3 Cara Menghilangkan Tato yang Aman Secara Medis

cara-menghilangkan-tato-doktersehat

DokterSehat.Com – Tato yang dulunya dianggap sesuatu yang seram kini sudah menjadi sebuah karya seni yang lumrah di masyarakat. Trend tato juga semakin meluas setiap harinya. Prosedur pemasangan tato juga semakin lama semakin canggih dan juga tidak semenyakitkan dulu. Hal ini juga lah yang membuat banyak orang penasaran untuk mentato tubuhnya.

Keputusan untuk membuat tato permanen sebenarnya bisa menjadi sebuah dilema. Sering kali ditemukan kasus hasil tato yang kurang memuaskan atau pun rasa menyesal telah memasang tato permanen setelah beberapa waktu. Mau tidak mau, Anda harus mencari cara menghilangkan tato permanen tersebut.

Tidak seperti tato temporer yang bisa dihapus dengan mudah atau bisa terhapus sendiri pada jangka waktu tertentu, penghapusan tato permanen membutuhkan waktu yang lama dan juga prosedur yang cukup rumit.

Cara menghilangkan tato permanen juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun berbagai alasan tersebut tidak seharusnya membuat seseorang memilih jalan pintas dan memilih cara menghapus tato yang tidak disarankan secara medis.

Daftar Cara Menghilangkan Tato Permanen yang Aman

Terdapat 3 pilihan cara menghilangkan tato permanen yang dianggap aman secara medis, berikut penjelasannya!

1. Dermabrasi

Cara menghilangkan tato yang pertama adalah dengan teknik dermabrasi. Dermabrasi adalah sebuh teknik pengikisan permukaan kulit dengan sebuah alat yang disebut dengan sikat abrasif. Tujuannya adalah mengangkat kulit terluar wajah.

Sebelum proses dermabrasi, dibutuhkan anestesi untuk mengurangi rasa sakit. Dermabrasi umumnya hanya dapat memudarkan warna tato, namun tidak menghapus tato sepenuhnya. Hal ini yang membuat prosedur dermabrasi kurang diminati dibandingkan dengan metode lainnya.

2. Pengangkatan Jaringan Kulit

Cara menghilangkan tato yang kedua adalah dengan operasi pengangkatan jaringan kulit. Langkah operasi pengangkatan jaringan kulit dimulai dengan bius lokal, kemudian bagian kulit yang bertato akan dibedah dan diangkat. Setelah itu, kulit akan dijahit agar menyatu kembali.

Setelah operasi selesai dilakukan, kulit akan dioberikan obat oles untuk mempercepat penyumbuhannya. Prosedur menghapus gambar tato yang satu ini disarankan untuk menghapus tato yang berukuran kecil saja karena akan meninggalkan bekas luka berupa jaringan parut.

Jika Anda memilih prosedur ini untuk menghapus tato yang cukup besar, maka akan muncul bekas luka yang cukup besar di permukaan kulit. Hal ini tentunya bisa mengganggu penampilan Anda.

3. Laser

Cara menghapus tato permanen yang ketiga adalah cara menghapus tato yang paling populer dan banyak dipilih. Teknik laser adalah teknik menghapus tato dengan menggunakan sinar berintensitas tinggi. Prosedur ini bisa menimbulkan rasa sakit tetapi bisa juga tidak, bergantung pada bagian kulit tempat tato berada. Pada bagian kulit tertantu, anestesi tidak diperlukan untuk teknik menghapus tato yang satu ini.

Cara menghapus tato dengan laser memungkinan Anda untuk melakukan prosedur ini lebih dari satu kali, tergantung pada warna yang besarnya tato Anda. Proses laser juga dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti kulit melepuh, bengkak, hingga pendarahan. Efek samping ini bisa diatasi dengan salep antobiotik.

Efek samping lain dari teknik laser untuk menghapus tato adalah munculnya jaringan parut dan adanya hipopigmentasi atau hiperpigmentasi yang membuat warna kulit bekas tato memiliki warna yang berbeda dari kulit asli Anda.

baca juga : Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membuat Tato

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menghapus Tato

Tiga cara di atas memang merupakan cara yang aman secara medis untuk menghapus tato. Tapi sebelum memilih cara menghapus tato yang bisa Anda pilih, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan!

  • Konsultasikan dengan dokter ahli kulit cara menghapus tato mana yang paling baik untuk Anda.
  • Persiapkan mental dan fisik dengan baik karena prosedur menghapus tato bisa lebih menyakitkan dibandingkan dengan ketika Anda memasang tato.
  • Pahami segala risiko dan juga efek samping dari cara menghilangkan tato yang akan Anda pilih.
  • Jangan pernah melakukan prosedur menghapus tato sendiri di rumah. Anda juga harus sadar bahwa tidak ada cara alami yang mampu menghapuskan tato hingga tuntas.
  • Ikuti petunjuk dokter dan rawat luka setelah menghapus tato dengan baik agar tidak timbul iritasi hingga infeksi.
  • Jangan berharap kulit Anda dapat kembali seperti sebelum menggunakan tato, semua metode tetap akan memberikan bekas pada kulit Anda. Tetapi dengan perawatan yang tetap tentunya bekas tersebut tetap bisa tersamarkan.