10 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Nyeri Haid yang Menyiksa

cara-menghilangkan-nyeri-haid-doktersehat

DokterSehat.Com – Salah satu keluhan paling umum yang dirasakan banyak wanita ketika haid adalah nyeri pada perut bagian bawah. Nyeri yang berat dapat menandakan kondisi medis tertentu, namun nyeri ringan hingga sedang biasanya adalah kondisi yang umum dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Agar nyeri tidak mengganggu, simak berbagai cara menghilangkan nyeri haid berikut!

Cara Menghilangkan Nyeri Haid

Nyeri haid paling kuat umumnya dirasakan selama satu atau dua hari pertama dari menstruasi. Bagi sebagian wanita, nyeri ini dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari. Pada dasarnya ada banyak sekali cara mengatasi sakit perut saat haid yang bisa Anda lakukan di rumah.

Berikut adalah 10 cara menghilangkan nyeri haid yang dapat Anda coba!

1. Kompres dengan sesuatu yang hangat

Mengompres perut dengan benda hangat dapat menjadi pilihan cara menghilangkan nyeri haid yang sangat praktis.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kompres panas dengan suhu 40°C sama efektifnya dengan ibuprofen dalam hal menghilangkan nyeri. Anda dapat menggunakan botol berisi air panas, heating pad, atau menggunakan handuk hangat untuk mengatasi nyeri di perut.

2. Pijat dengan essential oil

Cara menghilangkan nyeri haid yang kedua adalah dengan mengombinasikan pijat dan essential oil atau minyak esensial.

Pijatan pada area tubuh tertentu akan membantu membuat otot lebih rileks sehingga rasa nyeri dapat berkurang. Selain itu, penggunaan essential oil juga terbukti dapat meredakan nyeri haid secara signifikan. Anda dapat meminta bantuan terapis untuk memijat tubuh Anda atau dapat juga melakukan pijat sendiri di rumah.

3. Konsumsi makanan yang dapat membantu meringankan rasa nyeri

Konsumsi makanan juga dapat memengaruhi rasa nyeri yang dirasakan selama haid.

Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama haid meliputi:

  • Makanan dengan kandungan vitamin B6, dapat mengurangi kembung di saluran pencernaan.
  • Makanan dengan kandungan tinggi boron seperti alpukat, selai kacang, buncis, dan pisang. Boron membantu penyerapan kalsium dan fosfor serta membantu meredakan nyeri.
  • Makanan tinggi zat besi untuk menggantikan zat besi yang hilang selama haid seperti ayam, ikan, dan sayuran hijau.
  • Makanan dengan kandungan mangan seperti kacang kenari atau kacang almond.
  • Makanan dengan kandungan vitamin E seperti minyak zaitun dan brokoli.
  • Makanan dengan kandungan air tinggi untuk mencegah dehidrasi seperti selada, mentimun, seledri, semangka, dan buah-buahan berry.
  • Makanan tinggi kalsium seperti susu dan produk olahannya, kacang almond, wijen, dan sayuran hijau.

4. Hindari makanan yang dapat memperburuk rasa nyeri

Selain terdapat makanan yang disarankan untuk dikonsumsi untuk membantu meringankan nyeri haid, terdapat juga beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena dianggap dapat memperburuk rasa nyeri.

Jenis makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang dapat menyebabkan kembung dan retensi air. Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari selama haid:

  • Makanan berlemak
  • Makanan asin
  • Minuman berkarbonasi
  • Alkohol
  • Minuman atau makanan mengandung kafein

5. Penuhi kebutuhan cairan

Sensasi kembung di perut dapat memperburuk nyeri haid dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Agar kebutuhan cairan terpenuhi dan tubuh terhidrasi dengan baik, pastikan Anda mengonsumsi banyak air putih. Seperti yang disinggung sebelumnya, Anda juga dapat mengonsumsi sayur dan buah dengan kandungan air tinggi yang juga baik untuk dikonsumsi selama menstruasi.

6. Minuman herbal

Beberapa jenis minuman herbal seperti teh chamomile dan teh jahe dipercaya dapat menjadi salah satu pilihan cara menghilangkan nyeri haid.

Selain itu, minuman dengan kandungan kurkumin, seperti jamu kunyit asam, juga telah dibuktikan dapat membantu meringankan gejala PMS. Meskipun belum banyak penelitian yang membuktikan efektivitas penggunaan herbal untuk mengatasi nyeri haid, tapi pilihan penggunaan herbal cukup diminati oleh masyarakat.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa penggunaan herbal juga dapat memberikan efek samping dan dapat memengaruhi cara kerja obat lain. Maka dari itu, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan herbal.

7. Olahraga

Olahraga dengan porsi yang tepat tidak akan memperburuk nyeri haid, bahkan dapat menjadi salah satu cara mengatasi nyeri haid.

Olahraga dapat membantu meregangkan otot perut yang tegang. Selain itu, tubuh juga akan melepaskan endorfin yang dapat menjadi pereda rasa sakit alami bagi tubuh. Jenis olahraga yang direkomendasikan untuk wanita yang sedang haid adalah seperti yoga, berjalan, dan beberapa gerakan peregangan.

8. Akupuntur

Akupuntur adalah pengobatan tradisional yang berasal dari tiongkok dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Akupuntur juga dipercaya dapat menjadi salah satu cara meredakan nyeri haid yang ampuh. Terapi akupuntur disarankan untuk dilakukan pada 10 hingga 7 hari sebelum menstruasi datang. Terapi ini dianggap lebih aman dan minim efek samping dibandingkan konsumsi obat-obatan.

9. Akupresur

Selain akupuntur, terapi lain yang bisa dilakukan untuk meringankan nyeri haid adalah akupresur.

Jika akupuntur menggunakan jarum sebagai media terapi, akupresur hanya mengandalkan sentuhan dan tekanan pada beberapa titik pada tubuh. Terapi ini dapat meningkatkan aliran darah dan membantu pelepasan endorfin sehingga dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan nyeri haid.

10. Minum obat penghilang rasa sakit

Cara mengatasi nyeri haid yang terakhir adalah dengan menggunakan obat penghilang rasa sakit.

Obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen dan naproxen dapat dibeli secara bebas dan tanpa menggunakan resep dokter. Obat ini bekerja dengan cara memengaruhi senyawa prostaglandin yang terkait dengan reaksi peradangan. Meskipun ampuh, tapi penggunaan obat-obatan sebaiknya tidak dilakukan untuk jangka panjang.

Itu dia 10 cara meredakan nyeri haid yang bisa Anda lakukan. Apabila cara di atas tidak berhasil dan Anda memiliki gejala lain seperti pendarahan berlebihan atau nyeri yang semakin berat, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk memastikan kondisi Anda.

 

Sumber:

  1. 13 Ways to Get Rid of Your Period Cramps – https://www.webmd.com/women/ss/slideshow-get-rid-of-cramps diakses 5 Juli 2019
  2. Home remedies for menstrual cramp relief – https://www.medicalnewstoday.com/articles/324484.php diakses 5 Juli 2019
  3. Home Remedies to Relieve Menstrual Pain – https://www.healthline.com/health/womens-health/menstrual-cramp-remedies diakses 5 Juli 2019
  4. 10 Ways to Relieve Period Cramps – https://www.everydayhealth.com/treatment/womens-health/ways-to-relieve-period-cramps/ diakses 5 Juli 2019