Terbit: 19 Oktober 2020 | Diperbarui: 30 November 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Apa saja obat mastalgia? Mastalgia adalah nyeri payudara baik akibat menstruasi, cedera, efek samping obat, dll. Ketahui bagaimana cara mengatasi mastalgia secara medis dan alami untuk mengobati nyeri payudara dengan cepat dan mudah dalam pembahasan ini. 

11 Obat Mastalgia (Nyeri Payudara) Medis dan Alami

Obat Mastalgia (Medis)

Mastalgia adalah istilah medis untuk nyeri payudara yang umum terjadi pada wanita akibat perubahan hormon. Nyeri payudara biasanya terjadi pada siklus menstruasi dan tidak berbahaya. Nyeri payudara ringan (nonkanker) akan hilang dengan sendirinya saat kadar hormon kembali normal. Anda dapat juga mengatasinya dengan pengobatan mastalgia, sebagai berikut: 

1. Obat Antiinflamasi Nonsteroid (OAINS)

Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) adalah obat untuk mengatasi peradangan, menurunkan demam, dan meredakan nyeri termasuk nyeri payudara. Anda dapat menggunakan OAINS untuk mengatasi mastalgia, seperti:

  • Paracetamol (Acetaminophen)
  • Advil 
  • Ibuprofen 

Obat OAINS dapat digunakan untuk nyeri payudara ringan atau mastalgia nonsiklik (terkait siklus menstruasi). 

2. Terapi Hormonal

Terapi hormonal adalah pengobatan untuk kondisi medis terkait gangguan hormonal, seperti nyeri payudara akibat perubahan hormon wanita (estrogen dan progesteron) selama menstruasi. Obat terapi hormonal yang biasa digunakan, termasuk: 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  • Nolvadex (tamoxifen)
  • Danocrine (danazol)
  • Parlodel (bromocriptine)
  • Kontrasepsi oral 
  • Bromocriptine
  • Danazol, kelas obat androgen (hormon pria) untuk menghambat produksi hormon wanita yang diproduksi berlebihan dan memicu nyeri payudara dan nyeri pinggul. 

Sejauh ini, obat mastalgia yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) AS adalah Danokrin. Anda mungkin menggunakan jenis obat terapi hormonal lainnya berdasarkan gejala yang Anda alami dan sesuai dengan resep dokter. 

Baca Juga: Mastalgia (Nyeri Payudara): Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll

Obat Herbal Mastalgia 

Pengobatan nyeri payudara disesuaikan dengan penyebab yang mendasari dan tingkat keparahan gejala. Bila mengalami gejala nyeri payudara ringan, Anda dapat menggunakan perawatan herbal dari vitamin B1, B6, dan E. 

Berikut ini cara mengatasi nyeri payudara secara alami: 

1. Vitamin E 

Sebuah studi awal menunjukan adanya manfaat vitamin E untuk mengatasi nyeri payudara. Dalam studi tersebut menggunakan dosis suplemen vitamin E 200 IU dua kali sehari selama 4 bulan. Dosis maksimum untuk usia lebih dari 18 tahun adalah 1.500 UI atau 1.000 miligram vitamin E setiap hari. 

Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan untuk mencegah bahaya radikal bebas yang menyerang sel-sel payudara. Terdapat potensi vitamin E untuk meredakan nyeri payudara, namun belum ada landasan penelitian kuat yang membuktikannya.

2. Vitamin B1 dan B6 

Beberapa dokter juga menggunakan vitamin B1 dan B6 sebagai bagian dari vitamin B kompleks untuk mengatasi nyeri payudara. Vitamin B1 dan B6 juga mengandung magnesium untuk mengatasi gejala pramenstruasi.

3. Evening Primrose Oil

Evening primrose oil adalah obat herbal yang memiliki karakteristik serupa dengan vitamin E. Minyak evening primrose dapat mengubah keseimbangan asam lemak dalam sel Anda agar nyeri mereda. 

4. Suplemen Asam Lemak Omega-3

Anda dapat untuk konsumsi suplemen asam lemak omega-3 untuk meringankan gejala nyeri payudara, walaupun ini belum terbukti efektif. Anda juga dapat mencoba makanan sumber asam lemak omega-3 alami seperti sayuran berdaun hijau tua, kenari, wijen, dll. 

Itulah beberapa obat mastalgia secara herbal. Anda dapat meningkatkan asupan sayuran, buah, dan jenis makanan lainnya yang kaya vitamin E, B1, dan B6 bila perlu. 

Baca Juga: 10 Cara Menjaga Kesehatan Payudara Agar Terhindar Kanker

Cara Mengatasi Mastalgia dengan Perubahan Pola Hidup 

Terdapat dua jenis mastalgia, yaitu nyeri payudara siklik dan nonsiklik. Nyeri payudara siklik adalah nyeri payudara terkait siklus menstruasi atau perubahan hormon wanita. Sementara nyeri payudara nonsiklik berarti nyeri terkait efek samping obat, operasi, atau cedera payudara.

Wanita dapat mengurangi gejala nyeri payudara dengan perubahan gaya hidup dan perawatan payudara, termasuk: 

1. Gunakan Bra yang Nyaman 

Salah satu penyebab payudara nonsiklik yang paling umum adalah penggunaan bra yang tidak sesuai. Mohon pilih bra dengan bahan yang adem, ukuran pas, dan berkualitas baik. Gunakan bra khusus olahraga saat berolahraga. 

2. Batasi Asupan Kafein 

Batasi asupan kafein baik yang terkandung dalam kopi, teh, atau cokelat. Kelebihan asupan kafein harian dikaitkan dengan peningkatan gejala nyeri payudara, walaupun penelitian ini belum terbukti secara medis.

3. Kelola Stres 

Stres mungkin datang setiap hari, namun Anda harus mengelola kadar stres Anda. Faktor stres dapat menaikan level hormon yang menyebabkan gangguan menstruasi, nyeri payudara, dan risiko penyakit lainnya. 

4. Olahraga 

Belum ada penelitian spesifik tentang apa dampak langsung dari olahraga terhadap manajemen rasa nyeri payudara, namun latihan fisik dapat menurunkan kadar estrogen. Selain itu, olahraga selalu baik untuk kesehatan fisik dan jiwa. 

5. Periksa Payudara Secara Rutin 

Nyeri payudara adalah masalah umum terjadi pada sebagian besar wanita, terutama saat menstruasi. Ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan payudara secara rutin untuk mengurangi risiko kanker payudara. 

Lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) 7-10 hari setelah menstruasi, sebulan sekali. Bila perlu, konsultasi ke dokter saat Anda mengalami perubahan bentuk payudara tidak biasa dengan nyeri payudara yang tidak sembuh dalam 2 siklus menstruasi. 

Itulah pembahasan lengkap tentang cara mengatasi mastalgia. Mastalgia atau nyeri payudara secara umum bersifat jinak dan tidak selalu terkait dengan gejala kanker payudara. Semoga informasi ini bermanfaat! 

 

  1. AMIT GOYAL, Royal Derby Hospital, Derby, United Kingdom. 2019. Breast Pain. https://www.aafp.org/afp/2016/0515/afp20160515p872.pdf. (Diakses pada 19 Oktober 2020). 
  2. Cleveland Clinic. 2014. Breast Pain (Mastalgia): Management and Treatment. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15469-breast-pain-mastalgia/management-and-treatment. (Diakses pada 19 Oktober 2020). 
  3. Dr Amanda Newman (MBBS, FRANZCR). 2017. How to tackle mastalgia – Medical Observer. https://www.jeanhailes.org.au/news/how-to-tackle-mastalgia-medical-observer. (Diakses pada 19 Oktober 2020). 
  4. MayoClinic. 2019. Fibrocystic breasts. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/fibrocystic-breasts/diagnosis-treatment/drc-20350442#:~:text. (Diakses pada 19 Oktober 2020). 
  5. O’Brien, Jane, MB.BS FRACS. 2009. Breast Pain/Mastalgia. http://www.melbournebreastcancersurgery.com.au/breast-painmastalgia.html. (Diakses pada 19 Oktober 2020). 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi