Cara Mengobati Telinga Berdengung atau Tinnitus dengan Cara Alami

doktersehat-telinga-masuk-air-gatal-jerawat

DokterSehat.Com– Tinnitus merupakan salah satu gangguan telinga dimana penderitanya seolah mendengar dengingan atau suara lainnya meskipun tidak ada sumber suara dari luar.

Tinnitus merupakan masalah telinga umum yang mempengaruhi 1 dari setiap 5 orang di seluruh dunia. Biasanya tanda penuaan, atau kadang tanda masalah peredaran darah yang mendasarinya.

Meski begitu, kondisi ini kurang lebih tidak berbahaya, meski menyebalkan, karena membuat telinga Anda seperti berdering, meraung, atau suara berdengung yang tidak berasal dari lingkungan luar.

Jadi, jika Anda merasa terganggu oleh masalah di telinga Anda, bacalah tips ini, karena artikel ini akan berbagi dengan Anda tentang beberapa perawatan alami untuk tinnitus yang diketahui cukup efektif untuk menyembuhkanya, seperti dikutip dari Bold Sky, berikut ini.

1. Gunakan earphone dan mainkan beberapa musik
Cara tercepat untuk menyingkirkan tinnitus adalah dengan memasang earphone, kurangi volume musik Anda dan perdengarkan telinga Anda dengan suara lembut dan menenangkan dari lagu yang Anda suka.

Langkah ini akan menyingkirkan suara dering di telinga Anda dengan cepat. Sebenarnya, obat ini sangat baik untuk menyembuhkan efek samping tinnitus, seperti ketidakmampuan untuk tertidur dan fokus pada tugas Anda.

Harap diperhatikan, musik yang terlalu keras atau musik yang menjerit dapat menghancurkan gendang telinga Anda, jadi disarankan Anda mencoba cara ini hanya dengan melodi lembut dan menenangkan.

2. Jauhi suara bising
Suara di bawah frekuensi 75 desibel tidak menyebabkan tinnitus. Jadi, jika Anda tinggal di dekat stasiun kereta api atau di rumah pemadam kebakaran, atau bekerja di dekat mesin yang menghasilkan suara keras, gunakan earbud yang menghalangi suara untuk mengurangi desibel yang mencapai gendang telinga Anda.

3. Jangan gunakan earbuds untuk membersihkan telinga Anda
Membersihkan telinga Anda dengan earbud adalah ide yang buruk karena earwax atau serumen (kotoran telinga) di telinga Anda membantu melindungi saluran telinga Anda dari debu, kotoran, dan serangga.

Earbud tidak efektif karena alat berbentuk seperti korek api ini hanya mendorong earwax lebih dekat ke gendang telinga Anda, yang dapat memperparah dering di telinga Anda. Jadi, jika Anda memiliki terlalu banyak kotoran telinga yang terakumulasi di telinga Anda, yang menyebabkan Anda merasa tidak nyaman, disarankan Anda mendapatkan penganganan THT untuk membersihkannya, daripada mencoba melakukannya sendiri.

4. Bicaralah dengan dokter jika Anda memakai obat ini
Tinnitus adalah efek samping dari obat berikut ini.

  • Antibiotik: seperti vankomisin dan eritromisin
  • Diuretik: seperti furosemid dan bumetanida
  • Obat antimalaria
  • Obat antikanker
  • Antidepresan (tidak semua)
  • Aspirin dosis tinggi

Jadi, jika Anda menggunakan obat ini, disarankan Anda untuk berbicara dengan dokter mengenai obat-obatan pengganti.

Harap diperhatikan: Jangan berhenti minum obat untuk mengobati tinnitus. Suara yang berdengung di telinga tidak berbahaya, namun tidak mengonsumsi obat akan berbahaya bagi kesehatan Anda.

5. Periksa tekanan darah Anda
Seringkali, tinnitus disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Ini karena telinga Anda dipasok oleh banyak pembuluh darah dan ketika darah mengalir deras melalui tekanan tinggi, ia menghasilkan suara menderu yang keras —mirip dengan apa yang terjadi pada tubuh Anda saat Anda mengalami adrenalin).

Jadi, jika suara berdengung di telinga sering mengganggu Anda, periksa tekanan darah Anda jika penyebabnya bisa diobati.

6 Gingko Biloba
Ramuan ini adalah obat alami terbaik untuk tinnitus karena meningkatkan sirkulasi darah Anda dan menyingkirkan infeksi yang berkontribusi pada masalah ini. Memiliki ekstrak gingko biloba 30-60 miligram empat kali sehari selama 6 minggu dapat membantu Anda menyembuhkan suara dering.

Harap diperhatikan: Jika Anda menggunakan obat lain, tolong bicara dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengambil ekstrak herbal ini, untuk mencegah adanya interaksi obat yang merugikan. Selain itu, ekstrak ini tidak boleh diberikan pada anak-anak.

Seperti yang disebutkan dalam pendahuluan, 1 dari setiap 5 orang di dunia menderita tinitus. Jadi, ada kemungkinan tinggi bahwa salah satu teman Anda memiliki masalah ini juga. Jadi jika artikel ini bermanfaat, bacalah agar bisa membantu lebih banyak orang.