Terbit: 21 Februari 2019
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh tinggi? Selain menambah kepercayaan diri, tubuh yang tinggi juga memudahkan Anda yang ingin bekerja di bidang yang mengharuskan sesoerang memiliki postur tubuh tinggi, seperti tentara, polisi, atlet, hingga model. Usia 17 tahun adalah periode terbaik jika Anda ingin menambah tinggi badan. Lantas, bagaimana cara meninggikan badan usia 17 tahun?

8 Cara Meninggikan Badan untuk Usia 17 Tahun (Paling Efektif)

Pertumbuhan Tinggi Badan Seseorang

Dikutip dari Healthline, 60-80 persen tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik, sementara sisanya gaya hidup dan asupan nutrisi. Pertumbuhan tinggi badan terjadi sejak masa kanak-kanak hingga akhir masa pubertas. Antara pria dan wanita memiliki batas masa pertumbuhan tinggi badan yang berbeda.

Pada pria, pertumbuhan tinggi badan berakhir sekitar usia 18-20 tahun, sedangkan wanita sekitar usia 14-15 tahun. Namun, ada beberapa orang yang bahkan masih mengalami masa pertumbuhan hingga usia 25 tahun, walaupun sangat jarang terjadi. Tingkat kecepatan pertumbuhan tinggi badan pun berbeda-beda, ada yang cepat, ada juga yang lambat.

Cara Meninggikan Badan Usia 17 tahun dengan Cepat

Seseorang akan mengalami pertumbuhan tinggi badan yang signifikan pada saat memasuki masa pubertas, yakni usia 14-17 tahun. Saat memasuki usia 17 tahun, sebenarnya tingkat pertumbuhan sudah mulai mengalami penurunan. Namun, Anda tak perlu khawatir karena tinggi badan masih bisa bertambah di usia tersebut. Berikut adalah cara meninggikan badan usia 17 tahun yang bisa diterapkan.

1. Olahraga Teratur

Cara cepat meninggikan badan usia 17 tahun adalah dengan melakukan aktivitas olahraga secara teratur. Ini terutama untuk jenis olahraga yang memiliki banyak gerakan melompat, berlari, dan meregangkan tubuh, yang mana ketiga gerakan tersebut menyebabkan terjadinya kontraksi pada lempeng pertumbuhan.

Cara meninggikan badan usia 17 tahun dengan cepat melalui beberapa jenis olahraga, di antaranya:

  • Basket
  • Renang
  • Badminton
  • Sepak bola
  • Lompat tali (skipping rope)

Selain itu, Anda juga bisa melakukan gerakan olahraga, seperti:

  • Pull-up
  • Squat jump
  • Stretching

Baca Juga: 10 Olahraga Peninggi Badan (Paling Cepat dan Efektif)

2. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Selain faktor genetik, tinggi badan seseorang juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang masuk ke tubuhnya. Jika ingin tubuh Anda tinggi, dan saat ini masih berusia 17 tahun, maka salah satu cara meninggikan badan usia 17 tahun dengan cepat adalah dengan memperbanyak asupan nutrisi yang berguna untuk merangsang pertumbuhan tulang.

Terkait pertumbuhan tulang, jenis vitamin dan nutrisi yang wajib dikonsumsi adalah:

  • Kalsium, zat yang sudah terbukti dapat membantu pertumbuhan tulang, pun mencegah terjadinya
  • Protein, berfungsi untuk membangun dan menguatkan otot-otot tubuh.
  • Vitamin D, vitamin ini memang bertugas untuk merangsang pertumbuhan tulang dan otot. Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang kekurangan vitamin D cenderung memiliki hambatan dalam pertumbuhannya.

Baca Juga: Makanan Penambah Tinggi Badan Anak di Usia Pertumbuhan

3. Tidur yang Cukup

Usia 17 tahun merupakan waktu yang ideal untuk Anda menambah tinggi badan. Menambah tinggi badan pada usia tersebut perlu juga diimbangi dengan tidur yang cukup dan teratur, mengapa? Tentu karena hormon pertumbuhan (HGH) bekerja saat tubuh dalam kondisi tidur.

Usahakan agar Anda memiliki waktu tidur yang ideal, yakni 8-11 jam per hari. Tak hanya tidur, istirahat yang cukup juga menjadi suatu keharusan agar tinggi badan bisa bertambah dengan cepat.

4. Tubuh Selalu dalam Keadaan Tegak

Badan yang bungkuk hanya akan membuat tulang punggung melengkung dan menyebabkan Anda terlihat lebih pendek dari tinggi sebenarnya. Mumpung masih dalam masa pertumbuhan, biasakan tubuh untuk selalu dalam posisi tegak, baik saat duduk maupun berdiri.

Selain membiasakan tubuh untuk tegak, Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter ortopedi untuk dilakukan pengobatan atau pembetulan postur tubuh.

5. Ubah Gaya Hidup

Tidak bisa dipungkiri, gaya hidup menjadi salah satu faktor penyebab sulitnya tinggi badan bertambah pada anak remaja atau sedang di masa pertumbuhan. Oleh karena itu, cara meninggikan badan usia 17 tahun dengan cepat tentunya juga harus melepaskan diri dari gaya hidup yang tidak sehat, seperti:

  • Merokok

Usia remaja menjadi masa-masa di mana seseorang mulai mengenal rokok, bahkan menjadi perokok. Hati-hati terhadap rokok jika Anda ingin tinggi. Menghindari rokok (baik aktif maupun pasif) menjadi salah satu cara meninggikan badan umur 17 tahun dengan cepat. Sejumlah studi mengatakan jika remaja yang merokok cenderung memiliki tubuh pendek.

Kendati studi tersebut tidak serta merta menguatkan dampak negatif rokok terhadap pertumbuhan badan, namun alangkah baiknya jika Anda tetap menghindari rokok. Lagipula, rokok juga memiliki dampak negatif lainnya bagi kesehatan tubuh.

  • Minum Alkohol

Alkohol juga diklaim sebagai penyebab terhambatnya pertumbuhan tinggi badan. Selain itu, mengonsumsi alkohol akan mengakibatkan timbulnya sejumlah penyakit seperti radan sendi (arthritis) dan hipotiroidisme.

  • Kopi

Efek kopi terhadap terhambatnya pertumbuhan tinggi badan sebenarnya tidak langsung. Kandungan kafein dalam kopi membuat seseorang jadi sulit mengantuk. Akibatnya, tidur menjadi tidak teratur. Padahal, waktu terbaik untuk hormon pertumbuhan bekerja adalah ketika kita sedang tertidur.

  • Penggunaan Steroid

Steroid umumnya digunakan pada penderita asma. Di samping manfaat steroid untuk meredakan gejala asma, sayangnya efek samping steroid tidaklah bagus. Selain mengurangi jumlah sperma, steroid berakibat pada terhambatnya pertumbuhan badan.

Anda yang mungkin kini menggantungkan diri kepada steroid, namun masih ingin meninggikan badan, baiknya berkonsultasi kepada dokter untuk mencari alternatif pengobatan lain. Atau, tanyakan apakah ada cara meninggikan badan usia 17 tahun lainnya yang bisa ditembuh untuk penderita asma.

Baca Juga: 4 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Menambah Tinggi Badan

6. Aktif

Asupan nutrisi dan istirahat cukup tidak menjamin Anda akan bisa meninggikan badan secara cepat, bahkan saat usia Anda sebenarnya sedang mudah-mudahnya untuk bertambah tinggi. Senantiasa menggerakkan tubuh adalah cara meninggikan badan usia 17 tahun yang paling tepat. Ini agar hormon pertumbuhan dan otot terus mengalami rangsangan.

Mulai dari sekarang, lawan rasa ‘mager’ Anda dan lakukan sejumlah kegiatan seperti berolahraga, jalan-jalan sore, dan berbagai kegiatan fisik lainnya.

7. Hindari Stres Berlebih

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres. Faktornya banyak, dan pada usia remaja biasanya berkaitan dengan beban pelajaran di sekolah. Stres adalah hal yang wajar, namun jangan sampai berlarut-larut.

Selain berpotensi menimbulkan penyakit, stres juga mengakibatkan hormon-hormon pada tubuh tidak dapat bekerja optimal, termasuk hormon pertumbuhan (HGH). Akibatnya, tubuh Anda sulit bertambah tinggi kendati sedang dalam masa pertumbuhan.

Menghindari stres berlebih adalah cara meninggikan badan usia 17 tahun dengan cepat dan efektif. Guna menghindari stres, alihkan dengan melakukan kegiatan-kegiatn positif seperti menggeluti hobi, hingga bersosialisasi dengan keluarga maupun teman-teman.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Cara meninggikan badan usia 17 tahun yang cepat dan efektif sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Ya, perbanyak saja minum air putih. Tak bisa disangkal, air putih menyimpan nutrisi yang baik untuk merangsang pertumbuhan tulang. Setidaknya minum 8-10 gelas air putih setiap hari agar tubuh cepat bertambah tinggi.

Usia 17 tahun merupakan masa krusial dalam proses pertumbuhan tinggi badan. Pada usia ini, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan, masih ingin bertambah tinggi atau tidak, karena setelah lewat 17 tahun, pertumbuhan badan akan semakin sulit, kendati masih memungkinkan.

Jadi, untuk Anda yang kini berusia 17 tahun, jangan sia-siakan kesempatan yang masih ada. Terapkan cara meninggikan badan usia 17 tahun di atas dengan disiplin. Konsultasikan juga hal ini kepada dokter terkait guna mendapatkan metode ideal lainnya demi mempercepat pertumbuhan. Semoga bermanfaat!

 

Sumber:

How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do? – https://www.healthline.com/health/how-to-increase-height (Diakses pada 21 Februari 2019)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi