Terbit: 2 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Man boobs atau dada pria yang membesar berlebihan dan mengerucut seperti punya wanita memang sangat mengganggu. Secara estetik, dada seperti ini membuat kepercayaan diri dari pria menurun. Selain itu, kemungkinan terjadi gangguan secara seksual dan reproduksi juga cukup besar karena kondisi gynecomastia ini tanda peningkatan estrogen.

5 Cara Mengurangi Man Boobs dan Menurunkan Kadar Estrogen Pria

Ya, Anda tidak sedang salah membaca. Pria juga memiliki estrogen meski kadarnya tidak banyak. Semua orang memiliki kadar estrogen dan testosteron meski jumlahnya berbeda. Kalau estrogen pada pria mengalami peningkatan yang signifikan, perubahan yang cukup besar akan terjadi sehingga Anda harus mengatasinya.

Berikut cara mengatas man boobs dan kenaikan estrogen pada pria.

  1. Meningkatkan sensitivitas insulin

Sensitivitas insulin dengan kadar gula di dalam tubuh harus baik. Kalau insulin sampai memburuk, kemungkinan terjadi gangguan akan besar. Salah satu gangguan yang akan terjadi adalah kegemukan. Pria akan mudah menumpuk lemak dan susah mendapatkan tubuh yang ideal. Selain itu, kondisi gynecomastia juga akan terjadi.

Cara terbaik untuk mengatasi gynecomastia atau menurunkan kadar estrogen adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat. Selain itu, melakukan olahraga secara rutin dan mengontrol apa yang dimakan juga menjadi salah satu cara menekan resistensi insulin.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kesehatan pencernaan menjadi kunci kondisi gynecomastia pada pria. Atur pola makan dengan baik kalau sudah memiliki tanda seperti kegemukan dan juga pertumbuhan dada yang tidak normal. Selain itu, kalau tanda gangguan ereksi terjadi, segera lakukan tindakan.

Pria disarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung gluten atau tepung. Selanjutnya minuman dan makanan probiotik juga sanat disarankan. Buah dan sayuran juga wajib dikonsumsi setiap hari bersamaan dengan kaldu tulang uang mengandung banyak mikronutrien.

  1. Mengembalikan siklus circadian

Salah satu faktor terbesar yang menyebabkan kadar estrogen naik adalah banyak lemak di dalam tubuh. Lemak disimpan di beberapa bagian karena metabolisme yang tidak terlalu baik. Metabolisme yang buruk ini muncul karena pria mengalami gangguan tidur dan kualitasnya menurun.

Cara terbaik untuk mengembalikan kualitas tidur dari pria (circardian) adalah dengan  menjaga pola makan dan beristirahat. Dengan melakukan dua hal itu secara rutin, tubuh akan menjadi lebih relaks. Dalam satu hari pria harus tidur minimal 6 jam agar kondisinya membaik dan testosteron meningkat.

  1. Meningkatkan kesehatan hati

Mengapa harus hati? Memang ada hubungannya antara hati dan estrogen di dalam tubuh? Jawabannya adalah ada. Hati adalah organ yang berfungsi mengolah atau membakar estrogen dengan cepat. Estrogen yang tidak digunakan akan dihancurkan sehingga tidak menyebabkan gangguan pada tubuh.

Kalau hati ada gangguan yang cukup besar, kira-kira apa yang terjadi pada tubuh? Pria akan tetap memiliki dada menyerupai miliki wanita. Coba turunkan konsumsi alkohol yang berlebihan. Selanjutnya jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan seperti makanan kaleng karena bisa mengganggu.

  1. Mengatur diet dengan baik

Salah satu cara untuk menurunkan kadar estrogen di dalam tubuh adalah dengan mengatur diet dengan baik. Diet yang bisa dipakai berjenis tinggi lemak, rendah karbohidrat, dan protein sedang. Komposisi yang disarankan adalah 65% lemak, 30% protein, dan sisanya karbohidrat.

Selain mengatur makan dengan pola di atas, pria juga disarankan untuk menghindari makanan dengan kandungan gluten yang cukup tinggi. Selain itu, aneka makanan yang manis dan mengandung alkohol harus dihindari dengan sempurna agar proses penurunan estrogen berhasil.

Inilah lima cara untuk mengurangi man boobs dan menurunkan kadar estrogen pada pria. Semoga ulasan di atas bermanfaat!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi