5 Cara Mengobati Infeksi Jamur Vagina secara Alami

obat-alami-infeksi-vagina-doktersehat

DokterSehat.Com – Vagina adalah organ paling sensitif dan mudah sekali merespons perubahan. Kalau area di sekitar vagina terlalu panas atau lembap, infeksi akan mudah terjadi. Tak bisa disepelekan, sebagai wanita tentunya harus tahu cara mengobati infeksi jamur vagina.

Cara Alami Mengobati Infeksi Jamur Vagina

Saat jamur masuk ke dalam vagina, pH alami dari rongga kewanitaan akan berubah. Selain itu, ada kemungkinan terjadi rasa gatal, panas, hingga kalau sudah parah bisa sebabkan keputihan patogen. Kalau Anda sering mengalami gatal di area vagina, bisa jadi jamur sedang melakukan infeksi. Solusinya?

Langsung lakukan beberapa cara mengobati infeksi jamur vagina berikut ini:

  1. Menggunakan bawang putih untuk olahan makanan

Bawang putih dikenal sebagai agen anti peradangan dan infeksi. Beberapa luka di kulit terkadang bisa mengering setelah seseorang mengonsumsi bawang putih secara langsung atau diolah dahulu sebagai makanan. Anda bisa mengolah bawang putih sebagai bumbu makanan atau merebusnya dahulu sebelum dimakan.

Setelah mengonsumsi bawang putih dengan jumlah yang cukup, zat anti mikroba akan segera bekerja ke seluruh tubuh. Kalau ada infeksi yang terjadi di vagina, zat akan segera bergerak ke sana dan membunuh jamur atau mikroba lain hingga tuntas tanpa ada efek samping.

  1. Mengompres dan mencuci vagina dengan cuka apel

Cuka apel dikenal baik untuk daya tahan dan juga pencernaan. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi membuat cuka ini sering ditambahkan sebagai bahan obat herba atau zat antiseptik untuk membersihkan kulit atau membunuh jamur atau mikroba yang ada di dalam tubuh termasuk vagina.

Cara pengaplikasian cuka apel untuk mengatasi masalah vagina adalah dengan mencampurnya dengan air hangat. Bak mandi yang berisi air hangat dicampur dengan 8 sendok cuka apel hingga merata. Selanjutnya wanita bisa berendam di sana selama 20 menit agar bisa masuk ke area vagina dan membersihkan jamur yang ada di sana.

  1. Mengoleskan minyak kelapa murni ke vagina

Minyak kelapa murni biasanya terbuat dari kelapa dan bukan kelapa sawit. Warnanya cenderung putih dan agak bening, tidak kekuningan. Minyak kelapa yang sering disebut VCO ini bisa langsung diaplikasikan ke vagina dengan jumlah yang pas. Selanjutnya tunggu selama beberapa saat sebelum meresap dan dibilang hingga bersih.

  1. Mengaplikasikan minyak pohon teh ke vagina

Minyak pohon teh mengandung banyak sekali zat anti jamur dan mikroba. Minyak ini juga mengandung antivirus sehingga bisa diaplikasikan di banyak bagian tubuh termasuk vagina.

Minyak pohon teh biasanya memiliki sifat agak keras. Kalau Anda ingin menggunakannya harus dalam jumlah yang sedikit atau konsentrasinya rendah. Kalau ingin mengaplikasikan, coba konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Biasanya setiap wanita memiliki sensitivitas vagina yang berbeda-beda.

  1. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C

Jamur bisa masuk dengan mudah dan melakukan infeksi karena daya tahan tubuh wanita menurun. Hal ini semakin diperparah lagi dengan flora normal yang sudah semakin menipis. Kalau Anda tidak ingin mendapatkan infeksi yang lebih parah lagi, perbanyak mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C.

Saat kebutuhan vitamin C tubuh terpenuhi, daya tahan akan ikut naik. Radikal bebas yang di dalamnya termasuk jamur akan segera dimusnahkan. Vagina akan lebih sehat secara tidak langsung karena perlindungan berasal dari dalam. Kalau Anda tidak bisa mencukupi kebutuhan vitamin C, gunakan suplemen tambahan.

Inilah beberapa cara mengobati infeksi jamur vagina yang alami. Semoga ulasan di atas bermanfaat!