Terbit: 2 Oktober 2019
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Kehadirannya yang cukup mengganggu membuat banyak orang ingin tahu cara mengusir semut yang ampuh. Semut adalah binatang yang memang lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Hewan dengan nama ilmiah Formicidae ini bisa kita temukan hampir di setiap jengkal dinding, meja, lantai, hingga di tempat yang pasti semua orang tidak menginginkannya yaitu makanan dan minuman. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan guna membasmi hewan kecil ini? Berikut informasinya!

10 Cara Mengusir Semut di Rumah (Mudah & Efektif)

Cara Mengusir Semut di Rumah yang Efektif

Kehadiran semut di manapun kita berada sudah pasti tidak dapat dihindari. Di samping populasinya yang memang teramat banyak, semut juga mengonsumsi makanan yang sama dengan yang Anda konsumsi sehari-hari terutama makanan manis. Sehingga, apa yang ada di atas meja makan turut menjadi incarannya.

Sebelum gerombolan semut yang  ‘menginvasi’ rumah dan makanan semakin banyak, berikut ini beberapa tips atau cara mengusir semut yang efektif.

1. Kapur Khusus Pembasmi Semut

Kapur adalah medium pengusir semut merah maupun jenis semut lainnya yang cukup efektif. Manfaat kapur untuk membasmi semut ini dikarenakan kapur mengandung kalsium karbonat yang mana zat tersebut sangat ‘dibenci’ oleh semut.

Produk kapur khusus pembasmi semut dan serangga lainnya bisa Anda dapatkan di supermarket. Cara menggunakan kapur untuk mengusir semut pun sangat mudah. Anda hanya perlu menaburkan bubuk menggoreskan kapur di dinding maupun area lainnya yang banyak terdapat semut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

2. Bedak Talcum

Selain kapur, Anda bisa memanfaatkan bedak talcum untuk mengusir atau menghilangkan semut di rumah yang membandel. Caranya sangat mudah, yakni Anda hanya perlu menaburkan bedak talcum secukupnya di tempat-tempat yang umum didiami semut seperti dinding, sudut rumah, jendela, dan pintu.

3. Tepung Terigu

Cara mengusir semut selanjutnya adalah dengan menggunakan tepung terigu.

Tepung terigu adalah medium pengusir semut yang aman karena bukan merupakan pestisida.  Akan tetapi, efektivitas tepung terigu dalam mengusir semut tak kalah baik dengan sejumlah medium khusus lainnya.

Taburkan tepung terigu di area yang terdapat banyak semut seperti sudut rumah dan kaki-kaki meja, terutama meja makan. Dijamin semut enggan untuk melangkahi area yang telah ditaburi tepung terigu tersebut!

4. Merica

Kebanyakan semut mengincar gula maupun makanan dan minuman yang mengandung gula.

Lain halnya dengan bumbu masak lainnya seperti merica atau lada. Alih-alih mendekati, yang dilakukan semut terhadap keduanya adalah menjauh. Oleh karena itu, Anda bisa  menaburkan lada atau merica di area yang banyak terdapat semut seperti lantai dan dapur sebagai cara mengusir semut.

Atau, Anda juga bisa menaburkan lada di lubang-lubang yang menjadi tempat tinggal bagi koloni semut. Tak hanya mengusir, menaburkan lada ke ‘rumah’ semut menjadi cara membasmi semut-semut tersebut.

5. Bubuk Kayu manis

Bahan alami lainnya yang efektif untuk mengusir semut adalah bubuk kayu manis.

Kendati rasanya manis yang notabene sangat disukai oleh semut, faktanya rempah-rempah yang satu ini justru membuat semut menjauh begitu mencium aromanya.

Taburkan bubuk kayumanis di tempat-tempat semut biasa muncul seperti pintu, jendela, dan dinding. Anda juga bisa membuat garis batas untuk melindungi makanan dan minuman dari invasi semut.

Baca Juga: 21+ Cara Mengusir Lalat di Rumah yang Ampuh, Cepat, dan Alami

6. Garam

Selain merica dan bubuk kayumanis, garam adalah bumbu dapur lainnya yang bisa dijadikan cara mengusir semut di rumah.

Cara menggunakan garam untuk menghilangkan semut tidak berbeda dengan merica. Anda hanya perlu menaburi area di mana banyak terdapat semut. Atau jika ingin melindungi makanan dari invasi semut, Anda bisa membuat semacam garis batas di sekeliling makanan untuk mencegah binatang tersebut mendekat dan menggerogotinya.

7. Kulit Jeruk

Suka makan jeruk? Jangan buang kulitnya karena ternyata, kulit jeruk dapat dijadikan cara menghilangkan semut yang cukup efektif.

Lumat kulit jeruk menggunakan blender yang telah diisi air hangat hingga menjadi pasta halus. Setelah selesai, tuangkan atau oleskan pasta kulit jeruk tersebut ke dinding, lantai, dan area lainnya yang menjadi sarang semut.

Jangan lupa untuk membersihkan pasta jeruk yang mongering manakala semut-semut tersebut sudah pergi menjauh atau mati.

8. Air Jeruk Lemon

Buah lainnya yang bisa difungsikan sebagai pembasmi semut adalah air jeruk lemon.

Sifat asam pada  air jeruk lemon tidak hanya membuat semut enggan mendekat, namun juga bisa mematikannya apabila sampai tersiram. Anda bisa membasahi area yang banyak terdapat semut (atau sekeliling meja makan jika ingin melindungi makanan dari semut) dengan air jeruk lemon.

Agar lebih praktis, Anda bisa memasukkan air jeruk lemon ke dalam botol semprot kemudian semprotkan pada area-area yang diinginkan. Air lemon juga bisa dilarutkan ke dalam ember berisi air, lalu pel lantai rumah  menggunakan air tersebut.

9. Cuka

Jika tidak ada lemon, Anda bisa menggunakan cuka sebagai cara mengusir semut merah dan semut-semut lainnya yang ada di rumah.

Sama seperti lemon, sifat asam pada cuka menjadikan bumbu dapur ini ‘musuh’ bagi para semut. Tuangkan atau semprotkan cuka pada area-area yang menjadi tempat tinggal semut. Jika semut sudah hilang, bersihkan area tersebut untuk menghilangkan bau asam yang dihasilkan oleh cuka.

10. Pot Bunga

Semut biasanya tinggal di sela-sela lantai atau dinding yang telah mereka lubangi. Cara membasmi semut adalah dengan ‘menghancurkan’ rumahnya tersebut.

Satu lagi cara membasmi semut dari rumahnya adalah dengan menutup lubang dengan pot tanaman dalam posisi terbalik. Setelah itu, tuangkan air panas melalui lubang kecil yang ada di bagian bawah pot. Semut yang terjebak di dalam pot lantas tersiram air panas. Setelah semut mati, bersihkan lantai atau dinding dan tutup lubang bekas rumah semut tersebut.

Cara Mencegah Semut Datang Kembali

Kendati cara-cara di atas sudah berhasil membuat semut pergi dari hadapan Anda, bukan berarti semut tidak akan kembali lagi di lain waktu. Pasalnya, cara-cara tersebut hanya  untuk mengusirnya sesaat.

Anda bisa melakukan langkah pencegahan agar semut kecil kemungkinan untuk kembali. Cara mencegah semut datang kembali di antaranya:

  • Simpan makanan dan minuman—terutama yang manis—di tempat tertutup seperti kulkas dan kontainer makanan
  • Segera bersihkan lantai atau meja apabila terdapat sisa-sisa makanan dan minuman manis
  • Bersihkan rumah setiap hari secara teratur
  • Hindari membiarkan sampah menumpuk
  • Taburkan kapur khusus pengusir serangga di tempat-tempat tertentu setiap hari

Itu dia informasi mengenai cara mengusir semut di rumah Anda. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 13 Simple Solutions to Help You Get Rid of Ants for Good. https://www.rd.com/home/cleaning-organizing/13-common-items-for-getting-rid-of-ants/page/2/ (Diakses pada 2 Oktober 2019)
  2. Anonim. How to Get Rid of Ants. https://www.rentokil.co.id/en/ants/how-to-get-rid-of-ants/ (Diakses pada 2 Oktober 2019)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi