Begini Cara Mengobati Kencing Nanah

doktersehat masalah dari penis

DokterSehat.Com– Kencing nanah atau gonore merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, dan bagian putih mata (konjungtiva). Gejala kencing nanah awal pada pria biasanya akan timbul dalam waktu 3-10 hari setelah terinfeksi rasa tidak enak pada uretra, beberapa jam kemudian diikuti oleh nyeri saat berkemih dan keluarnya nanah dari penis, penderita kencing manis menjadi sering berkemih dan merasakan desakan untuk berkemih. Lubang penis akan tampak kemerahan dan membengkak, bakteri akan menyebar ke atas sehingga menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada testis.

Melakukan hubungan seksual melalui mulut (oral sex) dengan seseorang yang terinfeksi penyakit ini bisa menyebabkan gonore pada tenggorokan. Biasanya infeksi ini tidak menimbulkan gejala kencing nanah, tetapi kadang menyebakan nyeri tenggorokan dan akan menggangu saat menelan makanan.

Jika cairan yang terinfeksi mengenai mata, maka bisa menyebabkan terjadinya infeksi mata luar (konjungtivitis gonore). Bayi yang baru lahir juga bisa terinfeksi gonore dari ibunya selama proses persalinan sehingga terjadi pembengkakan pada kedua kelopak matanya dan dari matanya keluar nanah. Jika infeksi itu tidak diobati, maka akan menimbulkan kebutaan.

Baca juga: Waspadai 5 Penyakit Menular Seksual Paling Mematikan Ini

Gejala Penyakit Kencing Nanah

  1. Pada pria, gejala awal penyakit kencing nanah biasanya timbul dalam waktu 2-7 hari setelah terinfeksi. Gejalanya berawal dengan rasa tidak nyaman pada uretra dan beberapa jam kemudian diikuti oleh nyeri ketika buang air kecil serta keluarnya nanah dari penis.
  2. Sedangkan pada wanita, gejala awal biasanya timbul waktu 7-21 hari setelah terinfeksi. Penderita seringkali tidak merasakan gejala selama beberapa minggu atau bulan, dan diketahui menderita penyakit tersebut hanya setelah pasangan hubungan seksualnya tertular. Jika penyakit kencing nanah menimbulkan gejala, biasanya bersifat ringan dan mendadak hilang dengan sendirinya. Tetapi beberapa penderita menunjukkan gejala yang berat, seperti desakan untuk berkemih, nyeri ketika berkemih, keluarnya cairan dari vagina, dan demam. Infeksi dapat menyerang leher rahim, rahim, saluran telur, indung telur, uretra, dan rektum serta menyebabkan nyeri pinggul yang dalam ketika berhubungan seksual.
  3. Wanita dan pria homoseksual yang melakukan hubungan seks melalui anus (anal sex) dapat menderita gonore pada rektumnya, biasanya penderita kencing nanah akan merasakan tidak nyaman di sekitar anusnya dan dari rektumnya keluar cairan. Daerah di sekitar anus tampak merah dan kasar, serta tinjanya terbungkus oleh lendir dan nanah.
  4. Hubungan seksual melalui mulut (oral sex) dengan seseorang penderita gonore biasanya akan menyebabkan gonore pada tenggorokan (faringitis gonokokal), umumnya infeksi tersebut tidak menimbulkan gejala namun kadang-kadang menyebabkan nyeri tenggorokan dan gangguan untuk menelan.
  5. Jika cairan yang terinfeksi mengenai mata, maka bisa menyebabkan terjadinya infeksi mata luar (konjungtivitis gonore). Bayi yang baru lahir juga bisa terinfeksi gonore dari ibunya selama proses persalinan sehingga terjadi pembengkakan pada kedua kelopak matanya dan dari matanya keluar nanah. Jika infeksi itu tidak diobati, maka akan menimbulkan kebutaan.

Kencing Nanah Apakah Bisa Sembuh?

Kencing nanah dapat disembuhkan dengan obat yang tepat (antibiotik). Penting untukmenggunakan semua obat yang diberikan dokter atau perawat Anda untuk memastikan infeksi sepenuhnya diobati.

Hubungi pusat kesehatan jika Anda didiagnosis mengidap kencing manis atau gonore, beri tahu siapa pun yang pernah berhubungan seks oral, anal, atau vaginal dalam beberapa bulan terakhir. Dengan cara ini Anda semua akan mendapatkan perawatan gonore dan menghindari masalah serius. Tunggu untuk berhubungan seks sampai Anda menyelesaikan perawatan Anda.

