Terbit: 2 Juni 2021 | Diperbarui: 9 Juni 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Ada banyak cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal, mulai dari yang alami hingga medis. Gatal pada bintik merah di kulit akan menyebabkan ketidaknyamanan yang dapat mengganggu aktivitas dan penampilan. Untuk itu, selengkapnya simak cara mengobatinya di bawah ini! 

10 Cara Mengobati Bintik Merah pada Kulit Disertai Gatal (Alami dan Medis)

Cara Mengobati Bintik Merah pada Kulit Disertai Gatal

Selain gatal-gatal pada bintik merah di kulit, juga muncul pembengkakan, berair, nyeri, atau. Kondisi ini biasanya dapat terjadi akibat berbagai kondisi, mulai dari jerawat hingga alergi. Karena penyebabnya banyak, penting untuk menentukan pengobatan yang tepat mengobatinya, baik yang alami maupun medis.

Berikut ini daftar cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal:

1. Kompres Dingin

Menerapkan kompres dingin adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk mengatasi bintik merah yang terasa gatal di kulit. Baik kompres dingin maupun mandi air dingin, air dingin dapat segera meredakan dan menghentikan pembengkakan, meredakan gatal, dan memperlambat perkembangan bintik merah.

Untuk meredakan bintik merah yang menutupi hampir seluruh tubuh, cobalah mandi air dingin atau pancuran air juga dapat membantu meredakan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Suhu dingin membatasi aliran darah ke area peradangan. Saat menerapkan kompres dingin pada bintik merah, ini membantu mengurangi pembengkakan, peradangan, dan menghentikan rasa gatal dengan segera.

2. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Sejah dahulu, aloe vera telah menjadi salah satu bahan alami yang bagus untuk kesehatan, perawatan kulit, pengobatan luka kecil. Selain mengobati luka, aloe vera juga sebagai antiinflamasi, antimikroba, antivirus, dan antioksidan.

Lidah buaya mengandung vitamin B12, kalsium, magnesium, zinc, vitamin A, C, E, dan asam lemak esensial. Bahan herbal ini juga mengandung enzim, karbohidrat, dan sterol, yang memberikan efek anti-inflamasi.

3. Minyak Kelapa

Selain sebagai pelembap kulit, pereda iritasi, dan mencegah infeksi atau alergi, manfaat minyak kelapa juga menjadi salah satu cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal. Ini karena minyak kelapa tinggi lemak jenuh (asam laurat), memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi, dan melindungi kulit dari radiasi ultraviolet (UV).

4. Mandi Oatmeal

Sejak dahulu, oatmeal bermanfaat untuk mengobati banyak kondisi kulit, mulai dari eksim hingga luka bakar. Oatmeal juga bisa membantu meredakan gatal pada bintik merah. Oatmeal bekerja sebagai antiinflamasi dan antioksidan untuk meredakan gatal-gatal, kulit kering dan kasar.

Cara menggunakanya, Anda harus menggiling oatmeal dengan blender sampai halus, dan tambahkan sebanyak 1 cangkir oatmeal ke dalam bak air mandi. Kemudian berendamlah selama 15 menit. Setelah berendam, bilas dengan air bersih dan keringkan badan dengan handuk bersih.

5. Tea Tree Oil

Minyak esensial ini bermanfaat untuk antiseptik dan antiinflamasi Penelitian di tahun 2006 dalam American Society of Microbiology menjelaskan bahwa sifat antimikroba dari tea tree oil dan mengapa minyak ini menjadi pengobatan yang efektif untuk kulit berjerawat. Tea tree oil juga berkhasiat sebagai perawatan kulit, termasuk bintik merah yang terasa gatal.

Tea tree oil bekerja melawan infeksi bakteri, virus, jamur, dan protozoa pada kulit. Terpen (hidrokarbon tak jenuh) dalam minyak pohon teh dapat memecah sel bakteri.

Penggunaan tea tree oil harus berhati hati, karena minyak sangat kuat dan dapat mengiritasi jika menyentuh kulit tanpa mengencerkannya dalam krim atau minyak.

Baca Juga: Bintik Merah pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya

6. Mentimun

Sifat mendinginkan dan menenangkan dari mentimun dapat meredakan peradangan atau nyeri. Saat meresap jauh ke dalam kulit, kedua sifat ini dapat membantu mengurangi bintik-bintik merah yang meradang.

Cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal dengan mentimun sangat mudah. Anda bisa meletakkan irisan mentimun tipis pada kulit yang terkena, atau menggunakan jus mentimun segar dan mengoleskannya ke bintik-bintik di kulit.

Untuk memastikan jus meresap jauh ke dalam kulit, pijatkan jus pada kulit secara lembut guna mendapatkan hasil yang lebih cepat. Anda dapat menglangi cara ini beberapa kali seminggu untuk hasil terbaik.

7. Antihistamin

Antihistamin dapat Anda gunakan untuk meredakan bintik merah yang terasa gatal. Obat ini tersedia dalam bentuk salep (topikal) dan obat minum yang bisa Anda dapatkan secara bebas di apotek. Namun, jika kondisinya berat mungkin perlu mendapatkan resep dari dokter.

Obat ini bekerja dengan cara menghentikan atau mencegah pelepasan histamin, zat tertentuk di dalam tubuh yang memengaruhi pembuluh darah dan kulit.

8. Calamine

Obat pereda nyeri dan krim antigatal dapat membantu meringankan beberapa ketidaknyamanan, seperti gatal pada bintik merah di kulit. Krim antigatal yang bisa Anda gunakan adalah calamine.

Calamine mengandung kombinasi oksida seng dan oksida besi yang sering kali untuk menghilangkan rasa sakit dan gatal akibat iritasi tanaman atau gigitan serangga. Obat ini juga ampuh untuk mengeringkan ruam atau bintik merah yang melepuh dan sebagai zat antiiritasi.

9. Kortikosteroid

Salep kulit gatal dengan kandungan kortikosteroid biasanya untuk mengurangi pembengkakan, gatal-gatal, dan kemerahan akibat tanaman beracun, gigitan serangga, alergi, eksim, dan dermatitis. Salep kulit gatal ini hanya membantu mengurangi gatal yang merespon terhadap kortison. Jika menggunakan obat ini selama lebih dari 10 hari namun masih merasa gatal, segera periksakan ke dokter.

10. Periksa ke Dokter

Penting untuk mengunjungi dokter jika bintik merah atau ruam yang terasa gatal terjadi dengan gejala berikut:

  • Sakit tenggorokan.
  • Nyeri pada persendian
  • Baru saja mengalami gigitan hewan atau serangga.
  • Garis-garis merah di dekat ruam.
  • Area lembut di dekat ruam.
  • Bernanah.

Meskipun sebagian besar bintik merah atau ruam bukanlah penyebab utama yang perlu Anda khawatirkan, tetapi segera memeriksakannya ke rumah sakit jika mengalami gejala berikut:

  • Perubahan warna pada kulit yang begitu cepat.
  • Kesulitan bernapas atau merasa seperti tenggorokan menutup.
  • Peningkatan rasa sakit atau sakit yang berat
  • Demam tinggi.
  • Kebingungan
  • Pusing
  • Pembengkakan pada wajah atau kaki.
  • Sakit berat di leher atau kepala.
  • Muntah atau diare berulang.

Baca Juga: 12 Penyebab Muka Merah yang Paling Umum Terjadi

Mengatasi Bintik Merah di Kulit dengan Perubahan Gaya Hidup

Ruam atau bintik merah yang gatal muncul dalam berbagai bentuk dan berkembang karena berbagai penyebab. Selain cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal yang dijelaskan di atas, ada beberapa perubahan gaya hidup yang mempercepat pemulihan dan meringankan ketidaknyamanan di kulit.

Berikut ini cara mengatasi bintik merah yang terasa gatal dengan perubahan gaya hidup:

  • Menggunakan sabun yang lembut dan tidak beraroma. Sabun ini efektif untuk kulit sensitif atau kulit bayi.
  • Pastikan mandi dengan air hangat dan jangan menggunakan air panas.
  • Biarkan ruam bernapas dan jangan menutupnya dengan perban.
  • Jangan menggosok ruam atau bintik merah sampai kering.
  • Jika ruam atau bintik merah kering, misalnya pada eksim, gunakan pelembap tanpa pewangi.
  • Jangan menggunakan kosmetik atau lotion apa pun yang dapat menyebabkan ruam.
  • Jangan menggaruk untuk mengurangi risiko infeksi.

 

  1. Agarwal, Anjali. 2019. Got Red Spots On Your Skin? Here Are 9 Natural Ways to Deal with Them. https://www.bebeautiful.in/all-things-skin/skin-concerns-red-spots-on-skin (Diakses pada 2 Juni 2021)
  2. Goldman, Rena. 2018. 10 Common Causes of Red Spots on the Skin. https://www.healthline.com/health/skin/red-spots-on-skin (Diakses pada 2 Juni 2021)
  3. Hecht, Marjorie. 2019. 10 Easy Home Remedies for Rashes. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-rashes (Diakses pada 2 Juni 2021)
  4. Karkala, Pooja. 2020. How To Get Rid Of Red Spots On The Skin: 6 Home Remedies And Tips. https://www.stylecraze.com/articles/simple-ways-to-remove-red-spots-on-skin/ (Diakses pada 2 Juni 2021)
  5. Newman, Tim. 2018. What is causing my rash?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317999#home-remedies (Diakses pada 2 Juni 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi