7 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami

cara-menghilangkan-uban-doktersehat

DokterSehat.Com – Uban atau rambut yang sudah berubah warna menjadi menjadi keabu-abuan hingga putih sering kali dikaitkan dengan gejala penuaan. Tapi pada kenyataannya, banyak juga orang yang sudah memiliki uban di usia yang masih relatif muda. Hal ini seringkali membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dan ingin mencari cara menghilangkan uban dengan cepat.

Pada dasarnya kemunculan rambut putih ini memang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain disebabkan oleh penuaan, uban juga bisa muncul akibat rambut kekurangan vitamin, stres, faktor genetik, penggunaan bahan kimia, dan kurangnya asam folat dalam tubuh.

Daftar Cara Menghilangkan Uban Secara Alami & Cepat

Banyak orang yang memilih untuk mewarnai rambut dengan cat rambut sebagai cara mmengatasi uban. Tapi jika ingin menggunakan metode yang lebih aman, berikut 7 cara menghilangkan uban secara alami yang bisa Anda gunakan!

1. Minyak Kelapa dan Lemon

Cara mengatasi uban yang pertama adalah menggunakan campuran minyak kelapa dan lemon. Minyak kelapa mengandung banyak vitamin E, vitamin K, dan juga zat besi yang bisa membantu untuk merangsang regenerasi sel pada batang rambut. Kandungan vitamin C dalam lemon juga tidak kalah penting untuk kesehatan rambut.Mencapurkan minyak kelapa dengan lemon juga akan membantu memberikan aroma yang lebih segar dibandingkan jika Anda hanya menggunakan minyak kela saja.

Cara penggunaannnya adalah dengan mencampurkan perasan satu buah lemon dengan 5 sendok minyak kelapa. Aduk rata dalam sebuah wadah, lalu aplikasikan ke seluruh rambut sembil memijat lembut kulit kepala. Diamkan selama 10 hingga 30 menit agar minyak meresap di rambut, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah terkenal memiliki khasiat untuk membuat rambut lebih tebal dan juga hitam. Kandungan vitamin dan asam lemak dalam minyak kemiri membuat minyak kemiri sering kali dijadikan bahan untuk produk sampo dan juga kondisioner. Ternyata minyak kemiri juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan uban.

Anda bisa menggunakan produk minyak kemiri yang ada di pasaran atau membuat minyak kemiri sendiri di rumah. Cara membuat minyak kemiri adalah dengan membakar kemiri hingga gosong, kemudian tumbuk dan peras minyaknya. Aplikasikan minyak kemiri sebagai masker rambut sebelum Anda tidur dan bilas di pagi hari.

3. Cara mengatasi uban dengan Kulit Kentang

Tahukah Anda bahwa kulit kentang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi uban. Pati dalam kentang berguna sebagai pewarna alami rambut. Caranya adalah dengan menampurkan satu gelas kulit kentang bersih dengan dua gelas air, kemudian rebus selama kurang lebih 25 menit.Setelah itu saring kentang dan diamkan air hingga mendingin.

Jika Anda kurang menyukai aroma dari cairan tersebut, Anda bisa mencampurkannya dengan sedikit minyak esensial. Aplikasikan cairan tersebut pada rambut setelah Anda kemaras. Anda bisa menggunakan tangan secara langsung atau menggunakan sikat seperti mengaplikasikan cat rambut. Lakukan beberapa minggu sekali hingga mendapatkan warna rambut yang Anda inginkan.

baca juga : 3 Jenis Vitamin yang Bisa Cegah Tumbuhnya Uban

4. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji terkenal memilki banyak khasiat untuk kesehatan seperti mengatasi diare hingga menaikkan trombosit. Di sisi lain, daun jambu ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk perawatan rambut. Kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi dalam daun jambu mampu memperkuat rambut dan mempertahankan pigmentasi rambut.

Cara menghilangkan uban dengan daun jambu adalah dengan cara menumbuk beberapa helai daun jambu hingga halus dan campurkan dengan sedikit air. Kemudian balurkan campuran tersebut ke seluruh rambut dan kulit kepala sambil dipijat halus. Diamkan rambut selama setengah jam, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan paling tidak dua kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Bawang Bombay

Kandungan enzim katalase yang tinggi dalam bawang bombay mampu menghilangkan hidrogen peroksida yang merupakan salah satu penyebab tumbuhnya uban. Kandungan vitamin dan senyawa lainnya dalam bawang juga sangat baik untuk menghindarkan rambut dai masalah kerontokan hingga ketombe. Cara mengatasi uban dengan bawang bombay adalah dengan cara memarut bawang kemudian menyaringnya. Balurkan jus bawang ke seluruh rambut, lalu bungkus kelapa menggunakan handuk atau shower cap. Diamkan hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih dan juga sampo.

6. Cara menghilangkan uban dengan Bunga Sepatu

Bahan alami lain yang dipercaya ampuh untuk mengatasi uban adalah bunga sepatu atau kembang sepatu. Kandungan polifenol dan juga saponin dalam kembang sepatu mampu membantu untuk mengatasi uban. Salah satu cara menghilangkan uban dengan kembang sepatu adalah dengan mencampurkan bunga sepatu dengan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak kemiri.

Panaskan salah satu jenis minyak tersebut, kemudian campurkan dengan beberapa lembar kelopak bunga sepatu. Setelah minyak dingin, oleskan minyak tersebut ke seluruh kepala dan diamkan hingga 30 menit. Kemudian bilas rambut dengan sampo dan air bersih.

7. Konsumsi Makanan dengan Asam Folat Tinggi dan Vitamin B12

Selain menggunakan cara mengatasi uban dari luar, Anda juga bisa membarenginya dengan perawatan dari dalam. Kekurangan asam folat dan juga vitamin B12 bisa menjadi salah satu faktor munculnya uban. Konsumsi lebih banyak makanan dengan asam folat dan vitamin B12 akan sangat membantu untuk menjaga pigmentasi rambut.

Asam folat bisa Anda dapatkan dari sayur-sayuran seperti hijau, brokoli, bayam, dan kubis serta buah-buahan seperti alpukat, buah bit, pepaya, pisang. Sementara asupan vitamin B12 yang tinggi dapat Anda dapatkan dari konsumsi daging hewan, ikan, kerang, dan juga sereal.

Nah, itulah 7 cara menghilangkan uban secara alami yang bisa kamu lakukan. Mulai terapkan dan dapatkan kembali rambut hitam Anda seperti dahulu.