7 Cara Meninggikan Badan Anak | Cepat dan Aman

inilah-cara-meninggikan-badan-anak-dengan-cepat-dan-aman-doktersehat

DokterSehat.Com – Tinggi badan anak sering kali dijadikan sebagai indikator pertumbuhan seorang anak. Setiap orang tua sudah pasti senang apabila anak-anaknya memiliki pertumbuhan yang baik khususnya dalam hal tinggi badan. Akan tetapi, bagi orang tua yang memiliki masalah terhadap tinggi badan anak, mereka harus memikirkan bagaimana cara meninggikan badan anak.

Cara meninggikan badan anak

Secara alami, genetik merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam menentukan tinggi badan anak. Namun, genetik bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi tinggi badan anak.

Ternyata selain genetik, terdapat beberapa faktor eksternal yang cukup mempengaruhi tinggi badan anak. Dan cara meninggikan badan anak bisa dilakukan melalui faktor-faktor eksternal ini.

Oleh karena itu, orang tua memiliki peluang untuk meningkatkan tinggi ada anak-anaknya, melalui beberapa cara meninggikan badan anak di bawah ini. Mari kita simak, beginilah cara meninggikan badan anak dengan cepat dan aman :

1. Miliki pola diet seimbang

Nutrisi yang terpenuhi dengan baik merupakan cara meninggikan badan anak yang sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap tinggi badan anak. Makanan bergizi bagaikan peninggi badan alami. Apalagi, anak Anda sedang dalam masa pertumbuhan.

Tentu, pemenuhan asupan bergizi harus mendapat perhatian lebih yakni untuk meningkatkan tinggi badan anak dan untuk mendukung pertumbuhan. Makanan yang anak-anak makan harus berupa diet seimbang. Diet seimbang mencakup protein, karbohidrat, lemak dan vitamin dalam jumlah yang pas.

Zat-zat gizi tersebut terdapat pada makanan berupa susu, buah dan sayuran segar, gandum, otameal, telur, ayam, kacang kedelai, keju, daging sapi, dan ikan. Sediakanlah menu sehat untuk anak Anda yang terdiri dari makanan tersebut. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa anak Anda menjauhkan diri dari junk food dan makanan manis.

Baca juga: Makanan Penambah Tinggi Badan Anak di Masa Pertumbuhan

2. Lakukan berenang

Berenang merupakan salah satu cara meninggikan badan anak yang menyenangkan bagi anak. Aktivitas berenang ini juga membantu anak Anda tetap aktif. Apabila anak melakukan aktivitas berenang maka ia telah melatih semua otot di dalam tubuh.

Latihan otot tersebut dilakukan dengan sangat efektif dan menyenangkan bagi anak-anak. Aktivitas peninggi badan ini melibatkan banyak peregangan ke depan sehingga memperkuat tulang belakang dan merangsang tulang bertumbuh.

3. Lakukan skipping

Sama seperti berenang, skipping juga termasuk sebagai cara meninggikan badan anak yang cepat dan aman. Skipping adalah aktivitas fisik yang membuat seluruh tubuh bekerja. Selain manfaatnya yang terkenal untuk jantung, skipping juga bisa meningkatkan pertumbuhan tulang anak.

4. Latihan Peregangan

Latihan peregangan dapat memberi pengaruh besar pada tinggi badan anak Anda. Cara meninggikan badan anak melalui latihan peregangan ini membantu memanjangkan tulang belakang dan juga meningkatkan postur anak Anda setiap saat. 

Contoh latihan peregangan ini bisa melalui cara berdiri di atas jari-jari kaki dengan punggung menempel ke dinding dan meregangkan otot-otot di kakinya sambil meraih secara bersamaan. Contoh latihan peregangan yang lebih sederhana adalah dengan cara duduk di lantai dengan kaki terbuka lebar lalu meraih kedua jari-jari kaki dengan lengan.

5. Bergelantungan

Tak diketahui banyak orang bahwa aktivitas bergelantungan telah direkomendasikan sebagai cara meninggikan badan anak yang cepat dan aman selama beberapa dekade belakangan ini. Bergelantungan bisa membantu memanjang tulang belakang anak, yang merupakan bagian penting untuk menjadi lebih tinggi.

Selain menggantung secara teratur, Anda juga dapat mendorong anak Anda untuk melakukan pull-up dan chin-up sebagai cara meninggikan badan yang lain. Keduanya membuat otot-otot lengan dan punggung lebih kuat, dan merupakan latihan yang bagus untuk membantu mereka tetap bugar.

6. Jogging

Jogging memperkuat tulang di kaki dan juga meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan yang diperlukan untuk pertumbuhan di dalam tubuh. Cara meninggikan badan anak yang satu ini bisa dilakukan bersama keluarga. Hal ini membuat jogging semakin bermanfaat selain sebagai aktivitas peninggi badan juga bisa sebagai aktivitas bersama keluarga.

Baca juga: Tinggi Badan Anak Pengaruhi Kecerdasannya

7. Tidur yang cukup

Apabila anak-anak memiliki tidur yang cukup maka ia sedang melakukan suatu cara meninggikan badan yang cepat dan aman. Anda harus memastikan bahwa anak memiliki tidur malam selama delapan jam. Hal ini bertujuan agar anak menjadi lebih tinggi dan lebih kuat.

Saat tidur hormon pertumbuhan anak dilepas. Kondisi ini memainkan peran langsung dalam membuat anak Anda lebih tinggi sehingga melewatkan tidur terus-menerus jelas merupakan ide yang buruk untuk meninggikan badan anak.