Terbit: 6 April 2021 | Diperbarui: 7 April 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara mengusir nyamuk penting untuk diketahui terutama saat memasuki musim penghujan. Lantas, langkah apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengusir hewan pengisap darah ini? Simak penjelasan selengkapnya.

14 Cara Mengusir Nyamuk (Alami dan Mudah Diterapkan)

Berbagai Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

Sebelum mengetahui cara menghilangkan nyamuk, hal penting yang perlu diketahui adalah bagaimana nyamuk mengenali targetnya. Seseorang biasanya rentan terhadap gigitan nyamuk karena kombinasi cahaya, aroma, cahaya, panas, dan kelembapan.

Bahkan, beberapa spesies nyamuk ada yang lebih menyukai bakteri dan keringat serta karbondioksida dan bau tertentu. Sementara jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, pengusir nyamuk alami mungkin merupakan pilihan yang baik. Berikut adalah berbagai cara mengusir nyamuk secara alami, di antaranya:

1. Lilin Serai

Lilin serai dikenal sebagai anti nyamuk alami. Pilihlah lilin yang dibuat dengan soy wax dan minyak esensial yang terkemuka. Serai memiliki kandungan senyawa yang berpotensi sebagai repelen alami seperti geraniol, sitronelol, sitronelal, dan sitral. Senyawa tersebut berikatan dan berinteraksi dengan reseptor penghidu serangga yang kemudian mengubah aktivitas serangga.

2. Kipas Angin

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa saat berangin, nyamuk tidak menggigit? Terdapat dua alasan kenapa hal itu bisa terjadi. Pertama, udara yang bergerak menghilangkan karbondioksida karena menghembuskannya lebih jauh. Kedua, nyamuk lebih sulit terbang jika tertiup angin.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Penggunaan kipas angin, baik di dalam ataupun di luar ruangan sangat efektif untuk mengusir nyamuk. Selain membuat nyamuk pergi, pada saat yang bersamaan, penggunaan kipas angin akan mendinginkan suhu tubuh Anda.

3. Mengenakan Pakaian dengan Warna Terang

Pakaian berwarna putih dan terang adalah pilihan yang bagus untuk musim panas dan terhindar dari nyamuk. Nyamuk sendiri lebih menyukai warna biru dan hitam. Selain warna, pilih juga busana yang menutupi kulit sebanyak mungkin untuk mencegah gigitan nyamuk.

4. Kelambu

Jika Anda berencana untuk berkemah dan tidur di luar ruangan, penggunaan kelambu adalah cara mengusir nyamuk yang efektif. Kelambu berguna untuk melindungi anak-anak atau bayi agar terhindar dari gigitan nyamuk.

Anda harus rutin memeriksa kelambu untuk memastikan tidak ada nyamuk yang masuk ke dalamnya. Hal ini bertujuan agar kelambu benar-benar efektif melindungi anak dari gigitan nyamuk.

5. Tanaman Pengusir Nyamuk

Penggunaan tanaman wangi untuk mengusir nyamuk di halaman merupakan cara yang bagus untuk menekan jumlah nyamuk. Ingatlah, apa yang berbau harum bagi manusia, bisa berbau tidak menyenangkan bagi nyamuk. Beberapa tanaman yang menjadi pilihan untuk mengusir nyamuk, antara lain:

  • Serai
  • Kemangi
  • Marigold
  • Peppermint
  • Pennyroyal
  • Geranium
  • Lavender
  • Lemon balm
  • Catnip

6. Menyingkirkan Semua Genangan Air

Air adalah tempat nyamuk untuk bertelur dan menjadi sumber berkembang biak jentik nyamuk hingga menjadi nyamuk dewasa. Oleh karena itu, cara mengusir nyamuk secara alami adalah dengan mencegah terbentuknya genangan air.

