Tak Ada Motivasi untuk Berkegiatan? Simak 10 Cara Menghilangkan Rasa Malas Ini!

cara-menghilangkan-rasa-malas-doktersehat

DokterSehat.Com – Setiap orang tentunya pernah merasakan kehilangan motivasi atau keinginan untuk melakukan suatu hal. Rasa ini biasa disebut dengan rasa malas. Pada titik tertentu rasa malas bisa sangat menghambat pekerjaan seseorang dan tentunya akan merugikan kehidupan orang itu sendiri. Lantas, bagaimana cara menghilangkan rasa malas yang terkadang datang tiba-tiba ini?

Cara Menghilangkan Rasa Malas Paling Ampuh

Anda pasti setuju bahwa dilihat dari sisi manapun, malas sepertinya akan selalu menjadi sikap dengan konotasi negatif. Sayangnya fakta bahwa malas ini tidak baik, tidak serta merta membuat setiap orang meninggalakn sifat pemalasnya. Jika berbagai kegiatan sudah mulai teganggu akibat rasa malas, sebaiknya lakukan 10 cara cara menghilangkan rasa malas berikut ini!

1. Cari tahu penyabab malas yang dialami

Jika ingin mengetahui cara menghilangkan rasa malas, hal pertama yang sebenarnya Anda harus lakukan adalah mengetahui penyebab malas itu sendiri. Penyebab malas melakukan suatu aktivitas sangat beragam mulai dari bosan dengan rutinitas, kehilangan motivasi untuk melakukan pekerjaan yang seharusnya dilakukan, atau bisa juga akibat takut atau karena kewalahan.

Setelah mengetahui penyebab malas yang dialami, mulailah untuk mencari solusi untuk masalah tersebut dan mulai temukan semangat kembali untuk mengerjakan hal yang memang seharusnya dikerjakan.

2. Ingat tujuan awal

Cara menghilangkan rasa malas yang ampuh selanjutnya adalah dengan mengingat tujuan awal dari hal yang akan dilakukan. Tidak dapat dipungkiri bahwa kita hampir selalu bersemangat ketika memulai pekerjaan atau aktivitas yang baru dilakukan. Hal ini kemungkinan terjadi karena kita masih mengingat dengan jelas tujuan melakukan pekerjaan tersebut.

Jika rasa malas sudah timbul, ingatlah kembali tujuan awal Anda. Menemukan makna dan tujuan dari hal yang kita kerjakan akan sangat membantu kita untuk kembali bersemangat melakukan kegiatan tersebut.

3. Lakukan pekerjaan dengan cara yang menyenangkan

Rasa malas bisa datang karena rasa bosan. Salah satu cara menghilangkan rasa malas akibat bosan adalah dengan mengubah cara kerja Anda. Kegiatan yang umumnya membuat bosan adalah kegiatan yang dilakukan secara rutin. Agar rasa bosan dan malas hilang, Anda bisa melakukan kegiatan dengan sentuhan berbeda.

Contohnya seperti jika Anda bosan pergi kerja dengan kendaraan yang sama setiap harinya. Cobalah untuk mencoba alternatif kendaraan lain untuk mengatasi rasa bosan. Contoh lain adalah jika Anda merasa bosan dengan suasana meja kerja Anda. Cobalah sesekali bekerja di luar atau bertukar meja dengan rekan lain untuk menemukan suasana baru.

4. Waktu beraktivitas dan istirahat yang seimbang

Waktu beraktivitas dan istirahat yang tidak seimbang bisa membuat Anda merasa kelelahan sehingga kehilangan minat dan motivasi untuk berkegiatan. Rajin bekerja memang baik, tapi jangan pernah lupakan waktu untuk isirahat. Lalu, bagaimana cara menyeimbangkan waktu untuk bekerja dan istirahat?

Caranya sangat mudah, maksimalkanlah setiap waktu istrirahat Anda, pada saat makan siang misalnya. Jika sudah waktu pulang dari bekerja dan saat akhir pekan, fokuslah pada kehidupan pribadi dan lupakan sejenak tentang pekerjaan. Jika merasa lelah di sela-sela bekerja, istirahat 10-15 menit untuk me-refresh otak bisa dilakukan.

5. Buat daftar hal yang harus dilakukan

Membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan atau bisa disebut dengan ‘to do list’ sangat efektif sabagai cara menghilangkan rasa malas bagi sebagian orang. Sering kali jika banyak kegiatan yang harus dilakukan, kita kesulitan untuk memilih apa yang harus dilakukan lebih dulu dan justru berkhir dengan bermalas-malasan dan tidak melakukan apapun.

Daftar ini akan memudahkan Anda untuk menyusun prioritas kegiatan yang mana yang lebih dulu harus dilakukan dan diselesaikan sebelum pekerjaan lainnya. Selain itu, dengan adanya daftar ini, kemungkinan kecil akan ada pekerjaan yang terlewat.

6. Berhenti menunda-nunda pekerjaan

Menunda pekerjaan pada dasarnya merupakan salah satu wujud dari rasa malas. Mulailah berhenti dari kebiasaan ini dan rasakan bagaimana nikmatnya menikmati waktu bersantai tanpa harus memikirkan pekerjaan yang belum terselesaikan.

Biasakanlah untuk memulai pekerjaan pada awal waktu. Melawan rasa malas terkadang harus dilakukan sebagai salah satu cara menghilangkan malas itu sendiri.

7. Mencari motivasi dari orang sekitar

Menyemangati diri sendiri mungkin terkadang sulit untuk dilakukan, maka tidak ada salahnya jika kita mencari motivasi dari orang lain yang ada di sekitar kita. Caranya bisa dengan mencontoh orang-orang yang memiliki sifat rajin di sekitar kita atau dengan cara meminta orang terdekat Anda untuk mengingatkan dan memberikan motivasi ketika Anda mulai terlihat bermalas-malasan.

8. Nilai setiap pekerjaan Anda

Cara menghilangkan rasa malas selanjutnya adalah dengan memberikan nilai pada setiap pekerjaan Anda. Pikirkanlah apa saja keuntungan yang Anda dapatkan jika melakukan pekerjaan tersebut dan apa saja kerugian yang Anda dapatkan dari menunda pekerjaan tersebut.

Mengingat apa saja hal yang bisa didapatkan dari sebuah aktivitas tidak jauh berbeda dengan menemukan motivasi dan tujuan untuk melakukan aktivitas tersebut. Sepeti yang sudah disebutkan sebelumnya, mengetahui tujuan dari setiap yang kita lakukan sangatlah penting untuk menghindarkan kita dari rasa malas.

9. Hargai waktu malas Anda

Bermalas-malasan atau bersantai bukan hal yang salah untuk dilakukan sesekali. Setiap orang selalu membutuhkan waktu untuk berhenti sejenak dari aktivitas rutinnya. Hargailah waktu senggang yang Anda miliki dengan cara melakukan kegiatan yang bermanfaat dan membuat Anda bahagia. Jika Anda bisa memanfaatkan waktu bersantai dengan tepat, maka Anda juga bisa lebih fokus ketika harus kembali beraktivitas.

10. Mulai perubahan dari sekarang

Apapun cara menghilangkan malas yang Anda pilih, waktu yang paling tepat untuk melaksanakannya adalah saat ini juga. Menghilangkan rasa malas haruslah langsung dibuktikan dengan tindakan. Seperti saran sebelumnya yang menganjurkan Anda untuk tidak menunda-nunda pekerjaan. Jika ingin berubah, maka jangan ditunda, mulailah sekarang juga.