7 Cara Menghilangkan Tompel dengan Cepat dan Alami

tompe-doktersehat

DokterSehat.Com – Bercak berwarna merah gelap atau kebiru-biruan di kulit biasa disebut dengan tompel. Tompel biasanya muncul ketika seseorang lahir sehingga sering disebut sebagai tanda lahir. Tapi sebenarnya tompel juga bisa muncul setelah kelahiran, namun potensi munculnya tompel memang umumnya berkurang seiring dengan bertanmbah tuanya seseorang.

Tompel sendiri sebenarnya merupakan salah satu jenis tahi lalat dengan ukuran besar. Penyebab munculnya tompe adalah karena adanya kehadiran kelompok sel berpigmen di kulit. Pada beberapa kasus, tompel yang muncul sebagai tanda lahir biasanya semakin lama akan semakin memudar dan mengecil. Tapi tidak jarang juga ditemukan tompel yang berkembang bahkan hingga ditumbuhi bulu.

Hadirnya tompel di bagian tubuh yang tidak terlihat tentunya tidak akan mengganggu, tapi berbeda cerita dengan tompel di wajah. Tompel di wajah yang semakin membesar tentunya bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Sebelum menempuh cara menghilangkan tompel secara medis, Anda bisa mencoba 7 cara menghilangkan tompel secara alami berikut ini!

Getah Bunga Kamboja

Cara menghilangkan tompel yang pertama adalah menggunakan getah bunga kamboja. Tanaman kamboja adalah tanaman yang sangat mudah ditemui karena banyak tumbuh di area pemakaman dan juga banyak dijadikan sebagai tanaman hias di rumah. Kandungan senyawa sejenis karet seperti triterpenoid amyrin, lupeol, dan kautscuk dalam getah kamboja ampuh untuk membantu menghilangkan tompel.

Cara mengunakannnya adalah dengan memotong-motong bunga kamboja lalu mengambil getahnya dengan kapas atau cotton bud. Lalu oleskan kapas atau cotton bud tersebut pada bagian tompel di wajah dan biarkan menyerap. Hati-hati ketika mengaplikasikan getah kamboja karena jika terkena kulit bisa menimbulkan rasa gatal.

Jus Nanas

Cara menghilangkan tompel di wajah selanjutnya adalah menggunakan jus nanas. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas sangat bagus untuk menurunkan pigmentasi kulit dan juga membantu regenerasi kulit.

Cara menghilangkan tompel dengan nanas adalah dengan cara membuat jus nanas tanpa gula dan air. Balurkan jus nanas dia atas tompel sambil digosok perlahan seperti menggunakan scrub. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu kemudian bilas dengan air bersih.

Cuka Apel

Cuka apel dikenal memiliki banyak khasiat bagi kulit dan juga rambut. Ternyata cuka apel juga bisa menjadi salah satu pilihan cara menghilangkan tompel. Cara menggunakan cuka apel untuk menghilangkan tompel di wajah adalah dengan cara mengaplikasikan cuka apel secara langsung pada tompel menggunakan kapas atau cotton bud. Anda bisa melakukan cara yang satu ini setiap malam sebelum tidur.

Cara lainnya adalah dengan mencampurkan cuka apel dengan air hangat. Kemudian kompres tompel di wajah selama 30 menit menggunakan campuran tersebut. Lakukan cara ini setiap hari hingga warna tompel memudar.

Kapur Sirih dan Sabun Colek

Campuran kapur sirih dan sabun colek juga dikenal ampuh menghilangkan tompel di wajah. Namun cara yang satu ini sebaiknya tidak digunakan oleh Anda yang memiliki kult sensitif karena kandungannya yang cukup keras dan bisa menyebabkan iritasi kulit.

Campurkan kapur sirih, sabun colek dan sedikit air hangat hingga membentuk pasta. Aplikasikan pasta tersebut pada tompel Anda. Campuran ini akan menimbulkan efek seperti melepuh di kulit pada keesokan harinya. Usahakan untuk tidak menyentuh bagian kulit tersebut dan biarkan tompel akan mengering dan terkelupas dengan sendirinya dari kulit.

Jeruk Nipis dan Delima

Cara menghilangkan tompel selanjutnya adalah dengan menggunakan masker buah delima dan jeruk nipis. Kedua buah ini sama-sama mengandung vitamin C tinggi yang baik untuk merawat kulit dan juga mengontrol kadar melanin kulit.

Cara membuatnya adalah dengan menumbuk biji delima, lalu mencapurkannya dengan perasan jeruk nipis. Kemudian aplikasikan masker tersebut pada tompel sebelum tidur, baru kemudian bilas di pagi hari. Lakukan setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Minyak Zaitun

Selain mampu untuk menjaga kelembaban kulit dan mengatasi jerawat, Anda juga bisa mencoba minyak zaitun sebagai salah satu alternatif untuk menghilangkan tompel di wajah. Oleskan minyak zaitun pada tompel sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari, lalu bilas dengan air bersih setelah didiamkan selama kurang lebih 10 menit. Jika Anda tidak merasa rishi, Anda juga bisa membiarkan minyak zaitun menyerap dengan sendirinya ke dalam kulit.

Minyak Jarak

Minyak jarak atau minyak kastrol memilki berbagai khasiat untuk kesehatan. Sebagai obat luar, minyak jarak dipercaya dapat menyembuhkan abses, bisul, hingga tumor. Maka dari itu, Anda juga bisa mencoba minyak jarak sebagai salah satu cara menghilangkan tompel. Cara aplikasi minyak jarak sebagai penghilang tompel sama seperti penggunaan minyak zaitun.

Cara menghilangkan tompel secara alami memang praktis dan aman dilakukan, namun sebagian cara tersebut membutuhkan waktu untuk menujukkan hasil. Jika Anda perlu menghilangkan tompel karena merasa tompel menunjukkan gejala bahaya, sebaiknya diskusikan dengan dokter untuk mengambil tindakan seperti bedah atau metode laser untuk menghilangkan tompel.