalam tubuh akan meningkatkan produksi hemoglobin di dalam darah. Anda bisa mengonsumsi makanan dengan kadar hemoglobin cukup tinggi seperti dada ayam, hati ayam, bayam, dan ikan yang berasal dari lautan. Kombinasikan bahan makanan ini sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaannya di sekitar Anda.

Secara umum perubahan pada fisik akibat kekurangan hemoglobin memang tidak terlihat dengan jelas. Tubuh yang lemas mungkin akan tertolong dengan makanan. Meski demikian Anda tidak bisa menyepelekannya begitu saja karena bisa menjadi masalah yang cukup parah dan produktivitas Anda juga sering anjlok.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  1. Meningkatkan asupan folat

Meningkatkan zat besi saja ternyata tidak bisa meningkatkan produksi folat secara maksimal. Oleh karena itu dibutuhkan yang namanya folat atau vitamin B9. Kombinasi dua hal ini bisa meningkatkan produksi darah merah di dalam tubuh dan perlahan-lahan meningkatkan kadar hemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Makanan yang mengandung folat bisa didapatkan dengan mudah di sekitar kita. Buah seperti avokad bisa menyuplai folat dalam jumlah banyak. Selain itu kacang, kacang merah, dan daging juga bisa menyuplai folat dengan cepat.

  1. Menggunakan suplemen penambah darah

Kekurangan hemoglobin memang tidak langsung menyebabkan masalah seperti yang dijelaskan sebelumnya. Namun, pada beberapa orang khususnya wanita yang mengalami menstruasi bisa menyebabkan terjadinya anemia dan berujung pada kondisi sangat lelah dan lemah.

Mengonsumsi makanan dengan kadar zat besi tinggi tidak akan berpengaruh banyak. Oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi obat saja. Ada banyak sekali obat atau suplemen zat besi di luaran sana yang bisa meningkatkan jumlah darah merah dan kadar hemoglobin di dalam tubuh sehingga kelelahan yang sering muncul tidak akan terjadi lagi.

  1. Meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh

Masuknya zat besi di dalam tubuh terkadang tidak sejalan dengan penyerapan yang dilakukan. Oleh karena itu kita harus bisa menaikkan tingkat penyerapannya dengan membarenginya dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Kita bisa memadukan makanan dengan kandungan vitamin C dan A untuk fungsi ini. Anda bisa menambahkan lemon atau buah asam lainnya. Untuk vitamin A bisa dalam bentuk ubi merah, wortel, hingga buah mangga.

  1. Lakukan olahraga secara rutin

Melakukan olahraga secara rutin ternyata bisa meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh. Cara terbaik untuk melakukan olahraga adalah dengan melakukan jogging ringan atau melakukan olahraga dengan jenis interval training.

Lakukan olahraga yang menurut Anda bisa dilakukan dengan cepat dan konsisten. Terpenting dari semua lakukan olahraga yang tidak membuat Anda terlalu memaksakan diri.

  1. Perbanyak asupan vitamin C

Alasan menambah asupan vitamin C tidak hanya untuk meningkatkan penyerapan zat besi saja. Namun, Anda juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terjadinya sakit yang memicu penurunan kadar hemoglobin di dalam tubuh.

  1. Mengonsumsi beberapa jenis kacang

Beberapa jenis kacang juga bisa meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh. Anda disarankan untuk mengonsumsi kacang hijau atau kacang merah. Dua makanan ini akan meningkatkan protein darah itu perlahan-lahan dan memicu produksi sel darah merah sehingga kondisi lemah seperti anemia tidak akan terjadi.

Selain menggunakan kacang merah dan kacang hijau, Anda juga bisa menambahkan beberapa jenis biji-bijian seperti beras merah dan hitam. Pengganti nasi putih ini mengandung selenium yang juga baik untuk memicu produksi dari hemoglobin di dalam darah.

Penyebab kadar hemoglobin turun

Normalnya pria memiliki hemoglobin sekitar 14 gr/dl darah. Pada wanita jumlahnya ada menurun atau sekitar 12 gr/dl darah. Kalau jumlah hemoglobin di bawah angka itu, bisa dipastikan seseorang mengalami kekurangan atau defisiensi.

Menurunnya kadar hemoglobin di dalam darah ada banyak penyebabnya. Namun, yang paling sering dan umum terjadi adalah beberapa penyakit di bawah ini.

  • Tumbuhnya kanker di dalam tubuh. Segala jenis kanker bisa menyebabkan kondisi ini.
  • Gangguan kronis pada ginjal seperti gagal ginjal atau batu ginjal.
  • Penyakit ini menyebabkan metabolisme di tubuh menjadi sangat rendah. Tubuh akan sering lemas karena kerja beberapa organ terganggu.
  • Sel darah putih terlalu banyak diproduksi dan akhirnya menyerang sel darah merah yang notabene bukan radikal bebas.
  • Kekurangan nutrisi baik makro nutrien atau mikro nutrien. Dua hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Demikianlah sedikit ulasan tentang hemoglobin dan bagaimana cara meningkatkannya. Kalau Anda merasa sering sekali pusing dan lemas, bisa jadi mengalami penurunan kadar protein darah ini dan anemia pun muncul. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah kekurangan sel darah merah dan bisa hidup selalu sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi