Terbit: 29 April 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Tubuh memiliki puluhan hormon yang dihasilkan oleh beberapa kelenjar. Hormon ini bekerja untuk membantu beberapa orang dan menstimulasi beberapa fungsi tubuh. Dari berbagai jenis hormon yang dihasilkan oleh tubuh, HGH adalah salah satu yang paling penting. Hormon ini bekerja untuk banyak hal termasuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

7 Cara Meningkatkan Kadar Hormon Pertumbuhan (HGH)

Manfaat hormn pertumbuhan (HGH) untuk tubuh

Ada banyak sekali manfaat dari HGH yang bisa didapatkan oleh tubuh. Kalau kadar hormon ini terus terjaga dan tinggi, beberapa hal di bawah ini akan terjadi.

  • Meningkatkan kekuatan dari otot. Kalau Anda memiliki kadar HGH tinggi dan tubuh terus dilatih di tempat gym, kemungkinan bisa mengangkat berat yang lebih besar akan tinggi. Sebaliknya kalau kadarnya rendah, kekuatan akan sulit sekali meningkat.
  • Meningkatkan penyembuhan patah atau retak di tulang. Dengan kadar hormon yang stabil, penyembuhan akan berjalan dengan lebih cepat.
  • Meningkatkan penurunan berat badan di tubuh. Kalau Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat, naikkan kadar HGH di dalam tubuh. Kalau kadar HGH di dalam tubuh meningkat, kemungkinan besar bisa mempercepat pembakaran lemak di dalam tubuh.
  • Meningkatkan kesehatan dan kekuatan dari tulang. Kondisi ini akan terjadi kalau HGH memiliki kadar yang sangat tinggi saat seseorang berada pada masa pubertas.
  • Menurunkan risiko memiliki penyakit kardiovaskular. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, hormon ini menyebabkan pembakaran lemak di tubuh jadi cepat, dampaknya aliran darah bisa berjalan dengan lebih cepat dan aman.
  • Menaikkan kadar HGH juga sangat bermanfaat untuk pria khususnya mereka yang memiliki keluhan disfungsi ereksi. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, HGH bisa menstimulasi darah masuk ke penis dan membuat ereksi menjadi lebih sempurna.
  • Menyebabkan mood dan juga fungsi kognitif membaik. Anda akan selalu semangat dalam bekerja, mudah belajar banyak hal, dan selalu konsentrasi saat melakukan apa pun.
  • Bisa tidur dengan lebih nyenyak setiap malam. Kondisi insomnia atau sejenisnya tidak akan terjadi lagi.

Cara meningkatkan hormon pertumbuhan (HGH)

Kalau Anda ingin menaikkan kadar HGH di dalam tubuh, lakukan beberapa cara sederhana di bawah ini dengan baik. Setelah melakukannya, Anda bisa mendapatkan manfaatnya yang sangat besar.

  1. Melakukan intermittent fasting

Intermittent fasting adalah membatasi waktu makan dan sisanya dilakukan untuk berpuasa meski masih boleh minum air putih.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, melakukan diet jenis ini akan menyebabkan kenaikan HGH hingga mencapai 1.250 persen bahkan lebih kalau dilakukan secara rutin.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Kalau Anda melakukan intermittent fasting secara rutin, kemungkinan besar tubuh tidak akan kekurangan HGH. Tubuh akan menjadi lebih sehat dan perubahan positif yang berhubungan dengan berat badan akan terjadi.

  1. Menurunkan lemak di dalam tubuh

Dampak melakukan intermittent fasting adalah penurunan berat badan yang signifikan. Saat berat badan di dalam tubuh khususnya saat lemak di dalam tubuh terus menurun, kemungkinan besar bisa memicu peningkatan HGH secara signifikan.

Oh ya, peningkatan HGH tidak hanya dialami oleh mereka yang diet dengan metode puasa saja. Lebih dari itu, seseorang juga bisa menggunakan diet metode lainnya yang sesuai untuk tubuh. Kalau terjadi penurunan berat badan, kemungkinan besar akan terjadi peningkatan hormon pertumbuhan atau HGH.

  1. Menggunakan suplemen arginin

Kalau Anda adalah orang yang sibuk, tapi ingin mengalami peningkatan HGH agar tubuh tidak terlalu gemuk, gunakan suplemen arginin. Suplemen jenis ini masuk dalam kategori asam amino yang bisa dikonsumsi tanpa harus melakukan latihan yang intens. Diam saja HGH bisa meningkat dengan sendirinya.

Kalau Anda benar-benar tidak bisa olahraga, ada baiknya untuk menggunakan suplemen arginin. Baca dosis anjuran agar tidak terlalu banyak dan menyebabkan efek samping pada tubuh.

  1. Tidak makan banyak sebelum tidur

Kalau Anda terbiasa makan banyak sebelum tidur, ada baiknya untuk menghindari hal itu mulai sekarang. Kalau kadar gula darah di dalam tubuh mengalami peningkatan, kemungkinan besar akan memicu masalah pada tubuh berupa kenaikan gula darah dan juga insulin di dalam tubuh.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, kenaikan dari insulin di dalam tubuh bisa memblokade HGH dan fungsinya jadi anjlok. Padahal saat tidur HGH lebih banyak dirilis oleh tubuh. Kalau Anda tidak mau mengalami masalah dengan kadar HGH, kurangi porsi makanan apalagi yang mengandung karbohidrat sederhana.

  1. Mengurangi konsumsi gula

Gula yang dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan membuat seseorang mudah sekali gemuk karena kalori yang masuk sering mengalami surplus. Oleh karena itu gula harus dihindari agar gula darah tidak naik dan akhirnya insulin yang memblokade HGH juga ikut diproduksi.

  1. Melakukan latihan intensitas tinggi

Selain melakukan intermittent fasting atau puasa, HGH juga akan diproduksi dalam jumlah besar kalau Anda melakukan olahraga secara intens. Olahraga yang intens bisa menurunkan gula darah dan memicu HGH untuk naik. Dampaknya, kekuatan otot akan ikut meningkat dan kemampuan fisik seseorang juga meningkat dengan tajam.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur meningkatkan jumlah HGH yang diproduksi oleh tubuh. Kalau Anda susah tidur hampir setiap hari, kemungkinan terjadi masalah pada tubuh akan tinggi. Selain memicu stres dan makan tidak terkontrol, kadar HGH di dalam tubuh juga mengalami penurunan yang signifikan.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat kadar HGH di dalam tubuh terus meningkat dan bisa berfungsi dengan maksimal. Kalau Anda merasa ada banyak gangguan pada tubuh dan berbanding terbalik dengan manfaat dari HGH, bisa jadi Anda sedang kekurangan hormon. Segera lakukan beberapa cara di atas agar HGH tetap tinggi.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi