8 Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat

Doktersehat-cara-menghilangkan-panu
Photo Credit: Flickr.com/Seacost missions

DokterSehat.Com – Panu merupakan penyakit kulit yang di sebabkan oleh infeksi jamur. Infeksi ini membentuk bercak putih pada kulit tubuh dan biasanya bercak ini terasa gatal. Infeksi jamur ini biasa tumbuh pada bagian punggung, leher, dada, dan lengan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan panu yang efektif?

Perlu diketahui, warna bercak tersebut bisa lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit asli. Pada sebagian kasus, warna panu bahkan ada juga yang merah muda atau merah. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir karena penyakit kulit ini tidak menular.

Cara Menghilangkan Panu dengan Bahan Alami

Sebelum Anda mengetahui cara menghilangkan panu dengan cepat, Anda juga harus tahu cara menghilangkan panu alami, antara lain:

1. Lengkuas

Cara mengobati panu dengan cara alami yang bisa Anda coba adalah lengkuas. Selain bisa digunakan untuk bumbu makanan, lengkuas ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan panu.

Caranya, ambil lengkuas dan potong menjadi beberapa bagian, lalu gosok-gosokkan pada permukaan kulit yang terkena panu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah cara menghilangkan panu ini setiap sehabis mandi.

2. Bawang putih

Selain lengkuas, bahan penyedap makanan lain yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan panu adalah bawang putih. Caranya adalah ambil bawang dan buang kulitnya, lalu potong menjadi bagian-bagian kecil, kemudian gosokkan pada bagian panu. Lakukanlah cara menghilangkan panu secara alami ini sehabis mandi.

3. Belerang

Cara menghilangkan panu secara alami lainnya adalah menggunakan belerang. Caranya, belerang ditumbuk dan haluskan dengan merata, lalu campurkan dengan jeruk nipis dan minyak kepala. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang terkena panu.

  1. Lidah buaya

Selain banyak digunakan untuk kesehatan rambut, ternyata lidah buaya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan panu secara alami. Lidah buaya memiliki protein 14 kDa yang berguna memiliki  sifat antijamur dan antiinflamasi.

Kedua kandungan tersebut efektif dalam mengobati pertumbuhan jamur. Selain itu, sifat dari lidah buaya juga baik untuk penyembuhan infeksi kulit yang rusak. Cara penggunaanya, oleskan gel lidah buaya langsung pada daerah kulit yang terkena, selama 2 sampai 3 kali sehari selama beberapa minggu.

  1. Cuka apel

Cuka apel mengandung antimikroba yang mampu mengontrol pertumbuhan jamur. Caranya, campurkan cuka apel dan air hangat dengan perbandingan yang sama. Diamkan selama 15 menit setelah itu bilas hingga bersih.

  1. Kunyit

Cara menghilangkan panu secara alami lainnya adalah dengan memanfaatkan kunyit yang mengandung agen antiseptik, antibiotik, dan antijamur.

  1. Minyak kelapa dan minyak kayu manis

Dipercaya sebagai fungisida alami, minyak kelapa merupakan salah obat yang efektif untuk membasmi berbagai jenis infeksi jamur termasuk panu. Caranya, cukup campurkan 1 sendok minyak kelapa dan 6 tetes minyak kayu manis. Oleskan pada kulit yang terkena dan tunggulah 15 sampai 20 menit, setelah itu bilaslah dengan air hangat.

8.Yoghurt

Banyak orang tidak menyangka bahwa yoghurt dapat digunakan sebagai cara menghilangkan panu. Yoghurt yang dimaksud di sini adalah yoghurt polos tanpa rasa dan tanpa gula. Yoghurt asli tanpa campuran apapun, adalah obat alami untuk infeksi jamur seperti panu.

Kandungan probiotik pada yoghurt alami dapat menghambat pertumbuhan jamur. Caranya, oleskan yoghurt pada kulit yang terinfeksi jamur. Diamkan setidaknya 20 sampai 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan panu secara alami yang bisa Anda coba. Jika beberapa langkah di atas sudah dilakukan tetapi panu semakin menyebar ke seluruh tubuh, maka pengobatan lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan obat medis seperti krim antijamur, sampo antijamur hingga tablet antijamur.

Cara menghilangkan panu dengan cepat ini baik digunakan untuk mengatasi kasus panu yang penyebarannya lebih luas. Jangan lupa, penderita disarankan untuk membaca aturan pemakaian agar penggunaan obat jamur panu ini lebih efektif.