Makanan dan Minuman yang bisa Membantu Membakar Lemak Ketika sedang Tidur

doktersehat-diet-lingkar-perut

DokterSehat.Com– Mungkin sebagian besar orang berpikir bahwa lemak di dalam tubuh hanya bisa terbakar saat berolahraga atau saat sedang melakukan aktivitas berat saja. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa ketika sedang tidur, tubuh juga bisa membakar lemak. Jika Anda tidur selama 8 jam sehari, Anda bisa membakar sekitar 400-500 kalori. Cukup banyak, bukan?

Untuk memperbanyak jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh ketika sedang tidur, Anda bisa mengonsumsi berapa makanan dan minuman sebelum Anda beranjak tidur. Pasalnya, ada beberapa makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur yang diyakini dapat membantu membakar kalori saat sedang tidur. Beberapa makanan dan minuman tersebut, diantaranya:

1. Susu

Susu merupakan salah satu minuman yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya tubuh saja, susu juga dapat membantu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang agar terhindar dari masalah tulang keropos. Jika Anda ingin membakar lemak saat tidur, cobalah untuk mengonsumsi susu sebelum Anda memejamkan mata. Hal ini dikarenakan susu merupakan pembakar lemak yang baik. Akan tetapi, Anda harus memilih jenis susu rendah lemak atau tanpa lemak. Kandungan kalsium dan mineral di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lemak yang terbakar saat tidur menjadi maksimal.

2. Teh Hijau

Selain susu rendah lemak, Anda juga bisa mengonsumsi teh hijau sebelum tidur agar lemak dalam tubuh bisa terbakar secara maksimal. Cobalah untuk meminum teh hijau satu cangkir sebelum tidur. Hal ini dipercaya dapat membakar kalori 80 kali lebih banyak. Manfaat lain yang bisa Anda peroleh adalah teh hijau diyakini mengandung antioksidan flavonoid yang bekerja meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori, bahkan saat sedang tidur.

3. Roti Gandum

Roti gandum memang selalu menjadi pilihan makanan saat sedang dalam proses penurunan berat badan. Kandungan karbohidrat baik, serta serat yang bisa membuat perut kenyang lebih lama membuat gandum menjadi makanan utama untuk pelaku diet dan bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Ternyata, roti gandum bisa membantu Anda membakar lemak lebih banyak saat sedang tidur. Hal ini dikarenakan roti gandum mengandung karbohdrat kompleks yang membantu merangsang metabolism tubuh.