Sementara kencing nanah dapat disembuhkan, semakin sulit diobati, dan obatnya tidak selalu berfungsi. Jika gejala kencing nanah Anda berlanjut selama lebih dari beberapa hari setelah memulai pengobatan, periksaken ke dokter. Penting juga untuk diuji lagi dalam 3 bulan untuk memastikannya hilang.

Baca juga: Penis Keluar Nanah, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Mengobati Kencing Nanah

Saat menunjukkan gejala kencing nanah atau gonore, dokter mungkin merekomendasikan tes untuk gonore selain penyakit lain. Pengujian untuk gonore dapat diselesaikan dengan menganalisis sampel urine atau swab dari area yang terkena. Sampel swab umumnya diambil dari penis, leher rahim, uretra, anus, dan tenggorokan.

Perlengkapan rumah untuk wanita juga tersedia termasuk swab vagina. Kit ini dikirim ke laboratorium dan hasilnya dilaporkan langsung kepada pasien.

Jika tes positif untuk infeksi gonore, individu dan pasangannya perlu menjalani perawatan. Ini biasanya melibatkan:

  • Antibiotik – dokter kemungkinan akan memberikan kedua suntikan (ceftriaxone) dan obat kencing manis berupa obat oral (azitromisin).
  • Berpantang dari hubungan seksual – sampai perawatan selesai, masih ada risiko komplikasi dan penyebaran infeksi.
  • Ulangi pengujian dalam beberapa kasus – tidak selalu perlu diuji untuk memastikan perawatan telah berhasil. Namun, CDC merekomendasikan pengujian ulang untuk beberapa pasien, dan dokter akan memutuskan apakah itu perlu. Pengujian ulang harus dilakukan 7 hari setelah perawatan.

Jika seorang wanita hamil dan terinfeksi dengan kencing nanah, bayi akan diberikan salep mata untuk mencegah penularan gonore. Namun, antibiotik mungkin diperlukan jika infeksi mata berkembang.

 

Cara Menyembuhkan Kencing Nanah di Rumah

Kencing nanah dapat berkembang menjadi kondisi medis yang lebih serius jika tidak diobati. Anda harus menemui dokter untuk perawatan, karena tidak ada pengobatan rumahan.

Berikut cara menangani penyakit kencing nanah:

  • Beritahu pasangan seksual Anda untuk melakukan tes, apakah terinfeksi atau tidak. Pasangan harus melakukan tes sehingga infeksi tidak ditularkan.
  • Uji ulang sendiri untuk infeksi 72 jam setelah Anda menyelesaikan semua penggunaan antibiotik atau jika Anda merasa telah terinfeksi kembali.
  • Uji untuk penyakit menular seksual lainnya, terutama klamidia dan human immunodeficiency virus (HIV).

Baca juga: Penyakit Penis Bernanah, Kenali 3 Penyebabnya

Pencegahan Penyakit Kencing Nanah

  1. Cara yang paling pasti untuk mencegah penyebaran penyakit menular seksual adalah dengan tidak melakukan hubungan seks.
  2. Berhubungan seks secara monogami, pastikan pasangan tidak terinfeksi.
  3. Penggunaan kondon dapat mengurangi risiko penularan penyakit.
  4. Pastikan toilet yang digunakan higienis, hindari penggunaan toilet duduk di tempat umum
  5. Segera obati bila ada keluhan seperti di atas.

Seperti yang telah banyak di ketahui oleh umum khasiat dari kulit manggis telah terbukti mampu menjadi solusi penyembuhan berbagai macam penyakit ringan dan kronis. Kandungan antioksidan yang sangat kuat melebihi antioksidan yang terkandung dalam vitamin C dan E untuk penyembuhan penyakit gonore ini, yang berfungsi sebagai antikanker, antijamur, antiimflamasi, antibakteri, antifungi, antivirus, antifatigue, antivirus, antidepresant, anticadiovaskular, anticholesterol, antidiabetes, antibiotik dan masih banyak lagi sifat kebaikannya yang dapat berperan untuk memberikan kebaikan terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kandungan dari daun sirsak tidak kalah hebatnya dalam daun sirsak terdapat kandungan acetogenins yang mampu menekan dan menghambat pertumbuhan sel kanker secara alami 1000 kali lebih kuat dan baik dibandingkan dengan kemoterapi.