Terbit: 18 September 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Ada berbagai macam cara untuk menghilangkan selulit pada kulit. Ya, kendati tidak berbahaya, selulit sedikit banyak telah mengurangi estetika kulit. Maka dari itu, simak informasi mengenai apa saja yang bisa Anda lakukan guna mengatasi kondisi ini, baik secara medis maupun alami.

15 Cara Menghilangkan Selulit (Terapi Medis, Obat, dan Alami)

Cara Menghilangkan Selulit (Terapi Medis)

Dalam menghilangkan selulit, ada sejumlah terapi medis yang bisa dilakukan. Akan tetapi, efektivitas terapi-terapi tersebut berbeda satu sama lain, pun frekuensi yang dibutuhkan hingga hasilnya benar-benar terlihat. Apa saja macam-macam terapi medis penghilang selulit yang dimaksud? Berikut informasinya.

1. Terapi Laser

Terapi medis yang pertama adalah terapi laser dan frekuensi radio. Ada beberapa jenis terapi laser yang bisa dilakukan. Sebagai contoh, serat tipis diselipkan di bawah kulit untuk menghasilkan panas laser. Panas laser tersebut lantas menghancurkan lemak pengikat pada pita berserat. Metode ini telah terbukti mengurangi munculnya selulit selama enam bulan hingga satu tahun, namun masih diperlukan studi lebih lanjut.

2. Cryolipolisis

Terapi atau prosedur medis selanjutnya yang dapat diterapkan sebagai cara menghilangkan selulit adalah cryolipolisis. Pada metode ini, lemak di bawah kulit diangkat dengan alat penghisap (vakum) untuk mengangkat jaringan agar bersentuhan dengan pelat pendingin.. Sama seperti terapi laser, cryolipolisis akan dilakukan dalam beberapa tahap. Hasil dari terapi ini mungkin baru akan terlihat setelah 2-3 bulan.

3. Vacuum-Assisted Precise Tissue Release

Vacuum-assisted precise tissue release dilakukan dengan cara memotong pita ikat menggunakan alat khusus yang berisi pisau kecil. Saat memotong pita ikat, jaringan di bawahnya akan bergerak ke atas untuk mengisi ruang di bawah kulit. Dengan begitu, selulit dapat tersamarkan. Butuh waktu kurang lebih 3 tahun sampai metode ini terlihat hasilnya. Sayangnya, belum banyak bukti ilmiah yang dapat mendukung efektivitas terapi yang satu ini.

4. Terapi Gelombang Akustik

Cara menghilangkan selulit lainnya adalah dengan terapi gelombang akustik. Pada terapi ini, dokter spesialis kulit akan mengoleskan gel ke kulit yang terdampak. Kemudian, dokter akan menjalankan perangkat genggam kecil bernama transduser di area tersebut. Transduser bertugas untuk mengirimkan gelombang suara ke tubuh untuk memecah selulit. Butuh beberapa kali terapi agar hasilnya benar-benar terlihat.

5. Ionithermie Cellulite Reduction Treatment

Terapi penghilang selulit yang juga bisa dijadikan alternatif pilihan adalah Ionithermie Cellulite Reduction Treatment. Terapi ini menggunakan medium lumpur atau tanah liat khusus yang mana lumpur tersebut nantinya akan dibungkus dengan plastik. Kemudian, lumpur yang sudah terbungkus tersebut akan dialiri listrik dan diaplikasikan pada kulit yang terdampak. Sayangnya, terapi ini juga belum didukung oleh banyak bukti ilmiah.

6. Karboksiterapi

Karboksiterapi (carboxytherapy) adalah metode medis yang dilakukan dengan cara memasukkan gas karbon dioksida ke dalam kulit yang terdapat selulit. Metode ini akan menimbulkan efek samping berupa memar dan rasa tidak nyaman pada kulit yang menjadi target. Kendati demikian, metode cukup dianggap berhasil dalam menghilangkan selulit.

7. Endermologi

Endermologi adalah terapi kulit yang dilakukan dengan cara memijat area yang terdapat selulit menggunakan alat vakum. Efektivitas terapi penghilang selulit yang satu ini juga sayangnya belum banyak teruji, kendati otoritas pengawas obat dan makanan Amerika Serikat atau United States Food and Drugs Administration (USFDA) telah mengizinkan dilakukannya prosedur ini.

8. Ultrasonic Liposclupting

Sesuai dengan namanya, terapi yang satu ini akan memanfaatkan gelombang ultrasonik. Gelombang ultrasonik tersebut nantinya akan menghancurkan lemak di area kulit yang terdapat selulit. Namun sekali lagi, efektivitas terapi ini belum cukup teruji.

Cara Menghilangkan Selulit (Obat-obatan)

Selain dengan terapi medis, selulit juga dapat dihilangkan dengan menggunakan obat-obatan. Obat penghilang selulit yang dapat digunakan berupa krim oles (topikal), antara lain sebagai berikut:

1. Krim Kulit yang Mengandung Kafein

Menggunakan krim kulit yang mengandung kafein dianggap dapat membantu menghilangkan selulit. Pasalnya, kafein dapat membantu menghidrasi sel-sel kulit. Kondisi ini lantas dapat membuat kulit jadi terlihat lebih halus.

2. Krim Kulit yang Mengandung Retinol

Selain krim kulit yang mengandung kafein, krim kulit dengan kandungan retinol juga dipercaya efektif dalam menghilangkan selulit. Retinol dapat meningkatkan ketebalan kulit. Dengan demikian, gelombang dan lesung pada selulit bisa tertutupi. Durasi penggunaan obat selulit yang satu ini berbeda-beda, tergantung dari kondisi kulit Anda. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat retinol.

Baca Juga: Selulit: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll

Cara Menghilangkan Selulit (Alami)

Menariknya, selulit juga dapat dihilangkan dengan cara-cara alami. Bagaimana cara menghilangkan selulit secara alami?

1. Pijat

Salah satu cara menghilangkan selulit secara alami yang cukup menjanjikan adalah pijat. Anda dapat melakukannya secara mandiri maupun dengan bantuin terapis pijat profesional. Pijat dapat mengurangi selulit dengan meningkatkan drainase limfatik. Ini juga dapat membantu meregangkan jaringan kulit dan lesung selulit. Perlu diketahui, Anda perlu mengulangi cara ini secara konsisten untuk mencapai dan mempertahankan hasil yang Anda inginkan.

2. Menurunkan Berat Badan

Penurunan berat badan juga dapat membantu beberapa orang yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) untuk mengurangi selulit. Pasalnya, kehilangan lemak tubuh berlebih memang secara alami dapat mengurangi kemunculan selulit.

3. Minum Air Putih yang Banyak

Minum air putih yang banyak adalah cara menghilangkan selulit yang bisa dibilang ‘murah meriah’. Ya, percaya tidak percaya, asupan air putih yang mencukupi dapat membuat tubuh Anda tetap terhidrasi sekaligus mendorong sirkulasi dan aliran limfatik. Hal ini akan secara alami dapat menghilangkan selulit yang mengganggu.

4. Olahraga

Berolahraga dapat mengencangkan otot-otot kulit sehingga kulit jadi tampak lebih halus. Beberapa macam aktivitas olahraga yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Squat jump
  • Bersepeda
  • Berlari
  • Renang

Konsultasikan dengan dokter mengenai cara melakukan olahraga yang benar guna membantu menghilangkan selulit pada kulit Anda.

5. Sikat Kulit

Cara menghilangkan selulit secara alami yang satu ini mungkin terdengar aneh, tapi memang inilah salah satu hal yang bisa Anda lakukan jika ingin ‘melenyapkan’ selulit yang mengganggu. Menyikat area kulit yang terdapat selulit menggunakan sikat lembut dapat merangsang drainase limfatik. Dengan begitu, racun yang menumpuk di lapisan lemak akan menghilang. Sebagai informasi, penumpukan racun pada lapisan lemak bisa memicu terjadinya peradangan (inflamasi) yang pada akhirnya menimbulkan selulit.  

  1. Anonim. Cellulite. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cellulite/diagnosis-treatment/drc-20354949 (diakses pada 18 September 2020)
  2. Buddemeyer, R dan Carly, C. 2020. How to Get Rid of Cellulite: 8 Tips, Tricks, and Products From Dermatologists. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/g3704/how-to-get-rid-of-cellulite/ (diakses pada 18 September 2020)
  3. Cherney, K. 2020. How to Get Rid of Cellulite on Thigs. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-cellulite-on-thighs (diakses pada 18 September 2020)
  4. Crosta, P. 2017. Everything you need to know about cellulite. https://www.medicalnewstoday.com/articles/149465#what-is-cellulite (diakses pada 18 September 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi