7 Cara Mengurangi Rasa Khawatir yang Berlebihan

berhenti-terlalu-khawatir-doktersehat

DokterSehat.Com – Rasa khawatir adalah hal wajar dan dialami oleh hampir semua manusia, bahkan hewan pun juga memiliki hal ini. Namun, kalau Anda mengalami rasa khawatir yang berlebihan, kemungkinan besar akan terjadi masalah pada tubuh. Anda akan sulit menjalankan aktivitas harian dengan sempurna sehingga susah menjalani kehidupan sosial

Cara mengurangi khawatir yang berlebihan

Rasa khawatir yang berlebihan terhadap banyak hal akan menyebabkan seseorang sulit menjalani kehidupannya. Bahkan, kalau rasa khawatir terus muncul, kemungkinan besar akan menyebabkan anxiety dan gangguan kejiwaan lainnya. Kalau Anda tidak mau mengalami masalah khawatir yang berlarut-larut, lakukan beberapa cara di bawah ini.

  1. Mempelajari olah napas

Begitu rasa khawatir muncul sebenarnya kita bisa menahannya agar tidak membuat kita kehilangan kendali. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mempelajari olah napas. Anda bisa duduk bersantai lalu mulai melakukan tarikan napas perlahan dan dalam. Selanjutnya buah perlahan juga sampai habis baru diulangi lagi.

Saat melakukan pernapasan ini ada baiknya untuk menyadari apa yang dilakukan. Pusatkan pikiran pada jalan napas, Anda harus merasakan bagaimana napas masuk dan bagaimana napas akhirnya dikeluarkan. Lakukan aktivitas ini selama kurang lebih 10 menit hingga Anda merasa lebih nyaman.

  1. Melakukan meditasi

Metode olah napas mungkin hampir sama dengan meditasi. Yang membedakan adalah posisinya dan apa yang dilakukan setelah mata tertutup. Kalau olah napas hanya berfokus pada napas untuk menghilangkan distraksi. Pada meditasi dilakukan dengan membuang pikiran buruk secara perlahan-lahan tanpa membuat penghakiman.

Biarkan saja rasa takut, khawatir, dan sejenis lewat begitu saja. Anda tidak perlu melakukan apa-apa atau menanggapinya. Lakukan hal ini dengan mengatur napas perlahan-lahan bisa dari perut atau melakukan napas seimbang antara embusan dan tarikan. Meditasi bisa dilakukan hingga tenang atau sekitar 10 menit saja.

  1. Membayangkan suatu hal yang menenangkan

Meditasi bukanlah pekerjaan yang mudah bagi beberapa orang. Oleh karena itu lakukan cara lain untuk mengatasi rasa khawatir yang berlebihan. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melihat sesuatu yang indah, misal pemandangan atau apa saja yang disukai misal hewan seperti kucing atau anjing.

Lakukan dengan mata terpejam di tempat yang tenang agar bisa relaks. Anda bisa memejamkan mata lalu membayangkan sesuatu yang indah. Kalau Anda bisa membayangkan dan menggambarkannya dalam ingatan, pikiran yang buruk bisa dengan mudah dieliminasi hingga habis.

  1. Melakukan pemindaian terhadap tubuh

Cara ini dilakukan dengan duduk di kursi atau bersila. Pilih mana saja yang membuat Anda merasa lebih nyaman dari biasanya. Lalu pejamkan mata dan mulai pindai tubuh secara perlahan-lahan. Pemindaian bisa dilakukan dengan merasakan apa yang ada di kepala, lalu di wajah, tangan, hingga seluruh bagian tubuh.

Pemindaian ini memiliki fungsi yang sama dengan mengamati aliran napas yang keluar dan masuk dari tubuh. Dengan mengalihkan pikiran kita yang buruk ke hal lain yang lebih baik, rasa khawatir yang berlebihan tidak akan muncul. Anda akan cepat tenang dan bisa menjalankan aktivitas tanpa hambatan.

  1. Lebih banyak bicara pada orang lain

Rasa khawatir yang muncul akan membuat kita takut melakukan apa pun, misal takut untuk pergi keluar rumah atau takut melakukan aktivitas tertentu. Padahal rasa khawatir yang berlebihan itu tidak akan memberikan apa-apa dan membuat Anda semakin susah untuk berkembang.

Kalau Anda sering khawatir tanpa sebab dan mengganggu aktivitas yang dilakukan setiap hari, ada baiknya bicara pada orang lain. Anda bisa bicara dengan keluarga atau orang terdekat yang bisa dipercaya. Bicarakan masalah kekhawatiran dan kalau bisa minta tolong mereka untuk membantu menghilangkan rasa khawatirnya.

Selain pada orang terdekat, Anda juga bisa bicara dengan orang yang memiliki masalah yang sama. Anda bisa bergabung ke beberapa group support untuk saling berbagi pengalaman. Biasanya akan ada cara mengatasi masalah khawatir hingga anxiety yang praktikal dan tidak berdasarkan teori semata.

  1. Memahami kekhawatiran yang dimiliki

Pahami apa yang terjadi pada diri sendiri. Misal saat rasa khawatir muncul, kira-kira sedang melakukan apa. Kalau Anda tahu apa saja yang akan terjadi pada tubuh dan juga pemicunya, kondisi khawatir berlebihan bisa dicegah. Jadi, kenali terlebih dahulu kekhawatiran apa saja yang selama ini mengganggu.

Setelah mengetahui apa yang terjadi, lakukan analisis. Kira-kira ketakutan itu beralasan atau tidak. Ajak orang terdekat untuk melakukan diskusi. Terkadang hal-hal sepele sering kita takuti justru tidak akan menyebabkan apa-apa atau efeknya tidak akan signifikan pada diri kita.

  1. Melakukan aktivitas fisik

Mungkin terdengar sangat klise, tapi melakukan aktivitas fisik memang sangat membantu mengatasi masalah mental. Dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik lain akan membuat tubuh jarang mengalami inflamasi. Selain itu, hormon yang menyebabkan mood buruk tidak akan diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak.

Aktivitas fisik yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa khawatir berlebihan ini ada banyak dan bisa disesuaikan dengan kondisi fisik yang sedang Anda miliki. Kalau tubuh sedang segar dan kuat, mungkin melakukan angkat beban atau lari jarak jauh bisa membantu. Kalau tubuh tidak begitu kuat, lakukan olahraga ringan asal rutin setiap hari.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan kalau kita kerap sekali mengalami masalah dengan rasa khawatir yang berlebihan. Mulai saat ini kita harus bisa mengendalikan diri dengan baik agar rasa khawatir tidak terus muncul dan menyebabkan kita tidak bisa berkembang dan menjalani kehidupan dengan sempurna.