Cara Mengobati Gatal pada Kulit

gatal-doktersehat_1147672529

DokterSehat.Com– Pruritus atau gatal-gatal adalah suatu perasaan yang secara otomatis membuat tangan menggaruk area kulit. Menggaruk kulit secara terus menerus bisa menyebabkan kemerahan dan goresan dalam pada kulit. Lantas adakah obat gatal yang bisa menyembuhkan kondisi tersebut?

Sebelum membahas pengobatan gatal, mari kita simak apa saja penyebab gatal pada kulit.

Penyebab gatal yang biasa menyerang kulit bisa bermasam-macam, yang paling ringan dan sering terjadi adalah akibat digigit serangga atau digigit nyamuk, alergi makanan, alergi cuaca, juga alergi bulu.

Sementara penyebab gatal akibat bermasalah dengan kulit dan kebersihan seperti kudis, eksim, panu, dan sejenisnya dan inipun dalam proses pengobatanya tentu berbeda. Bagaimanpun juga keberadaan penyakit gatal-gatal meski Anda anggap sepele jika dibiarkan dan cuma menggaruknya saja akan berdampak kurang baik pada permukaan kulit, bisa jadi kulit menjadi iritasi, terluka dan berpeluang menciptakan penyakit baru pada kulit.

Kenapa demikian? karena alat untuk menggaruk berupa kuku tersebut tidak lepas dari faktor kotoran dan virus, apalagi yang jarang memerhatikan kebersihan kuku.

Cara mengobati gatal-gatal dengan sederhana untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit bisa saja menggunakan media minyak sebagai penghilang gatal, seperti minyak kayu putih, balsem, dan sejenisnya yang tak asing di pasaran, namun jika cara tersebut kurang membuahkan hasil maka solusi cerdas terbaik adalah menggunakan media ramuan herbal yang tidak perlu diragukan keamanannya apalagi khasiatnya telah dibuktikan manusia sebelum kita ada, siapa dia yaitu nenek moyang kita.

Lalu apa saja bahan dan ramuan herbal yang bisa mengatasi gatal-gatal, dan bagaimana pula cara meramunya?

Cara Mengobati Gatal

Simak cara mengobati gatal degan alami berupa obat topikal, seperti nberikut ini:

1. Menggunakan daun salam

Cara menghilangkan gatal yang pertama adalah daun salam, selain untuk penambah peyedap rasa masakan juga bisa difungsikan sebagi obat gatal. Caranya, ambil dan cuci beberapa lembar daun salam kemudian lumatkan, lalu tempel pada bagian yang terkena gatal, lakukan stiap saat jika gatal menyerang, sebaiknya ganti 2 hingga 3 kali sehari.

2. Menggunakan daun biduri dan minyak kelapa

Perpaduan daun biduri dan minyak kelapa ternyata juga bisa mengobati gatal, caranya daun biduri diolesi minyak kelapa, layukan di atas perapaian, lalu tempelkan daun biduri pada kulit yang gatal, ulangi beberapa kali hingga gatal yang menyerang hilang. Sebelum menempelkan pada bagian yang gatal sebaiknya bersihkan kulit terlebih dahulu.

3. Menggunakan daun mahkota dewa

Caranya ambil beberapa lembar daun mahkota dewa lalu giling sampai halus, kemudian balurkan pada kulit yang gatal.

4. Menggunakan bulit batang kamboja

Caranya giling kulit batang kamboja sampai halus kemudian balurkan pada kulit yang gatal.

5. Menggunakan minyak goreng dan garam

Media obat ini sangat familiar bagi ibu-ibu rumah tangga dan mungkin belum banyak yang tahu akan manfaat lain selain untuk memasak. Ternyata kombinasi minyak goreng dan garam bisa menyebuhkan penyakit gatal, bagaimana caranya?

Ambil minyak goreng baru (bukan jelantah atau bekas menggoreng), lalu campur dengan sedikit garam kemudian oleskan pada kulit yang menderita gatal-gatal.

6. Menggunakan air kelapa hijau

Cara menghilangkan gatal selanjutnya adalah air kelapa. Di antara penyebab alergi yang kerap timbul biasanya diakibatkan oleh karena faktor makanan seperti makan telur, ikan laut, lele, susu, kerang, dan lainya. Kecenderungan lain adalah karena terkait cuaca atau suhu udara dalam ruangan dan tidak lepas oleh faktor genetika.

Mengatasi gatal dengan air kelapa hijau caranya mudah, yakni campurkan air kelapa hijau dengan madu asli, minum berturut-turut selama 3 hari, gatal Anda akan reda bahkan bisa sembuh, Teman Sehat!

Sedangkan untuk mengatasi penyakit gatal pada kulit yang disebabkan oleh alergi tentu Anda harus dicermati faktor apa yang menjadi pemicunya, dan solusi terbaik adalah menghindari yang menjadi biang kerok alergi itu sendiri sehingga langkah ini cukup efisien mencegah tibulnya alergi.