Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami

doktesehat-luka-bakar

Dokter Sehat – Kulit terbakar merupakan jenis luka, kerusakan jaringan atau kehilangan jaringan yang diakibatkan sumber panas ataupun suhu dingin yang tinggi, sumber listrik, bahan kimiawi, cahaya, radiasi dan friksi. Luka bakar dapat merusak jaringan otot, tulang, pembuluh darah dan jaringan epidermal yang mengakibatkan kerusakan yang berada di tempat yang lebih dalam dari akhir sistem persarafan.

Luka bakar itu sendiri akan menunjukan gejala seperti kulit memerah dan bengkak, rasa sakit yang luar biasa, kulit terlihat basah atau licin dan lembap, kulit melepuh, pada kasus yang parah kulit menghitam atau terbakar hangus, dan lain-lain.

Setiap orang pasti berisiko terkena luka bakar, apalagi mereka yang bekerja berhubungan dengan penggunaan api atau zat-zat yang mudah meledak. Bila Anda mengalami luka bakar, segeralah untuk mengobatinya.

Cara Mengobati Luka Bakar secara Alami

Berikut cara mengobati luka bakar dan cara menghilangkan bekas luka bakar dengan bahan alami:

1. Susu atau yoghurt

Susu bermanfaat untuk membantu meredakan kulit, namun jika Anda menggunakan bahan ini untuk mengobati luka bakar sebaiknya menggunakan susu skim atau susu tanpa lemak. Cara menggunakannya yakni dengan menuangkan susu dingin pada wilayah luka.

2. Air dingin

Salah satu penanganan pertama saat mengalami luka bakar yakni dengan air, Anda dapat mambasuhkan air pada kulit yang mengalami luka bakar. Cara ini bermanfaat untuk meredakan nyeri dan luka pada kulit, selain itu air juga dapat mencegah bertambah parahnya luka bakar. Namun sebaiknya Anda menggunakan air yang sudah matang agar terhindar dari bakteri, namun apabila tidak memungkinkan juga dapat menggunakan air kran biasa. Yang perlu diingat yakni jangan menggunakan es untuk meredakan luka, karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan nadi.

3. Kentang dan mentimun

Bahan alami tersebut dapat menyerap panas dalam kulit anda, selain itu juga dapat menghilangkan iritasi pada kulit Anda. Caranya yakni haluskan kentang dan mentimun yang sudah dikupas dan dicuci hingga bersih, Anda dapat menggunakan blender atau lainnya. Setelah itu oleskan pada bagian luka bakar di kulit, biarkan sampai mengering di kulit kemudian bilas dengan air dingin. Anda juga dapat menggunakan salah satu bahan saja, bisa kentang atau mentimun saja, caranya juga sama saja.

4.Lidah buaya

Bahan ini bermanfaat meredam panas dan sakit pada luka bakar, caranya yakni ambil bagian daging lidah buaya kemudian oleskan pada kulit yang mengalami luka bakar. Selain itu Anda juga dapat menghaluskan daging lidah buaya menjadi salep luka bakar, kemudian dioleskan pada luka bakar.

5. Madu murni

Madu murni juga bisa menjadi salep luka bakar. Selain fakta bahwa madu memiliki umur simpan yang tidak terbatas, madu juga sebagai antimikroba dan antibakteri, membuatnya sangat baik untuk mengobati luka. Madu juga memiliki memiliki sifat-sifat penyembuhan, seperti madu manuka (diproduksi dari semak manuka asli dari Selandia Baru, juga disebut sebagai pohon teh) memiliki konsentrasi tertinggi sifat antimikroba dan antibakteri.

Amy Branum, herbalis dan pendiri Boutique Botanika serta penulis yang berkontribusi dari Dermveda, mencatat bahwa “cara favoritnya untuk menggunakan madu adalah dengan hanya menoleskannya di seluruh luka yang dibersihkan dan tutup dengan perban. Ini bisa diganti 2-3 kali sehari.”

6. Arang aktif

Serlain mampu mencegah infeksi atau membersihkan benda asing dari luka, arang aktif tidak dapat dikalahkan. Aplikasi topikal dengan arang dan ramuan minyak yang diinfuskan sebagai bahan aktif, adalah cara termudah dan paling efektif untuk menerapkannya pada luka. Untuk luka seperti memiliki serpihan yang menempel di kulit, aplikasikan lapisan salep arang ke luka dan tutup dengan perban bersih (lebih baik longgar), setidaknya beberapa jam untuk menarik keluar objek atau infeksi. Meskipun salep menghitamkan luka, namun ini tidak akan menodai kulit atau pakaian.

6. Tea tree

Pengobatan antimikroba dan anti-inflamasi lain yang efektif adalah tea tree, umumnya menggunakan minyak esensial dalam sediaan topikal seperti tincture, salep luka bakar. Antiseptik yang efektif, aplikasi untuk memar atau cedera secara topikal dapat membantu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan.

7. Chamomile

Anti-inflamasi dan antimikroba kuat lainnya adalah chamomile, merupakan ramuan yang sangat baik dan dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit. Menurut Branum, “paling baik digunakan sebagai pencuci atau salep luka bakar pada kulit memerah yang meradang untuk membantu menenangkan iritasi yang membengkak dan menenangkan. Kantong teh chamomile yang dilembapkan dapat diaplikasikan pada luka.”

Itu dia cara mengobati luka bakar dengan bahan alami yang bisa Anda coba di rumah, Teman Sehat!