8 Cara Meningkatkan Dopamin agar Tubuh Selalu Semangat dan Produktif

meningkatkan-dopamine-doktersehat

DokterSehat.Com – Pernahkah Anda mendadak malas melakukan apa pun dan pikir buruk selalu muncul? Sebaliknya, pernahkah Anda mendadak jadi semangat melakukan apa pun sehingga aktivitas harian yang dijalani bisa berjalan dengan lebih lancar dan produktif? Apa yang terjadi pada Anda baik yang negatif atau positif sama-sama dipengaruhi oleh dopamin.

Apa Itu Dopamin?

Dopamin adalah salah satu hormon yang bekerja mengirimkan sinyak di dalam otak. Senyawa alami tubuh ini juga dapat memberikan semangat dan perasaan puas pada seseorang.

Dopamin yang dihasilkan oleh tubuh akan membuat fungsi organ berjalan dengan lancar. Dopamin akan memberikan motivasi yang sangat besar untuk tubuh. Bahkan, motivasi ini bisa membuat Anda mengulangi hal yang sama berkali-kali, misal olahraga.

Penurunan dopamin yang signifikan akan merenggut semuanya. Oleh karena itu Anda disarankan untuk meningkatkannya melalui beberapa cara di bawah ini.

Cara meningkatkan dopamin dalam tubuh

Dopamin yang dihasilkan oleh tubuh ternyata bisa dirangsang dengan melakukan beberapa hal. Berikut ini cara meningkatkan dopamin dalam tubuh:

  1. Kurangi konsumsi lemak jenuh

Riset tentang pengaruh lemak jenuh terhadap kadar dopamin di dalam baru dilakukan pada hewan. Meski demikian, dari penelitian ini terlihat kalau mengonsumsi lemak jenuh bisa mengganggu produksi dopamin dan komunikasinya dengan otak.

Oleh karena itu sebisa mungkin untuk menghindari lemak jenuh setiap harinya. Mengonsumsi dalam jumlah sedikit mungkin boleh, tapi kalau berlebihan bisa menyebabkan masalah yang besar, tidak hanya dopamin saja, tapi juga kegemukan.

  1. Lakukan latihan dengan rutin

Melakukan olahraga secara rutin bisa menyebabkan tubuh mengalami kenaikan dopamin cukup signifikan. Kenaikan terjadi setelah melakukan olahraga selama 20-30 menit dengan intensitas sedang.

Anda bisa melakukan olahraga jenis apa pun seperti melakukan angkat beban di gym. Lari dan juga olahraga jenis kardiovaskular lainnya juga bisa menaikkan dopamin. Terakhir, melakukan yoga secara rutin juga membuat Anda mudah mendapatkan semangat yang ditimbulkan oleh dopamin.

  1. Mengonsumsi cukup protein

Protein yang dikonsumsi dalam jumlah banyak setiap hari atau minimal memenuhi kebutuhan harian bisa meningkatkan kadar dopamin di dalam tubuh. Mengapa protein meningkatkan dopamin? Karena protein tersusun dari asam amino seperti tyrosine dan phenylalanine.

Dua hal ini membantu pembentukan dopamin di dalam tubuh. Bahkan, pembentukan dopamin bisa menjadi lebih banyak dari sebelumnya. Asam amino yang terkandung di dalam protein itu bisa didapatkan dari makanan seperti telur, susu, dan daging.

  1. Perbanyak probiotik

Pernahkah Anda mendengar istilah otak atau kepala kedua dari tubuh adalah perut. Di dalam organ ini ada banyak syarat yang bekerja untuk memberi respons ke seluruh tubuh termasuk menghasilkan dopamin.

Dengan membuat perut sehat setiap saat, Anda akan menghindari terjadinya perubahan mood dan semangat akibat dopamin anjlok. Jaga perut dengan mengonsumsi probiotik yang baik untuk bakteri di dalam saluran cerna.

  1. Perbaiki pola tidur

Dopamin dirilis oleh tubuh dalam jumlah banyak saat pagi hari. Perilisan ini akan membuat kita menjadi lebih semangat lagi dalam melakukan kegiatan harian termasuk kerja atau melakukan pekerjaan rumah.

Kalau tidur terganggu, peluang tubuh merilis dopamin dalam jumlah banyak akan rendah. Jadi, perbaiki kualitas tidur terlebih dahulu. Pastikan tidur setiap hari sekitar 7-9 jam. Jangan terlalu kurang atau lebih dari rekomendasi itu agar tubuh tidak mudah lemas.

  1. Coba lakukan relaksasi

Lakukan relaksasi kalau ingin melepaskan dopamin di dalam tubuh. Relaksasi bisa dilakukan dengan hanya mendengarkan musik yang disukai atau melakukan meditasi secara rutin setiap harinya.

Dengan melakukan meditasi atau mendengarkan musik, tubuh akan terangsang untuk merasakan nyaman dan tenang. Kondisi ini merupakan tanda dirilisnya dopamin ke seluruh tubuh.

  1. Berjemur setiap pagi

Kalau kita hidup di negeri empat musim, penurunan intensitas sinar matahari akan menjadi masalah yang pelik. Beberapa orang mengalami depresi dan tidak semangat melakukan apa pun karena dopamin di dalam tubuh ikut anjlok.

Cara terbaik untuk mengatasi depresi akibat kekurangan sinar matahari adalah berjemur. Anda bisa berjemur selama 10-15 menit setiap hari hingga tubuh terasa hangat.

  1. Gunakan suplemen

Tubuh bisa membuat sendiri dopamin kalau memiliki bahannya. Nah, bahan dari dopamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah zat besi, niacin, folat, dan vitamin B6. Anda bisa mendapatkan bahan ini dari makanan seperti telur, bayam, dan beberapa jenis daging.

Kalau pemenuhan nutrisi di atas sulit dilakukan, tidak ada jalan lagi selain menggunakan suplemen. Suplemen akan memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari sehingga penurunan dopamin bisa segera diatasi dan tidak menyebabkan masalah.

Tanda-tanda kadar dopamin turun

Ada beberapa tanda spesifik yang menunjukkan apakah Anda mengalami penurunan dopamin atau tidak. Ciri atau tanda kadar dopain turu yaitu:

  • Tubuh sering lemas dan tidak semangat melakukan apa pun. Kondisi ini bisa terjadi berkali-kali dan sangat mengganggu.
  • Mendadak malas melakukan aktivitas yang biasanya dilakukan secara rutin. Aktivitas ini mencakup olahraga dan juga masalah pekerjaan.
  • Ada penurunan kekuatan pada otot dan menyebabkan tubuh tidak bisa melakukan tugasnya dengan sempurna. Kondisi ini membuat seseorang tidak kuat mengangkat sesuatu atau sekadar berjalan saja.
  • Gangguan tidur juga kerap terjadi pada beberapa orang saja sehingga kualitas istirahat menurun.
  • Susah sekali merasa puas dengan apa yang dilakukan. Rasa kecewa mudah sekali muncul dan mengalahkan segalanya.
  • Sering bangun terlambat setiap hari karena gangguan tidur membuat fase tidak sadar datang terlambat.
  • Mudah lupa dalam banyak hal, apalagi saat mempelajari sesuatu yang baru. Dopamin yang anjlok akan menurunkan kualitas memori.

Demikian ulasan singkat tentang efek dopamin dan cara meningkatkan hormon itu dengan benar. Pernahkah Anda mengalami penurunan semangat yang cukup hebat sehingga produktivitas anjlok? Kalau sering mengalaminya, coba lakukan tips di atas, ya!