Genangan air sendiri bisa ada di mana-mana, bisa di luar rumah atau di dalam rumah seperti bak mandi, penampungan air, atau tempat minum hewan peliharaan

7. Minyak Lemon Eucalyptus

Minyak ini adalah salah satu jenis minyak yang terkenal untuk mengusir nyamuk. Klaim ini didukung Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang telah menyetujui minyak ini sebagai bahan efektif sebagai pengusir nyamuk

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa minyak lemon eucalyptus memberikan lebih dari 95 persen perlindungan terhadap nyamuk selama tiga jam. Meski efektif melindungi dari gigitan nyamuk, minyak ini tidak boleh untuk anak kurang dari usia 3 tahun.

Baca Juga: 11 Ciri Nyamuk Demam Berdarah (DBD) yang Harus Diwaspadai

8. Cinnamon Oil

Cinnamon atau kayu manis lebih dari sekadar topping yang bagus untuk saus apel atau oatmeal. Menurut sebuah penelitian, minyak kayu manis dapat membunuh telur nyamuk dan bertindak sebagai pengusir nyamuk dewasa, terutama nyamuk harimau Asia.

9. Thyme Oil

Dalam hal mengusir nyamuk malaria, minyak esensial thyme adalah salah satu yang terbaik dalam memberikan perlindungan. Dalam sebuah penelitian pada hewan, mengoleskan minyak ini pada tikus yang tidak berbulu dapat memberikan tingkat perlindungan 91%. Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa daun thyme yang dibakar memberikan perlindungan perlindungan 85 persen selama 60 hingga 90 menit.

10. Greek Catnip Oil

Sebuah studi menemukan bahwa minyak dari tanaman catnip dapat mengusir nyamuk secara efektif selama dua hingga tiga jam. Selain itu, penelitian lainnya mengungkapkan bahwa catnip 10 kali lebih efektif daripada DEET (N,N-Diethyl-meta-toluamide) dalam mengusir nyamuk.

11. Soybean Oil

Menurut University of Florida Medical Entomology Laboratory, produk pengusir nyampuk berbasis kedelai dapat memberikan perlindungan jangka panjang dari gigitan nyamuk. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa soybean oil dapat berfungsi sebagai penangkal nyamuk Aedes Sp.

12. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau melaleuca oil adalah minyak esensial yang memiliki sifat antiseptik, antimikroba, dan antiinflamasi. Selain nyamuk, minyak ini juga bisa befungsi untuk pengusir serangga yang efektif.

Selain itu, karena kandungan antiseptiknya, mengoleskan minyak ini pada area gigitan juga dan mengurangi reaksi alergi pada kulit dan membunuh bakteri.

13. Geraniol

Geraniol adalah sejenis alkohol sebagai pewangi atau penyedap rasa. Senyawa kimia ini berasal dari minyak nabati seperti citronella, serai, dan mawar. Sebagai bahan pengusir nyamuk, senyawa kimia ini diketahui efektif memberikan perlindungan selama dua hingga empat jam, tergantung spesies nyamuknya.

Jauhkan dari mata dan hindari penggunaan jika Anda memiliki kulit sensitif. Geraniol dapat menyebabkan iritasi pada mata dan kulit.

14. Neem Oil

Meskipun neem oil bisa digunakan sebagai cara mengusir nyamuk alami, terdapat hasil yang beragam mengenai keefektifannya. Sebuah studi menemukan bahwa minyak esensial ini menawarkan perlindungan lebih dari 70 persen selama tiga jam. Meski begitu, belum ada persetujuaan penggunaan neem oil untuk mengusir nyamuk karena bisa menyebabkan iritasi kulit.

Nah, itulah berbagai cara mengusir nyamuk yang bisa Anda coba.  Selain itu, bersihkan lingkungan secara rutin untuk mencegah pertumbuhan jentik nyamuk berbahaya.

 

  1. Magyar, Cheryl. 2019. 9 Natural Ways To Repel Mosquitoes & 4 Methods That Really Don’t Work. https://www.ruralsprout.com/repel-mosquitoes/. (Diakses pada 6 April 2021).
  2. Yasin, Kareem. 2019. 10 Natural Ingredients That Repel Mosquitos. https://www.healthline.com/health/kinds-of-natural-mosquito-repellant#lavender. (Diakses pada 6 April 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi