Penyebab dan Cara Mengobati Gendang Telinga Pecah

Doktersehat-cara-menggunakan-obat-tetes-telinga

Dokter Sehat – Pecahnya gendang telinga adalah suatu kondisi medis dimana infeksi, trauma pada telinga atau paparan suara yang terlampau sering dan keras berakibat pada timbulnya lubang atau robekan pada gendang telinga, yang menyebabkan tuli.

Biasanya penyebab gendang telinga pecah adalah infeksi telinga tengah, infeksi dapat disebabkan oleh virus, bakteri atau jamur. Tekanan cairan pada telinga tengah meningkat ketika terinfeksi, meregangkan gendang telinga dan menyebabkan rasa nyeri di telinga. Ketika gendang telinga tidak mampu lagi meregang, gendang telinga kemudian pecah dan kemungkinan bakteri untuk masuk ke telinga tengah.

Gejala Gendang Telinga Pecah

Bagaimana cara mengetahui kesehatan gendang telinga kita? berikut ini ciri-ciri gendang telinga pecah yang perlu Anda ketahui:

  1. Tiba-tiba telinga terasa sakit yang biasanya hilang dengan cepat
  2. Penuh nanah atau berdarah di telinga
  3. Hilang pendengaran
  4. Denging di telinga (tinnitus)
  5. Sensasi (vertigo) yang biasanya hilang dengan cepat
  6. Mual atau muntah akibat vertigo

Penyebab Gendang Telinga Pecah 

1. Infeksi telinga tengah

Infeksi telinga tengah atau otitis media, seseorang yang terinfeksi di telinga tengah sering menyebabkan akumulasi cairan di telinga tengah. Tekanan dari cairan ini dapat menyebabkan gendang telinga pecah.

2. Barotrauma

Barotrauma adalah tekanan yang diberikan pada gendang telinga ketika tekanan udara di telinga tengah dan tekanan udara di lingkungan tidak seimbang. Jika tekanan tinggi, gendang telinga bisa pecah.

3. Trauma suara

Suara keras atau ledakan (trauma akustik), atau seperti suara tembakan pada dasarnya gelombang suara yang sangat kuat dapat menyebabkan getaran kuat di gendang telinga.

4. Benda kecil  

Benda-benda kecil seperti kapas atau jepit rambut bisa menusuk atau merobek gendang telinga.

5. Cedera parah

Cedera yang parah, seperti fraktur tengkorak, dapat menyebabkan dislokasi atau kerusakan pada telinga bagian dalam struktur, termasuk gendang telinga.

Cara Mengobati Gendang Telinga Pecah

Jelly Gamat Gold-G merupakan produk herbal masa kini yang telah terdaftar di BPOM RI TI 11464572, bersetifikat HALAL dari Malaysia JAKIM (22.00)/492/2/1 010-10/2004 sebagai obat multikhasiat yang aman dikonsumsi karena tidak menyebabkan efek samping dan ketergantungan.

Jelly Gamat Gold-G terbuat dari ekstrak hewan laut yaitu teripang atau gamat emas spesies terbaik dari 1000 spesies lain, spesies yang terpilih adalah spesies Golden Stichopus Variegatus yaitu spesies yang memiliki kandungan Gamampeptide (yang tidak ditemukan pada spesies lain) bermanfaat untuk mencegah inflamasi, mengurangi rasa sakit, 3x lebih cepat menyembuhkan luka, mengaktifkan pertumbuhan dan mengaktifkan sel-sel , menstabilkan emosi dan memelihara sirkulasi darah.

Khasiat teripang sangat bagus untuk kesehatan kulit dan serta gangguan saraf yang rusak, salah satunya saraf pada gendang telinga. Khasiat teripang sangat berkhasiat sebagai obat multikhasiat dan sebagai antiseptik yang sangat baik, teripang dapat memperbaiki sel-sel yang rusak dan melindungi sel sehat dalam tubuh, dan mempercepat memperbaiki sel rusak pada gendang telinga pecah.

Berdasarkan hasil penelitian, masih ada kandungan aktif lainnya yang bermanfaat untuk mengobati gendang telinga yang pecah, kandungannnya antara lain: Protein 86,8 %, Kolagen 80,0%, Mineral. Mukopolisakarida, Glucasaminoglycans (GAGs), Antiseptik alamiah, Glucosamine dan chondroitin, Saponin, Omega 3,6 dan 9, Asam amino, Lektin, Vitamin dan mineral.

Kandungan asam amino pada Jelly Gamat Gold G mampu memperbaiki sel mukosa infeksi telinga yang telah rusak akibat dari penyakit radang telinga sehingga sel mokosa akan kembali pulih seperti sebelumnya, selain itu, Jelly Gamat Gold G berperan sebagai antiseptik alamiah yang mana antiseptik alamiah ini merupakan suatu zat yang dapat mencegah bakteri penyebab terjadinya infeksi telinga atau gendang telinga pecah dan juga dapat meregenerasi sel dengan cepat dapat membantu mempercepat membentuk gendang telinga secara utuh.