Cara Menghilangkan Tahi Lalat Paling Aman, Secara Medis dan Alami

DokterSehat.Com – Munculnya bercak atau benjolan berwarna coklat atau hitam di atas kulit biasa disebut dengan tahi lalat. Kemunculan tahi lalat merupakan hal wajar dan umumnya tumbuh ketika memasuki umur 20an. Meskipun dalam jumlah tertentu tahi lalat masih bisa dianggap normal, tetapi ada beberapa faktor yang mengharuskan tahilalat dihilangkan.

Alasan tahi lalat dihilangkan yang pertama adalah jika tahi lalat mengindikasikan gejala kanker kulit melanoma. Di sisi lain, sebagian orang juga melakukan berbagai cara menghilangkan tahi lalat karena menganggap tahi lalat tersebut mengganggu penampilan.

Di luar dari kedua alasan tersebut, berikut adalah cara menghilanglangkan tahi lalat yang aman untuk dilakukan!

Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Cara Medis

Cara menghilangkan tahi lalat yang pertama adalah dengan cara medis yang dilakukan oleh dokter. Cara yang satu ini umumnya dipilih sebagai tindkan cepat untuk menghilangkan tahi lalat yang berbahaya bagi kesehatan.

1. Cara menghilangkan tahi lalat dengan bedah

Cara menghilangkan tahi lalat yang pertama adalah dengan bedah eksisi. Cara pembedahannnya adalah dokter akan membius area sekitar tahi lalat, lalu tahi lalat dan jaringan kulit di sekitarnya akan dipotong menggunakan pisau bedah. Setelah itu luka akan dijahit supaya tertutup. Cara ini biasanya dilakukan untuk ukuran tahi lalat yang cukup besar.

JIka ukuran tahi lalat kecil, maka hanya akan dilakukan pengikisan jaringan kulit tempat tahi lalat berada atau disebut juga dengan bedah cukur. Prosedur bedah tahi lalat ini biasanya dilanjutkan dengan pemeriksaan biopsi kulit untuk mematikan tidak adanya kanker dalam tubuh.

2. Cara menghilangkan tahi lalat dengan bedah listik

Cara menghilangkan tahi lalat dengan cara medis yang kedua adalah dengan bedah listrik untuk membakar jaringan tahi lalat. Metode bedah listik dilakukan dengan cara menempelkan logam yang sudah dialiri listrik di bagian tahi lalat. Sama halnya seperti bedah eksisi, metode ini juga memerlukan pembiusan lokal sebelum pelaksanaannya.

Pembakaran pada jaringan kulit juga bertujuan untuk mencegah pendarahan. Namun terdapat kemungkinan metode ini harus dilakukan beberapa kali untuk dapat berhasil menyingkirkan satu tahi lalat.

3. Cara menghilangkan tahi lalat dengan bedah laser

Selanjutnya adalah cara menghilangkan tahi lalat dengan bedah laser. Cara ini bisa menjadi pilhan Anda yang tidak menginginkan adanya bekas luka di kulit setelah pembedahan. Sayangnya, motode yang satu ini tidak dapat dipilih jika Anda akan menjalani pemeriksaan biopsi.

4. Cara menghilangkan tahi lalat dengan cairan nitrogen

Cara menghilangkan tahi lalat selanjutnya adalah dengan cairan nitrogen atau dikenal juga dengan prosedur bedah beku. Caranya adalah dengan menyemprotkan cairan nitrogen dengan suhu yang sangat dingin pada tahi lalat. Setelah itu tahi lalat dan jaringan kulit akan dibuang dan menyisakan sedikit luka melepuh pada kulit yang akan sembuh dengan sendirinya.

baca juga : Wah, Ternyata Tahi Lalat bisa Menjadi Tanda Penyakit Kanker Kulit

Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Cara Alami

Selain cara menghilangkan tahi lalat secara medis di atas, Anda juga bisa menghilangkan tahi lalat dengan cara alami. Cara alami ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah, meskipun hasil yang didapatkan tidak akan secepat cara medis. Jika Anda ingin menghilangkantahi lalat yang mengganggu penampilan, alangkah lebih baik Anda menggunakan cara alami berikut ini.

1. Gula pasir dan lemon

Cara menghilangkan tahi lalat secara tradisional yang pertama adalah dengan menggunakan gula pasir dan lemon. Scrub yang terbuat dari gula pasir dan lemon yang terkenal ampuh untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan juga mencerahkan kulit dan ternyata juga dapat membantu menghilangkan tahi lalat.

Cara menggunakannya adalah dengan cara menaburkan gula di atas irisan lemon, lalu gosokkan lemon pada bagian tahi lalat. Lakukan selama setidaknya 5 menit. Setelah selesai bilas tubuh dengan air bersih.

2. Jus nanas

Jus nanas juga bisa membantu Anda untuk menghilangkan tahi lalat. Caranya adalah dengan mengaplikasikan nanas yang sudah dihancurkan di atas tahi lalat, lalu diamkan hingga kering. Cara lain menggunakan nanas untuk menghilangkan tahi lalat adalah dengan cara mengcampurkannya dengan garam laut lalu menjadikannya scrub.

3. Cuka apel

Kandungan asam asetat yang tinggi dalam cuka apel dapat mengcegah perkembangan kanker kulit. Cara menghilangkan tahi lalat dengan cuka apel adalah dengan mengaplikasikannya pada tahi lalat dengan menggunakan cotton bud.

4. Minyak jarak dan baking soda

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan campuran minyak jarak dan juga baking soda. Caranya adalah dengan mencampurkan minyak jarang dengan baking soda dengan perbandingan satu banding satu. Campurkan hingga rata hingga menjadi pasta.

Oleskan pasta tersebut ke bagian tahi lalat, lalu diamkan hingga mengering. Selain tahi lalat hilang, kulit juga akan mendapatkan nutrisi vitamin E yang banyak terkandung dalam minyak jarak.