Terbit: 2 Januari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Ada sejumlah cara mengusir tikus yang cukup ampuh untuk diterapkan. Tikus adalah hewan yang tentu sudah sangat ‘akrab’ dengan kehidupan kita sehari-hari. Akan tetapi, kehadiran tikus membuat kita merasa ‘jijik’, pun khawatir karena hewan ini bisa menyebabkan penyakit berbahaya. Oleh sebab itu, lakukan cara-cara berikut ini untuk mengusir hewan pengerat tersebut.

10 Cara Mengusir Tikus di Dalam Rumah (Dijamin Ampuh)

Mengapa Tikus Harus Diusir?

Mengapa tikus harus diusir? Jawabannya tentu saja karena hewan yang memiliki  nama ilmiah muridae ini bisa menyebabkan rumah kotor dan berantakan. Selain itu, tikus juga merupakan sumber penyakit yang berbahaya. Saking bahayanya, penyakit yang ‘dibawa’ oleh tikus bahkan bisa membuat nyawa melayang!

Adalah leptospirosis, yakni suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang dibawa oleh hewan tertentu. Kendati leptospirosis juga bisa ditularkan dari hewan lain seperti sapi dan musang, akan tetapi tikus menjadi hewan yang paling sering menularkan penyakit ini. Itu sebabnya, mengusir tikus dari lingkungan rumah menjadi penting.

Cara Mengusir Tikus di Dalam Rumah

Umumnya, orang-orang akan menggunakan medium seperti racun tikus maupun perangkap tikus sebagai cara mengusir tikus di dalam rumah. Nah, rupanya ada sejumlah bahan alami yang juga ampuh untuk membasmi hewan pengerat yang satu ini.

Berikut adalah cara ampuh mengusir tikus secara alami yang bisa Anda terapkan di rumah!

1. Minyak Peppermint

Cara mengusir tikus dengan menggunakan bahan alami yang pertama adalah minyak peppermint.

Minyak peppermint dianggap ampuh untuk mengusir tikus dikarenakan tikus tidak menyukai aroma dari minyak esensial yang satu ini.

Anda bisa menyemprotkan atau mengolesi area-area di sekitar rumah yang menjadi titik di mana sang tikus kerap terlihat. Lakukan cara ini setiap hari agar aroma peppermint tidak hilang.

2. Bawang Merah

Bahan alami selanjutnya yang bisa dijadikan cara ampuh mengusir tikus adalah bawang merah. Aromanya yang kuat dan kandungan zat di dalamnya ternyata memiliki sifat racun bagi tikus.

Iris bawang merah kemudian tempatkan di sudut-sudut rumah atau area lain yang sekiranya kerap didatangi oleh tikus. Jangan lupa untuk secara rutin mengganti bawang (2 hari sekali) agar aromanya tetap kuat sehingga tikus enggan mendekat.

3. Bawang Putih

Tak hanya bawang merah, ‘saudaranya’ yakni bawang putih pun bisa dijadikan cara mengusir tikus secara alami namun ampuh.

Caranya masih sama, yakni iris bawang putih (atau Anda juga bisa menggunakan bubuk bawang putih) dan tempatkan di titik-titik di mana tikus sering berkeliaran. Taruh atau taburkan secara rutin agar rumah Anda benar-benar bebas dari tikus.

4. Kentang

Kentang juga menjadi  ‘senjata’ ampuh lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengusir tikus yang kerap berkeliaran di dalam rumah.

Cara mengusir tikus dengan kentang sama seperti ketika Anda menggunakan bawang, yakni dengan mengirisnya hingga menjadi potongan kecil-kecil kemudian menempatkannya di tempat-tempat yang rawan didatangi tikus.

Tikus yang ‘tertipu’ akan memakan kentang itu dan tak lama kemudian akan mati karena kentang juga bersifat racun bagi hewan tersebut.

5. Racun Tikus dan Bubuk Cokelat

Anda juga bisa menggunakan racun tikus yang sudah ditaburi bubuk cokelat sebagai alternatif cara ampuh mengusir tikus.

Cokelat berfungsi sebagai umpan dikarenakan tikus sangat suka dengan aroma cokelat. Saat memakannya, secara tak sadar tikus juga turut mengonsumsi racun hingga akhirnya mati keracunan.

6. Bubuk Cabai

Anda yang suka menambahkan bubuk cabai ke dalam masakan kini harus tahu bahwa bumbu penyedap yang satu ini juga memiliki fungsi lain dari sekedar menambah selera masakan.

Ya, bubuk cabai juga ternyata ampuh dalam mengusir bahkan membasmi tikus. Cara mengusir tikus dengan menggunakan bubuk cabai sangat mudah, Anda hanya tingga menaburkannya di sudut-sudut rumah dan area lainnya yang menjadi sarang tikus.

Aroma cabai yang kuat dijamin akan membuat tikus enggan untuk mendekat. Lakukan cara ini secara konsisten, yakni menaburkan bubuk cabai paling tidak 2-3 hari sekali.

7. Minyak Cengkeh

Kembali lagi ke medium minyak esensial sebagai cara mengusir tikus, kali ini ada minyak cengkeh yang bisa Anda gunakan.

Sama halnya seperti minyak peppermint, tikus juga tidak suka dengan aroma cengkeh. Semprotkan minyak cengkeh pada sudut rumah maupun titik-titik yang sering didatangi tikus dan gerombolannya.

8. Jebakan Tikus

Jika Anda penggemar serial kartun Tom & Jerry, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan alat perangkap yang kerap dipasang oleh karakter Tom di depan ‘rumah’ Jerry, bukan?

Ya, pada akhirnya kita juga tidak bisa melupakan alat perangkap tikus sebagai cara mengusir tikus dari dalam rumah.

Kendati Anda bisa menerapkan cara-cara yang sudah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya, ada baiknya jika Anda juga turut menyiapkan alat ini guna mencegah tikus menginvasi rumah.

9. Kucing

Nah, masih terkait dengan serial Tom & Jerry, cara ampuh  mengusir tikus lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan ‘jasa’ hewan peliharaan.

Kucing menjadi salah satu pilihan.  Jangan samakan dengan tokoh Tom yang acap kali gagal menangkap Jerry karena di dunia nyata, kucing bisa jadi pemburu yang handal. Lagipula, umumnya tikus tidak akan berani mendekat apabila ia melihat ada kucing di area rumah Anda.

10. Jaga Kebersihan Rumah

Terakhir dari cara mengusir tikus di dalam rumah adalah dengan selalu menjaga kebersihan rumah Anda.

Ya, lingkungan yang kotor adalah tempat favorit bagi tikus. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah membersihkan rumah Anda, minimal satu kali dalam sehari. Gunakan pembersih lantai yang tidak hanya membuat wangi, namun juga mengandung bahan anti-kuman.

Selain itu, jangan biarkan sampah menumpuk baik itu di dalam maupun di luar rumah. Jika tempat sampah sudah memuat cukup banyak sampah, segera bungkus kemudian buang ke tempat pembuangan sampah.

Itu dia tips atau cara mengusir tikus yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. Natural Remedies to Get Rid of Mice. https://how-to-get-rid-of-mice.com/natural-home-remedies/ (Diakses pada 22 November 2019)
  2. Anonim. 2017. 8 home remedies to get rid of rats. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/home-garden/8-home-remedies-to-get-rid-of-rats/photostory/61670833.cms (Diakses pada 22 November 2019)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi