21 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah (Mudah & Ampuh)

cara-menghilangkan-minyak-di-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Wajah berminyak tentu akan mengganggu tampilan wajah Anda. Kendati demikian, wajah yang berminyak dapat diatasi bahkan dengan cara yang terbilang mudah. Lantas, apa saja cara menghilangkan minyak di wajah?

Wajah Berminyak, Kok Bisa?

Anda yang memiliki wajah sangat berminyak pasti kerap dibuat penasaran mengapa hal ini bisa terjadi, bukan? Wajah yang berminyak sejatinya merupakan efek dari hiperaktivitas pada sebaceous di area wajah. Kelenjar sebaceous adalah kelenjar yang berfungsi untuk menghasilkan sebum, di mana sebum ini fungsinya untuk melindungi kulit wajah dan menjaganya tetap terhidrasi.

Nah, hiperaktivitas kelenjar sebaceous ini lantas menyebabkan produksi sebum jadi terlalu banyak sehingga berdampak pada kulit wajah yang tampak berminyak. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kulit wajah berminyak akibat produksi sebum yang berlebihan, yaitu:

  • Keturunan (genetik)
  • Umur
  • Iklim
  • Pori-pori yang terlalu besar
  • Kesalahan penggunaan produk kosmetik maupun skin care
  • Jarang menggunakan pelembap wajah
  • Stres

Wajah yang berminyak ini lantas menghasilkan jenis masalah kulit lainnya yang  tentu sudah tidak asing lagi yaitu jerawat!

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah

Tak perlu risau punya wajah yang berminyak. Ada sejumlah cara yang bisa Anda terapkan guna menghilangkan minyak berlebih pada wajah sehingga wajah tetap terlihat menawan.

Berikut ini adalah cara menghilangkan minyak di wajah yang perlu Anda ketahui.

1. Membersihkan Wajah Secara Teratur

Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah yang pertama adalah dengan membersihkan wajah secara teratur. Ya, rajin mencuci muka (maksimal 2 kali dalam sehari) diklaim dapat membantu mengurangi minyak pada kulit wajah.

Akan tetapi, membersihkan wajah perlu dilakukan secara tepat agar hasilnya benar-benar maksimal. Cara membersihkan wajah yang benar adalah sebagai berikut:

  • Gunakan sabun non-wewangian dan air hangat
  • Sebaliknya, hindari sabun dengan aroma kuat dan kandungan kimia kuat karena dapat mengiritasi atau menghidrasi kulit. Alhasil, kulit akan memproduksi sebum lebih banyak sebagai bentuk proteksi
  • Jangan membersihkan muka menggunakan spons berbahan cukup kasar karena dapat menimbulkan gesekan yang memicu produksi minyak

2. Toner

Anda yang wajahnya berminyak juga sebaiknya memiliki persediaan toner wajah, seperti toner wajah yang terbuat dari ekstrak tanaman witch hazel.

Sebuah studi yang dirilis pada tahun 2014 menemukan fakta bahwa toner wajah herbal seperti toner wajah dari ekstrak tanaman witch hazel  dapat membantu mengatasi masalah kulit, salah satunya kulit wajah berminyak.

Toner memiliki kandungan zat yang bersifat antiinflamasi. Pun, toner wajah dapat memperkecil pori-pori sehingga menghambat proses pengeluaran minyak dari kulit.

Sayangnya, cara menghilangkan minyak di wajah ini tidak bisa dilakukan semua orang. Pada beberapa orang, penggunaan toner justru akan menimbulkan gatal-gatal dan iritasi sehingga yang terjadi malah meningkatnya produksi sebum.

Apabila setelah memakai toner Anda mengalami gejala iritasi tersebut, hentikan pemakaian dan segera cuci muka sampai bersih. Bila perlu, kunjungi dokter spesialis kulit untuk berkonsultasi.

3. Kertas Minyak

Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah yang juga umum dilakukan adalah dengan menggunakan kertas minyak yang bisa Anda temukan dengan mudah di swalayan maupun kios-kios terdekat.

Kertas minyak membantu mengangkat minyak berlebih yang menempel pada kulit wajah Anda tanpa mencegah produksi minyak kulit oleh kelenjar sebaceous. Gunakan kertas ini manakala wajah sudah terlihat sangat berminyak.

4. Masker Wajah

Beberapa jenis masker wajah memiliki fungsi utama untuk mengatasi masalah kulit berminyak.

Masker wajah dari tanah liat, misalnya. Adanya kandungan mineral pada tanah liat seperti bentonite dan smectite diklaim dapat membantu proses penyerapan minyak berlebih, pun meminimalisir kadar sebum pada kulit wajah.

Jadi bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, rajin-rajinlah menerapkan cara menghilangkan minyak di wajah yang satu ini, ya. Sebaiknya gunakan masker di pagi hari atau malam hari sebelum tidur.

5. Pelembap Wajah

Para pemilik kulit wajah berminyak (mungkin termasuk Anda salah satunya) umumnya akan menghindari memakai pelembap wajah dikarenakan khawatir wajah akan semakin terlihat berminyak.

Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, lho. Malah, pelembap wajah bisa dijadikan salah satu alternatif cara menghilangkan minyak berlebih di wajah. Asalkan, Anda menggunakan jenis pelembap wajah yang sesuai dengan tipe kulit.

Adalah pelembap wajah tanpa kandungan minyak, di mana jenis pelembap ini tetap pada fungsinya untuk menghidrasi kulit namun tanpa harus menyebabkan kulit tampak berminyak.

Oleh sebab itu, jangan takut lagi untuk menggunakan pelembap wajah kendati kulit Anda berminyak. Pastikan saja jenis pelembap yang digunakan sesuai untuk tipe kulit Anda. Jika ragu, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit.

6. Asam Salicylic

Kulit wajah yang berminyak juga dapat diatasi dengan menggunakan krim maupun produk skin care lainnya yang mengandung asam salicylic. Jenis asam ini dipercaya ampuh untuk menghambat produksi minyak pada kulit wajah.

Selain  asam salicylic, jenis asam lainnya yang bisa dijadikan cara menghilangkan minyak di wajah antara lain sebagai berikut:

  • Asam beta-hidroksi
  • Asam glikolik
  • Benzoil peroksida

Sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit sebelum Anda menggunakan produk skin care dengan bahan-bahan kimia di atas karena beberapa orang bisa saja memiliki hipersensitivitas terhadap bahan-bahan tersebut.

7. Diet

Pada beberapa kasus, kulit berminyak juga disebabkan oleh jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jika hal ini yang terjadi pada Anda, maka cara menghilangkan minyak di wajah adalah dengan menghindari—atau setidaknya mengurangi—konsumsi makanan-makanan tersebut.

Jenis makanan yang ditengarai dapat menyebabkan produksi minyak berlebih antara lain:

  • Makanan yang digoreng
  • Makanan mengandung gula
  • Makanan olahan

8. Gunakan Kosmetik yang Sesuai

Menggunakan kosmetik yang kandungan bahannya tidak cocok dengan kulit Anda juga menjadi alasan lainnya mengapa produksi minyak pada kulit wajah menjadi berlebihan. Hal ini utamanya berlaku untuk produk kosmetik yang kaya akan kandungan minyak.

Oleh karena itu, Anda yang memiliki karakteristik kulit wajah berminyak sebaiknya tidak menggunakan produk kosmetik dengan kandungan minyak. Alih-alih demikian, pilihlah jenis makeup yang water-based agar kulit wajah tidak semakin terlihat berminyak.

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah Secara Alami

Selain dengan cara-cara di atas, cara menghilangkan minyak di wajah juga bisa memanfaatkan sejumlah bahan-bahan alami. Urusan efektivitas, tidak perlu diragukan lagi!

Berikut ini adalah cara menghilangkan minyak di wajah secara alami yang bisa Anda coba di rumah.

1. Madu

Tak hanya rasanya yang enak, madu juga efektif untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah!

Sebuah studi yang dirilis pada tahun 2011 mengklaim bahwa menggunakan masker wajah dari madu selama kurang lebih 10 menit dapat menghilangkan minyak dan juga jerawat pada kulit wajah. Manfaat madu yang satu ini—masih dari penelitian yang sama—dikarenakan adanya kandungan zat yang bersifat antiseptik dan antibakteri.

Tak hanya itu, menggunakan masker wajah alami dari madu juga berkhasiat untuk menjaga agar kulit wajah tetap lembut.

2. Oatmeal

Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan oatmeal.

Hal ini didasari oleh sebuah esai yang diterbitkan oleh Journal of Drugs and Dermatology pada tahun 2014. Disebutkan bahwa oatmeal memiliki kandungan zat yang mampu membersihkan kulit wajah, tak terkecuali minyak

Sama seperti madu, cara menggunakan oatmeal untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah adalah dengan menjadikannya masker. Gunakan masker wajah alami dari oatmeal ini secara rutin di pagi hari dan malam hari untuk hasil yang optimal.

3. Lemon

Jeruk lemon adalah bahan alami lainnya yang patut Anda coba sebagai cara menghilangkan minyak berlebih di wajah secara alami.

Kandungan asam pada lemon diklaim mampu menyerap minyak dengan baik. Sementara itu menurut sebuah penelitian yang dirilis pada tahun 2008, lemon juga diperkaya dengan zat yang memiliki sifat antibakteri sehingga dapat mengatasi jerawat yang umum dialami oleh para pemilik kulit berminyak.

Cara  menghilangkan minyak berlebih di wajah dengan menggunakan lemon adalah dengan mengoleskan daging buahnya secara langsung pada wajah, atau Anda bisa membuat masker wajah dari lemon yang dicampur dengan putih telur.

Oleskan masker wajah tersebut dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil terbaik.

4. Teh Hijau

Siapa sangka, salah satu cara menghilangkan minyak di wajah secara alami juga bisa dengan memanfaatkan daun teh hijau.

Manfaat teh hijau dalam membantu mengatasi masalah kulit berminyak dikarenakan tanaman ini diperkaya oleh senyawa polifenol. Menurut sebuah studi yang dirilis pada tahun 2017, polifenol pada daun teh hijau dapat meminimalisir produksi sebum.

Selain itu, daun teh hijau juga efektif untuk menghilangkan jerawat yang timbul sebagai dampak dari produksi minyak yang berlebihan.

5. Kacang Almond

Anda yang memiliki kulit wajah berminyak bisa mencoba alternatif cara menghilangkan minyak di wajah yang satu ini.

Ya, kacang almond ternyata tak hanya berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, namun juga bisa menghilangkan minyak berlebih pada kulit wajah.

Tumbuk kacang almond sampai halus, kemudian campurkan dengan 2 sendok makan madu. Aduk sampai menjadi pasta,  lalu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama beberapa menit.

Setelah selesai, bilas wajah dengan air hangat sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin 1-2 hari sekali untuk hasil terbaik.

6. Lidah Buaya

Dipilihnya lidah buaya sebagai salah satu medium yang bisa dijadikan cara menghilangkan minyak berlebih di wajah secara alami dikarenakan tanaman dengan nama ilmiah aloe vera ini memiliki mekanisme kerja seperti toner.

Menurut penelitian, gel lidah buaya dapat membantu mengecilkan pori-pori pada kulit wajah.  Hal ini lantas membantu mengontrol pengeluaran minyak dari dalam kulit.

Oleskan gel lidah buaya ke wajah Anda dan diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hangat sampai bersih. Lakukan cara ini setidaknya 1 (satu) kali sehari agar manfaatnya benar-benar terasa.

7. Minyak Jojoba

Minyak jojoba memiliki sifat yang sama dengan sebum. Mengoleskan minyak jojoba pada kulit wajah Anda bertujuan untuk ‘mengelabui’  sebaceous sehingga kelenjar tersebut memproduksi lebih sedikit sebum. Pun, jojoba dapat mengatasi jerawat yang sudah telanjur muncul.

Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami menggunakan minyak jojoba adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 1-2 sendok makan minyak jojoba
  • Oleskan minyak jojoba pada wajah secara merata
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Bilas wajah sampai bersih dengan air hangat
  • Lakukan sebanyak 1 kali dalam sehari

8. Tomat

Alasan mengapa tomat juga termasuk ke dalam daftar bahan alami untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah dikarenakan buah berwarna merah ini mengandung asam salicylic yang efektif untuk mengatasi kulit berminyak, pun menghilangkan jerawat.

Potong tomat menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan bagian dalamnya ke wajah Anda. Diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hangat sampai bersih. Lakukan cara menghilangkan minyak di wajah  yang satu ini secara rutin 1-2 kali sehari.

Bahan alami lainnya yang KEMUNGKINAN juga efektif untuk menghilangkan minyak di wajah lainnya sehingga layak untuk Anda jadikan alternatif cara menghilangkan minyak berlebih di wajah adalah sebagai berikut:

  1. Bengkoang
  2. Mentimun
  3. Pisang
  4. Cuka apel
  5. Baking soda

Itu dia informasi mengenai cara menghilangkan minyak berlebih di wajah yang bisa Anda terapkan di rumah. Mengingat beberapa cara di atas belum didukung oleh bukti ilmiah yang mencukupi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum menerapkan cara-cara tersebut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

Sumber:

  1. Fowler Jr, J. 2014. Colloidal Oatmeal Formulations and the Treatment of Atopic Dermatitis. https://jddonline.com/articles/dermatology/S1545961614P1180X/ (Diakses pada 12 November 2019)
  2. Johnson, J. 2018. Top six home treatments for oily skin. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321090.php (Diakses pada 12 November 2019)
  3. Mandal, M dan Shyamapada, M. 2011. Honey: its medicinal property and antibacterial activity. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3609166/ (Diakses pada 12 November 2019)
  4. McDermott, A. 2018. 10 Home Remedies for Oily Skin. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-oily-skin (Diakses pada 12 November 2019)
  5. Naser, S. 2019. How To Get Rid Of Oily Skin – 10 Effective Home Remedies + Prevention Tips. https://www.stylecraze.com/articles/effective-home-remedies-to-get-rid-of-oily-skin/#AloeVera (Diakses pada 12 November 2019)
  6. Saric, S et al. 2017. Green Tea and Other Tea Polyphenols: Effects on Sebum Production and Acne Vulgaris. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5384166/ (Diakses pada 12 November 2019)