Terbit: 13 Juli 2020 | Diperbarui: 20 Juli 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Ada sejumlah cara untuk meningkatkan IQ , walaupun memiliki IQ rendah bukan berarti seseorang tidak akan pernah bisa sukses. Simak informasi selengkapnya mengenai cara meningkatkan kecerdasan berikut ini!

cara-meningkatkan-iq-doktersehat

Apa Itu IQ (Kecerdasan)?

Intelligence quitonent atau disingkat IQ adalah salah satu tolak ukur yang umum digunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan intelektual seseorang. Kecerdasan intelektual yang dimaksud di sini adalah kapasitas untuk berpikir dan bernalar, mempelajari dan memahami suatu ilmu maupun gagasan, hingga bagaimana seseorang tersebut dalam mengambil keputusan dan memecahkan masalah.

Sudah sejak lama IQ dijadikan medium pengukur kecerdasan seseorang. Bahkan, nilai atau skor IQ kerap menjadi salah satu persyaratan untuk sejumlah hal seperti melamar pekerjaan, masuk perguruan tinggi, dan sebagainya. Semakin tinggi nilainya, semakin besar pula kemungkinan seseorang tersebut diterima bekerja atau sekolah di tempat yang dimaksud.

Cara Meningkatkan IQ (Kecerdasan)

Banyak orang—mungkin termasuk Anda salah satunya—yang merasa rendah diri ketika tahu skor IQ-nya rendah. Padahal, IQ yang pertama kali diperkenalkan oleh Alfred Binet—psikolog berkebangsaan Perancis—pada dekade 1900-an ini tidak bisa dijadikan tolak ukur.

Kalaupun Anda tetap berpatokan pada IQ, maka perlu diketahui bahwa skor IQ bersifat temporer dan bisa berubah menjadi lebih tinggi. Tentunya jika Anda menerapkan sejumlah cara meningkatkan IQ berikut ini.

1. Bermain Musik

Cara meningkatkan kecerdasan yang pertama adalah dengan bermain alat musik entah itu gitar, piano, dan sebagainya.  Ya, entah sudah berapa banyak studi yang mengamini jika bermain alat musik dapat meningkatkan intelegensi seseorang.

Salah satunya adalah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Zurich, Swiss. Studi tersebut mengungkapkan bahwa mempelajari alat musik terbukti dapat meningkatkan IQ seseorang sebanyak 7 poin dan hal ini berlaku untuk anak-anak maupun orang dewasa.

2. Belajar Bahasa

Cara yang kedua apabila Anda ingin meningkatkan IQ adalah dengan mempelajari bahasa selain bahasa ibu. Studi yang dilakukan baru-baru ini mengungkapkan bahwasanya seseorang yang menguasai lebih dari satu bahasa (bilingual) dan menggunakan kemampuannya tersebut selama 18-24 bulan terbukti mengalami peningkatan fungsi kognitif pada otaknya.

3. Banyak Membaca

Bagi sebagian orang, membaca adalah aktivitas yang membosankan. Padahal, rajin membaca terbukti efektif meningkatkan kemampuan kognitif otak.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini, anak yang gemar membaca mengalami proses perkembangan fungsi kognitif otak yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak. Hal ini tentunya juga berlaku bagi orang dewasa.

4. Menulis

Selain membaca, menulis juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan IQ Anda. Menulis (misalnya menulis jurnal harian) menurut sejumlah ahli tidak hanya sebagai sarana berekspresi dan membantu meredakan depresi, tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis seseorang.

5. Mempelajari Hal-Hal Baru

Kendati Anda telah memiliki sejumlah skill, tidak ada salahnya untuk menambah daftar keterampilan Anda tersebut dengan mempelajari hal-hal baru apapun itu asalkan positif. Mulai dari menjahit, memasak, hingga bermain sepak bola. Belajar dan menguasai suatu keterampilan merupakan cara meningkatkan kecerdasan yang efektif.

Hal ini dimungkinkan karena belajar hal-hal baru secara sadar maupun tanpa disadari akan membuat otak terus aktif. Sebagaimana yang kita ketahui, otak yang senantiasa aktif memiliki kualitas yang lebih baik ketimbang yang tidak. Jadi, jangan ragu apalagi takut untuk mulai menambah skill Anda, ya!

6. Bermain Puzzle

Cara meningkatkan kecerdasan juga bisa dengan sesuatu yang menyenangkan, salah satunya adalah bermain puzzle. Jenis permainan yang satu ini menurut studi cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan otak di beberapa aspek kognitif seperti daya ingat, problem-solving, dan sebagainya.

Peningkatan fungsi kognitif ini pun menjadi penting karena sangat erat kaitannya dengan tingkat intelektual. Bagaimana, mudah dan menyenangkan, bukan?

Baca Juga: Sapiosexual, Ketika Kecerdasan Menjadi Daya Tarik Seksual

7. Bermain Catur

Selain puzzle, jenis permainan lainnya yang bertujuan untuk membantu mengasah otak sehingga bisa meningkatkan IQ Anda adalah catur. Efektivitas catur dalam meningkatkan kecerdasan seseorang ini sudah dibuktikan dengan tingginya skor IQ yang dimiliki sejumlah atlet catur kelas dunia seperti Judit Polgar dan Garry Kasparov.

Memang, permainan catur terlihat sulit dan bisa bikin kepala Anda pusing. Namun apabila terus dilatih, maka catur akan terasa menyenangkan dan tentunya sanga bermanfaat bagi otak.

8. Olahraga

Jika catur terlihat memusingkan, maka Anda bisa memilih aktivitas olahraga sebagai cara meningkatkan IQ. Percaya atau tidak, jenis olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, hingga olahraga kekuatan seperti push up dan angkat beban dapat membuat tingkat kecerdasan seseorang bertambah!

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh sebuah studi yang dirilis oleh Comprehensive Physiology pada tahun 2014 silam. Studi tersebut mengungkapkan bahwasanya aktivitas olahraga memicu terjadinya modulasi metabolisme tubuh yang berkaitan dengan fungsi otak.

9. Batasi Mengakses Gawai

Tak bisa dipungkiri, di zaman sekarang ini manusia tidak bisa lepas dari yang namanya gawai entah itu komputer, tablet, dan ponsel pintar alias smartphone. Tak ada salahnya, kok. Lagipula, adanya gawai mempermudah kita di berbagai aspek kehidupan, bukan?

Akan tetapi, bukan berarti Anda jadi bergantung pada gawai kesayangan, ya.  Terlebih jika Anda ingin meningkatkan IQ alih-alih membuat skor IQ semakin ‘jeblok’. Banyak orang yang akhirnya menjadi ‘malas’ karena merasa semuanya bisa dilakukan oleh gawai.

Berhitung, misalnya. Alih-alih menghitung secara manual, yang dilakukan justru memanfaatkan fitur kalkulator pada gadget. Atau, menyimpan berbagai macam catatan pada fitur notes. Pada beberapa kondisi, hal ini bisa dibenarkan, namun jika pada akhirnya Anda jadi sangat bergantung, maka dampaknya untuk otak jadi negatif.

Sebaiknya, selama masih memungkinkan, tetap gunakan cara lama untuk menyelesaikan berbagai hal seperti berhitung tadi, yakni dengan menggunakan otak Anda. Dengan demikian, otak tetap terasah dengan baik dan kualitasnya pun akan meningkat.

10. Bermeditasi

Cara meningkatkan kecerdasan lainnya yang juga sebaiknya tidak Anda lewatkan adalah bermeditasi. Menurut penelitian, meditasi efektif dalam menghambat proses penurunan fungsi kognitif otak.

Sementara itu, studi lainnya yang dirilis oleh Journal of Consciousness and Cognition mengatakan jika meditasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak secara keseluruhan. Anda bisa melakukan meditasi secara rutin di pagi hari selama kurang lebih 60 menit untuk mendapatkan manfaatnya ini.

11. Puasa

Siapa sangka, berpuasa juga ternyata merupakan salah satu cara meningkatkan IQ, lho! Ya, berpuasa selama 16 jam menurut studi dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegahnya dari kerusakan. Selain itu, aktivitas ini juga diklaim bisa merangsang pertumbuhan saraf-saraf baru yang berperan dalam mengoptimalkan kemampuan otak.

Akan tetapi, durasi 16 jam ini tentu saja bersifat tentatif dan setiap orang mungkin memiliki durasi ideal masing-masing menyesuaikan dengan kondisi fisik. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menerapkan metode yang satu ini.

12. Mengonsumsi Kreatin

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Sidney mengungkapkan bahwa mengonsumsi 5 gram kreatin setiap hari secara rutin mampu meningkatkan IQ sebanyak 15 poin dalam kurun waktu 6 minggu. Menurut salah satu peneliti yang terlibat yakni Caroline Rae, kreatin berperan dalam meningkatkan kekuatan otak.

Anda bisa menemukan kreatin pada suplemen-suplemen makanan maupun jenis-jenis makanan seperti:

  • Ikan
  • Cumi
  • Udang
  • Daging merah

13. Istirahat yang Cukup

Terakhir dari cara meningkatkan IQ adalah dengan memastikan bahwa Anda memiliki waktu istirahat yang cukup. Tim peneliti dari Loughborough University’s Sleep Research Centre mengungkapkan jika durasi tidur yang kurang dari 8 jam (durasi tidur yang disarankan) dapat menurunkan IQ seseorang. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan begadang jika tidak ingin IQ Anda malah turun, ya!

 

  1. Bodian, C. H. 2019. What Is a Natural Source of Creatine? https://www.livestrong.com/article/440009-what-is-a-natural-source-of-creatine/ (Diakses pada 13 Juli 2020)
  2. Borah, P. 2017. How to Increase Your IQ: 8 Fun Brain Exercises to Try Everyday. https://food.ndtv.com/health/how-to-increase-your-iq-8-fun-brain-exercises-to-try-everyday-1656859 (Diakses pada 13 Juli 2020)
  3. Clark, S. 2017. How to Increase Your IQ: 8 Brain Exercises to Try Everyday
    https://www.huffpost.com/entry/how-to-increase-your-iq-8-brain-exercises-to-try-everyday_b_58aff6f4e4b02f3f81e44602?guccounter=1&guce_referrer=aHR0cHM6Ly93d3cuZ29vZ2xlLmNvbS8&guce_referrer_sig=AQAAAFvCfZFbSu35a03zHHAcK4U-xbD_2ZKSgNpWJYz6PqEPbXqCPzibaL5-UYfVf7rlnA1omF8VWJBou1B2uwPb6bJWphvRit78-dAFwyfhDthUL9Lsbqw_nWMXOgEcFTzfdjIoFefHWz14FVL8TCHGUzU6-tZoWmP-8MpsHZ-XAc5G (Diakses pada 13 Juli 2020)
  4. Curtin, M. 7 Science-Based Ways to Raise Your IQ in 30 Days or Less. https://www.inc.com/melanie-curtin/7-scientifically-backed-ways-to-boost-your-iq-in-30-days-or-less.html (Diakses pada 13 Juli 2020)
  5. Lockett, E. 2019. 8 Ways to Increase Your IQ Levels. https://www.healthline.com/health/how-to-increase-iq#iq-tests (Diakses pada 13 Juli 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi