11 Cara Menghilangkan Stretch Mark (Medis & Alami)

cara-menghilangkan-stretch-mark-doktersehat

Dokter Sehat – Memiliki kulit yang ‘mulus’ tentu menjadi dambaan banyak orang, terutama kaum Hawa. Akan tetapi, apa jadinya jika ternyata pada kulit terdapat garis-garis yang dikenal dengan nama ‘stretch mark’? Kondisi ini tentu mengurangi estetika kulit. Lantas, bagaimana cara menghilangkan stretch mark pada kulit Anda?

Apa Itu Stretch Mark?

Stretch mark adalah garis-garis yang muncul di permukaan kulit seperti di area perut dan paha. Tak hanya itu, stretch mark atau selulit juga terkadang timbul di area kulit tersembunyi semisal lekukan belakang lutut, bokong, dan ketiak.

Umumnya, stretch mark dialami oleh wanita hamil atau mereka yang mengalami perubahan  berat badan—baik meningkat atau menurun—secara drastis. Kendati bukan merupakan kondisi berbahaya, kehadiran stretch mark pastinya tidak diinginkan karena membuat penampilan kulit menjadi kurang indah dipandang, terlebih jika selulit terbilang banyak.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Selulit atau stretch mark  memang tidak bisa benar-benar dihilangkan, terlebih jika Anda menginginkannya dalam waktu singkat. Namun demikian, stretch mark bisa disamarkan sehingga tidak terlalu terlihat apabila Anda tahu caranya.

Berikut ini adalah cara menghilangkan stretch mark yang perlu Anda ketahui dan bisa coba terapkan.

1. Asam Hialuronat

Cara menghilangkan stretch mark yang pertama adalah dengan menggunakan krim yang mengandung zat kimia berupa asam hialuronat (HA).

Hal ini dikarenakan asam hialuronat dapat menstimulasi produksi kolagen. Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda menggunakan produk yang satu ini.

2. Retinoid

Selain asam hialuronat, cara menghilangkan stretch mark lainnya adalah dengan menggunakan krim yang mengandung bahan kimia bernama retinoid.

Obat golongan retinoid seperti  tretinoin umumnya digunakan untuk mengatasi jerawat, namun obat ini diklaim juga bisa mengatasi masalah kulit lainnya yakni stretch mark.

Mengingat retinoid masuk ke dalam kategori obat resep, hendaknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda menggunakannya untuk menghilangkan stretch mark.

3. Vitamin E

Anda juga bisa menggunakan suplemen vitamin E atau produk kecantikan kulit yang mengandung vitamin E di dalamnya sebagai cara menghilangkan stretch mark.

Pasalnya, jenis vitamin yang satu ini sudah terbukti secara ilmiah sangat baik untuk kulit entah itu menjaga kesehatan kulit maupun mengatasi masalah yang menghinggapi organ tubuh terbesar ini.

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Perawatan Khusus

Menghilangkan stretch mark juga bisa dilakukan dengan melakukan sejumlah perawatan (treatment) khusus yang ditangani oleh dokter spesialis kulit.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan stretch mark dengan perawatan khusus untuk jadi alternatif pilihan Anda.

1. Mikrodermabrasi

Cara menghilangkan stretch mark dengan terapi khusus yang pertama adalah mikrodermabrasi.

Mikrodermabrasi adalah suatu metode perawatan kulit yang fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati (eksfoliasi). Dengan begitu, sel kulit yang baru yang lebih elastis dan halus bisa segera menggantikan ‘posisi’ sel kulit mati.

Sejatinya, mikrodermabrasi umum digunakan untuk perawatan kulit wajah. Akan tetapi, dokter bisa saja menerapkan metode ini guna membantu menyamarkan stretch mark pada kulit Anda.

2. Microneedling

Metode selanjutnya yang bertujuan untuk menghilangkan stretch mark adalah microneedling.

