10 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat

Doktersehat-cara-mengobati-sariawan

DokterSehat.Com– Sariawan atau stomatitis adalah istilah yang digunakan saat kondisi mulut mengalami peradangan. Dampak peradangan ini tentunya dapat menghambat aktivitas seseorang untuk makan, berbicara dan tidur. Ada banyak pilihan cara mengobati sariawan dengan obat maupun obat tradisional, tergantung area yang mengalami sariawan. Sariawan dapat terjadi di seluruh bagian mulut, seperti pipi, gusi, lidah, bibir, dan langit-langit mulut.

Siapapun dapat mengalami sariawan. Namun kondisi ini lebih sering terjadi pada orang dewasa. Hingga kini penyebab sariawan tidak diketahui dengan pasti, namun beberapa ahli menduga gangguan sistem imun, bakteri, atau virus dapat memengaruhi. Pada beberapa kasus, trauma pada jaringan lunak mulut juga dapat menyebabkan sariawan. Berikut ini akan dijelaskan berbagai macam cara menyembuhkan sariawan.

Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati sariawan dengan perawatan yang dapat Anda lakukan di rumah, termasuk penggunaan beberapa obat-obatan.

1. Obat kortikosteroid

Cara menyembuhkan sariawan yang pertama harus disadari penyebabnya. Pada umumnya, seseorang yang mengalami sariawan karena kekurangan folat atau vitamin B12.

Bicaralah dengan dokter tentang penyebab sering sariawan ini. Obat anti-inflamasi seperti kortikosteroid (termasuk prednisone) adalah cara mengobati sariawan yang paling efektif untuk sariawan, karena obat ini akan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Obat ini juga efektif untuk meredakan sariawan tipe cold sore yang telah hadir selama tiga hingga empat hari, karena pada saat itu virus telah hilang dan hanya peradangan yang tersisa.

Meski begitu, tidak semua orang bisa menggunakan obat anti-inflamasi jenis tertentu. Sebagai contoh, jika prednison diberikan kepada penderita diabetes, gula darah mereka akan naik. Bicarakan dengan dokter Anda tentang kondisi kesehatan apa pun yang Anda miliki sebelum memulai pengobatan baru.

2. Obat kumur antimikroba

Cara menghilangkan sariawan yang mudah Anda lakukan adalah dengan obat kumur antimikroba. Obat kumur antimikroba membantu membunuh bakteri, virus atau jamur yang dapat menginfeksi sariawan sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Chlorhexidine glukonat adalah obat kumur yang dipercaya sebagai cara mengobati sariawan yang paling sering diresepkan, meskipun ada pula yang berbentuk gel dan semprotan. Chlorhexidine glukonat biasanya digunakan dua kali sehari.

3. Kortikosteroid

Cara menghilangkan sariawan berikutnya menggunakan kortikosteroid. Ini adalah jenis obat yang berfungsi untuk mengurangi peradangan. Obat kortikosteroid dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan dan membantu penyembuhan lebih cepat. Kortikosteroid tersedia dalam berbagai bentuk, seperti obat kumur, semprotan hingga dalam bentuk krim. Obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang.

4. Kumur dengan air garam

Cara nyembuhkan sariawan juga bisa menggunakan bnahan alami, seperti larutan garam, ini untuk membantu penyembuhan. Berkumur dengan larutan garam sebaiknya tidak menggunakan obat kumur lainnya.

5. Menjaga kebersihan gigi dengan sikat lembut

Menjaga kebersihan mulut dan berhati-hati saat menyikat gigi agar tidak merusak sariawan, ini adalah cara menghilangkan sariawan dengan cepat.

Menggunakan sikat gigi yang lembut dapat membantu menghindari sariawan yang menjengkelkan. Menjaga kebersihan mulut yang baik dengan menjaga gigi dan gusi tetap bersih dapat mencegah benjolan putih dari terinfeksi.

6. Minum suplemen vitamin B-12

Vitamin B-12 mendukung otak berfungsi normal, sistem syaraf dan memiliki bagian penting dalam produksi sel darah merah. Mengonsumsi vitamin B-12 menjadi cara menghilangkan sariawan dengan praktis dan cepat.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin B-12 mengurangi jumlah rasa sakit dari sariawan dan jumlah benjolan putih di mulut yang dialami dalam sebulan.

7. Menggunakan lidah buaya

Cara mengobati sariawan secara alami dengan mengoleskan gel lidah buaya langsung ke area sariawan dapat membantu meredakan iritasi, serta mengurangi rasa sakit dan peradangan.

8. Kompres es

Cara mengatasi sariawan secara alami berikutnya dapat mengoleskan es batu yang sedang mencair ke area sariawan. Cara ini bisa menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, karena dingin akan mematikan rasa perih. Perlu diperhatikan! Es batu seharusnya tidak langsung diaplikasikan ke area sariawan tanpa melelehkan permukaannya sedikit terlebih dulu.

9. Bilas dengan minyak cengkeh

Minyak cengkeh telah digunakan secara topikal (obat luar) untuk menghilangkan rasa sakit. Seseorang dapat menggunakan minyak cengkeh sebagai obat dengan membilas mulut terlebih dahulu dengan larutan garam atau obat kumur, kemudian mengaplikasikan kapas yang sudah direndam dalam minyak cengkeh ke area sariawan untuk menghilangkan rasa sakit.

10. Minum teh Chamomile dengan madu

Chamomile dan madu telah digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya sebagai cara mengobati sariawan dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Madu mungkin memiliki sifat antiseptik dan dapat diaplikasikan langsung ke sariawan. Madu juga bisa dikombinasikan dengan teh chamomile, yang harus didinginkan sebelum diminum.

Chamomile memiliki sifat anti-inflamasi. Seseorang dapat menggunakan chamomile sebagai obat sakit sariawan, dengan menyeduh teh chamomile dan menggunakannya untuk berkumur setelah didinginkan. Selain itu, cara mengobati sariawan dengan teh chamomile bisa dilakukan dengan cara merendam kantong teh chamomile dalam air hangat dan langsung dioleskan ke area sariawan.

Cara Mengobati Sariawan Lainnya

Jika Anda memiliki sariawan ringan, maka ada beberapa cara mengatasi sariawan yang dapat Anda lakukan untuk membantu agar sariawan sembuh lebih cepat, di antaranya:

  1. Cara menyembuhkan sariawan yang pertamaama adalah hindari makanan yang keras, pedas dan asam sebelum sariawan benar-benar sembuh. Sebaliknya beralihlah mengonsumsi makanan lunak yang lebih mudah untuk dikunyah dan tidak menimbulkan risiko luka.
  2. Ketika sedang mengobati sariawan, gunakanlah sikat gigi yang lembut saat menggosok gigi, agar tidak menyebabkan luka pada sariawan.
  3. Luangkan waktu untuk berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, setidaknya sehari 3 kali selama 1 menit.
  4. Mengobati sariawan yang paling penting adalah kurangi stres, karena ini dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga bisa membuat seseorang menjadi rentan terkena sariawan. Oleh karena itu cobalah untuk santai atau rileks dalam menghadapi setiap masalah.

Cara Mencegah Sariawan

Sering kali sariawan merupakan kondisi yang menunjukkan bahwa tubuh sedang tidak fit. Hindari stres dan kelelahan untuk mencegah sariawan. Oleh karenanya, jangan lupa untuk mengonsumsi multivitamin, sayuran, cukup tidur, dan air putih untuk membantu tubuh menjaga vitalitasnya.

Selain itu, hindari juga makan makanan yang bisa mengiritasi mulut Anda, seperti kacang, keripik, bumbu tertentu, makanan asin dan buah-buahan asam, seperti nanas, dan jeruk. Hindari juga makanan yang membuat Anda sensitif dan alergi.

Seiring perbaikan imunitas tubuh, sariawan akan sembuh dengan sendirinya. Namun, apabila Anda terkena sariawan di atas dua minggu, meskipun sudah ditangani dan diberikan obat yang memadai, periksakan sariawan Anda ke dokter spesialis penyakit dalam atau bedah mulut, karena kemungkinan cara mengatasi sariawan yang Anda lakukan tidak tepat atau ada penyakit lain yang mendasari kelemahan imunitas Anda.

Nah, itulah 10 cara mengobati sariawan dengan beberapa obat dan obat tradisional yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba, Teman Sehat!