10 Cara Mengobati Kapalan (Tangan & Kaki)

cara-mengobati-kapalan-doktersehat

DokterSehat.Com – Sepertinya hampir semua orang pernah mengalami yang namanya kapalan, entah itu kapalan di tangan atau kapalan di kaki. Kapalan adalah hasil dari reaksi alami tubuh, dalam hal ini kulit, terhadap tekanan atau gesekan yang terjadi secara terus-menerus. Meskipun bukan masalah serius, rasa nyeri pada kapalan tentu sangat mengganggu. Lantas, apa saja cara mengobati kapalan di tangan dan kaki?

Apa Itu Kapalan?

Kapalan adalah kondisi di mana permukaan kulit menebal dan mengeras. Selain itu, area kulit yang mengalami kapalan umumnya juga berwarna kekuningan dan bertambah sensitivitasnya. Jangan lupakan juga rasa nyeri yang ditimbulkan ketika kulit kapalan ini ditekan.

Kapalan (callus) terjadi sebagai bentuk perlindungan kulit apabila kulit mengalami tekanan dan gesekan yang terjadi berulang-ulang. Baik kulit tangan maupun kaki, keduanya sama-sama berisiko untuk mengalami kapalan.

Cara Mengobati Kapalan di Tangan

Kapalan yang terjadi pada tangan dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti aktivitas bermain alat musik gitar, olahraga, dan sebagainya. Anda yang kini sedang mengalami kapalan di tangan, berikut ini adalah sejumlah cara mengobati kapalan di tangan yang bisa dilakukan.

1. Salep Kulit

Cara mengobati kapalan di tangan yang pertama yakni dengan mengoleskan salep untuk kapalan.

Salep untuk kapalan berfungsi melunakkan area kulit tangan yang mengalami kapalan. Guna menunjang hal tersebut, pilih salep kulit yang komposisinya terdiri dari asam salisilat dan urea. Kedua bahan tersebut memang difungsikan untuk mengatasi pelbagai masalah kulit seperti kutil, mata ikan, dan juga kapalan. Asam salisilat bekerja dengan cara mengurai protein dan keratin pada kulit kapalan.

Oleskan salep kulit pada area tangan yang mengalami kapalan (biasanya pada jari tangan) sebanyak 1-3 kali sehari. Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat atau tanyakan pada apoteker perihal dosis yang tepat sesuai kondisi Anda.

2. Callusol

Selain salep, cara mengobati kapalan di tangan adalah dengan menggunakan Callusol untuk kapalan. Callusol adalah obat berbentuk cairan yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit akibat mata ikan, kutil, , tak terkecuali kapalan.

Manfaat Callusol untuk kapalan ini juga dikarenakan obat tersebut mengandung asam salisilat. Oleskan cairan Callusol sebanyak 1-3 kali sehari secara rutin sampai kapalan sembuh.

Pastikan untuk membersihkan area kulit terlebih dahulu sebelum mengoleskan Callusol. Selain itu, gunakan medium kapas atau kain kasa saat mengoleskan Callusol untuk kapalan ini.

3. Air Hangat

Air hangat adalah cara mengobati kapalan lainnya yang bisa Anda terapkan.

Bahkan, menggunakan air hangat oleh American Academy of Dermatology disarankan pertama kali sebelum Anda menggunakan cara mengobati kapalan yang lainnya. Merendam tangan kapalan di dalam air hangat berfungsi untuk melunakkan kulit tangan yang mengeras akibat kapalan.

Rendam tangan Anda di dalam wadah (bisa berupa baskom) berisi air hangat selama kurang lebih 5-10 menit. Setelah selesai, keringkan tangan menggunakan handuk bersih sampai benar-benar kering. Kemudian, Anda bisa secara perlahan menggosok area kulit tangan yang kapalan tersebut sampai terkikis seluruhnya, jangan lupa untuk melakukan cara ini secara rutin.

4. Larutan Garam Epsom

Pada tingkatan yang lebih lanjut, cara mengobati kapalan dengan merendam tangan adalah menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam epsom.

Garam Epsom juga memiliki fungsi yang sama yakni untuk melunakkan kulit kapalan yang tebal dan keras. Larutkan 2-3 sendok makan garam ke dalam baskom yang berisi air hangat kemudian rendam tangan Anda selama kurang lebih 5-10 menit. Setelah itu, gosok kapalan pada kulit secara perlahan sampai kulit mati terkikis seluruhnya.

Lakukan cara ini secara rutin sampai kapalan hilang.

5. Baking Soda dan Air Lemon

Anda juga bisa menggunakan campuran antara baking soda dan air jeruk lemon sebagai cara mengobati kapalan yang terkelupas.

Siapkan wadah baskom berisi air hangat, lalu campurkan beberapa potong jeruk lemon ke dalamnya. Setelah itu, rendam tangan kapalan Anda selama 5-10 menit.

Pengobatan belum berhenti sampai di sini. Tambahkan 1-2 sendok makan baking soda ke dalam air dan tunggu sampai kurang lebih 5 menit. Penambahan baking soda ini bertujuan untuk menambah efektivitas campuran air hangat dan jeruk lemon dalam melunakkan kulit.

Terakhir, seperti biasa singkirkan kulit mati yang sudah lunak secara perlahan sampai semuanya terkikis. Jangan lupa untuk membersihkan tangan Anda setelahnya.

Cara Mengobati Kapalan di Kaki

Kapalan di kaki disebabkan oleh faktor-faktor seperti olahraga sepakbola hingga penggunaan alas kaki yang tidak tepat. Berikut ini adalah cara mengobati kapalan di kaki yang bisa Anda praktikkan secara mandiri.

1. Salep Kulit

Sama seperti cara mengobati kapalan di tangan, cara mengobati kapalan di kaki juga salah satunya dengan mengoleskan salep kulit yang mengandung asam salisilat dan urea.

Oleskan salep kulit pada area kulit kaki yang kapalan secara merata sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Lakukan cara ini dengan konsisten sampai kulit kapalan terkikis.

2. Kikir Kuku

Cara mengobati kapalan di kaki selanjutnya yaitu dengan mengikisnya menggunakan alat kikir kuku.

Perlu diperhatikan, Anda dapat menerapkan cara ini apabila kondisi kulit kapalan sudah melunak. Cara melunakkan kulit kaki kapalan adalah dengan merendamnya di dalam wadah air hangat (bisa dengan dicampur garam, jeruk lemon, dan baking soda).

Setelah kulit kapalan di kaki sudah lunak, kikis kulit kapalan secara perlahan dengan alat kikir kuku sampai semua kulit mati tersebut terkelupas. Jangan lupa untuk membersihkan kaki pasca selesai mengikis kapalan.

3. Bantalan Alas Kaki

Kapalan pada kaki menimbulkan rasa nyeri yang muncul saat Anda sedang menapak dan berjalan. Sembari dalam masa pengobatan kapalan, gunakan bantalan khusus untuk alas kaki untuk meminimalisir rasa nyeri tersebut.

Bantalan ini dapat Anda temui di apotek-apotek terdekat. Tak hanya meminimalisir rasa nyeri saat berjalan, penggunaan bantalan juga berguna untuk mencegah kapalan muncul lagi di kemudian hari. Tanyakan terlebih dahulu pada apoteker mengenai tata cara penggunaan kapalan yang benar.

4. Ganti Sepatu

Kapalan di kaki yang Anda alami mungkin saja disebabkan oleh sepatu yang sudah lama tidak diganti.

Sepatu yang sudah cukup ‘tua’ umumnya mengalami kerusakan di beberapa bagiannya. Bantalan sepatu yang tingkat keempukannya berkurang menyebabkan telapak kaki lebih mudah mengalami tekanan, apalagi jika sedang berjalan di permukaan yang kasar. Pun, ukuran sepatu yang tak lagi sesuai dengan ukuran kaki juga membuat gesekan antara kaki dan sepatu tak terhindarkan.

Jika kaki sudah telanjur kapalan akibat sepatu, maka cara mengobati kapalan yang pertama kali harus Anda lakukan yakni dengan mengganti sepatu saat ini dengan yang baru yang tentunya secara ukuran lebih sesuai, dan bantalan kaki masih sangat empuk.

5. Hentikan Sementara Penggunaan Sepatu Hak

Sepatu dengan hak tinggi tak luput dari penyebab kapalan di kaki.

Apabila selama ini Anda rutin menggunakan sepatu berhak tinggi dan tiba-tiba kaki kapalan, maka cara mengobati kapalan tersebut yaitu dengan tidak menggunakan sepatu hak untuk sementara waktu sampai kapalan benar-benar sembuh. Untuk mencegah kapalan datang lagi, kurangi penggunaan sepatu jenis ini.

Itu dia informasi tentang cara mengobati kapalan pada tangan dan kaki yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Nordqvist, C. 2017. All about corns and calluses.
    https://www.medicalnewstoday.com/articles/172459.php (Diakses pada 16 September 2019)
  2. Watson, K. 2017. How to Get Rid of Calluses. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-calluses#treatments-and-remedies  (Diakses pada 16 September 2019)
  3. Anonim. Corns and Calluses. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/corns-and-calluses/symptoms-causes/syc-20355946#targetText=Corns%20and%20calluses%20are%20thick,and%20calluses%20can%20be%20unsightly (Diakses pada 16 September 2019)
  4. Salicylic acid. http://mims.com/indonesia/drug/info/salicylic%20acid/?type=brief&mtype=generic (Diakses pada 16 September 2019)