Sesuai dengan namanya, metode ini melibatkan medium jarum dalam pelaksanaannya.  Jarum khusus yang disebut dermaroller ini nantinya akan ditusukkan ke permukaan kulit, utamanya yang terdapat stretch mark.

Aktivitas ini lantas akan membantu menstimulasi produksi kolagen, pun elastin di dalam kulit. Alhasil, tekstur kulit  berangsur-angsur membaik.

3. Terapi Laser

Dokter juga umumnya akan menggunakan metode yang satu ini sebagai cara menghilangkan stretch mark pada pasien yang ditanganinya.

Sama seperti microneedling, tujuan dari terapi laser dalam kaitannya untuk menghilangkan stretch mark adalah menstimulasi produksi kolagen dan elastin sehingga proses regenerasi kulit bisa berjalan optimal.

4. Ultrasound

Cara menghilangkan stretch mark dengan perawatan khusus  lainnya adalah ultrasound.

Ultrasound bahkan diklaim sebagai metode perawatan kulit yang terbilang aman namun hasilnya efektif. Tak hanya membantu menyamarkan stretch mark, metode ultrasound bertujuan untuk mengembalikan elastisitas kulit.

Cara Menghilangkan Stretch Mark secara Alami

Menghilangkan selulit atau stretch mark bahkan bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, yakni dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Berikut adalah cara menghilangkan stretch mark secara alami yang bisa Anda coba di rumah.

1. Cukupi asupan air

Air adalah faktor penting untuk kulit. Menurut Dr Howard Murad, MD, seorang ahli dermatologi dan pengarang buku The Cellulite Solution, mengonsumsi buah yang mengandung banyak air juga akan sangat membantu kulit tetap sehat dan terjaga.

Cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan  yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, dan jeruk.

Selain mendapat asupan air, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin seperti  vitamin A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang diklaim efektif untuk membantu menghilangkan stretch mark.

Kandungan zat pada lidah buaya—tepatnya daun lidah buaya—diklaim dapat mengatasi masalah kulit seperti stretch mark, pun melembutkan kulit.

Anda bisa mengoleskan gel daun lidah buaya pada area kulit yang terdapat stretch mark secara rutin sebelum mandi.

3. Minyak Kelapa

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark adalah minyak kelapa.

Menurut penelitian, minyak kelapa efektif dalam membantu mengembalikan tekstur dan warna kulit yang mengalami masalah termasuk stretch mark ini.

Sama seperti gel lidah buaya, oleskan minyak kelapa pada kulit yang terdapat stretch mark setiap hari sebelum Anda mandi.

4. Gula

Gula juga disebut-sebut memiliki kandungan zat yang dapat menyembuhkan luka maupun stretch mark pada kulit.

Anda bisa menggunakan gula untuk menghilangkan stretch mark dengan cara mencampurnya dengan bahan alami lainnya seperti minyak kelapa atau gel lidah buaya agar hasilnya optimal. Ya, gula berfungsi sebagai scrub alami.

Nah, itu dia informasi mengenai cara menghilangkan stretch mark baik melalui prosedur medis maupun secara alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Anthony, K. 2018. Getting Rid of White Stretch Marks. https://www.healthline.com/health/white-stretch-marks (Diakses pada 25 November 2019)
  2. Anonim. What are Stretch Marks? https://www.webmd.com/beauty/what-are-stretch-marks#1 (Diakses pada 25 November 2019)
  3. Murad, H. 2005. The Cellulite Solution. New York: St. Martin’s Press
  4. Robinson, R. 2019. What Causes Stretch Marks and How to Get Rid of Them. https://www.emedihealth.com/fade-stretch-marks.html (Diakses pada 25 November 2019)
  5. Stretch Marks: Why They Appear and How to Get Rid of Them. https://www.aad.org/cosmetic/scars-stretch-marks/stretch-marks-why-appear (Diakses pada 25 November 2019)
  6. Watson, K. 2018. Home Remedies for Stretch Marks: 5 Ingredients to Try. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-stretch-marks (Diakses pada 25 November 2019)