DokterSehat.Com – Milia adalah bintil-bintil kecil berkelompok berwarna kuning atau putih yang biasanya muncul di sekitar hidung, pipi, dan area bawah mata. Milia umumnya terjadi pada bayi, namun juga sering dialami orang dewasa. Ketahui apa itu milia, cara menghilangkan milia secara medis dan alami, dll.

cara-menghilangkan-milia-doktersehat

Apa Itu Milia?

Milia adalah gangguan pada kulit dimana terdapat bintil-bintil atau benjolan kecil berkelompok, terlihat seperti jerawat namun bukan jerawat. Milia umumnya terjadi di bagian kulit sekitar hidung, pipi, atau area bawah mata. Masalah kulit milia dapat terjadi pada siapa saja, namun paling sering terjadi pada bayi baru lahir.

Mila terjadi karena terdapat keratin yang terjebak di permukaan kulit dan menjadi bintil-bintil. Keratin adalah protein yang umumnya ditemukan di jaringan kulit, rambut, dan sel-sel kuku.

Penyebab Milia

Penyebab milia pada bayi tidak dapat dipastikan, namun 50% bayi yang baru lahir mengalami milia, namun tidak membahayakan dan akan hilang tanpa pengobatan khusus dalam beberapa minggu.

Sementara pada orang dewasa, berikut ini adalah penyebab milia yang paling umum, yaitu:

  • Terpapar sinar matahari terlalu lama
  • Kulit terbakar
  • Penggunaan krim steroid jangka panjang
  • Efek samping prosedur kecantikan seperti dermabrasi dan perawatan dengan laser
  • Kulit melepuh karena beberapa gangguan kulit, seperti epidermolysis bullosa (EB), pemfigoid cicatricial, atau porphyria cutanea tarda (PCT)
  • Kulit kehilangan kemampuan untuk eksfoliasi secara alami

Penyebab milia juga dikaitkan dengan penuaan atau tanda kerusakan kulit.

Cara Menghilangkan Milia secara Medis

Milia dapat hilang dengan sendirinya. Milia pada bayi akan hilang dalam waktu beberapa minggu, dan pada orang dewasa mungkin akan hilang setelah beberapa bulan tanpa perawatan khusus.

Bila milia mengganggu penampilan wajah Anda, berikut ini adalah cara menghilangkan milia secara medis, yaitu:

  1. Deroofing Milia

Deroofing adalah teknik bedah untuk mengeluarkan isi bintil-bintil putih milia. Dokter akan menghilangkan milia dengan menggunakan jarum atau pisau steril.

  1. Cryotherapy

Cryotherapy adalah cara menghilangkan milia secara medis yang paling umum dilakukan. Dokter akan menggunakan cairan nitrogen cair untuk membekukan bintil atau kista milia. Teknik ini dapat membuat kulit bengkak namun akan membaik dalam beberapa hari.

  1. Chemical Peels

Chemical peels adalah metode pengelupasan kulit lapisan paling atas untuk memicu regenerasi kulit baru yang lebih bersih dan sehat. Prosedur kecantikan dengan chemical peels juga bertujuan untuk menghilangkan berbagai gangguan kulit seperti kulit kusam, kering, jerawat, bintik merah, dll.

Baca Juga: Peeling Wajah: Manfaat, Jenis, Efek Samping, dll

  1. Ablasi Laser

Prosedur medis yang menggunakan energi panas dengan laser kecil yang difokuskan pada bintil-bintil tersebut untuk menghilangkan milia secara cepat dan efektif. Anda harus konsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum melakukan metode ini karena mungkin akan ada efek samping kulit lainnya.

  1. Diathermy

Diathermy adalah prosedur mengatasi milia dengan suhu panas ekstrim agar kista milia hilang. Diathermy umumnya digunakan untuk perawatan terapeutik untuk mengatasi masalah otot-otot dan persendian.

  1. Minocycline

Minocycline adalah cara menghilangkan milia secara medis dengan menggunakan antibiotik oral yang diresepkan oleh dokter sesuai dengan kondisi kulit Anda.

  1. Retinoid Topikal

Retinoid topikal adalah krim dengan kandungan vitamin A untuk membantu pengelupasan kulit. Retinoid adalah kelompok obat yang mengandung vitamin A dan umumnya digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit, mata, sistem umum, dan reproduksi.

Baca Juga: Milia: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

Cara Menghilangkan Milia secara Alami

Bila Anda tidak mau menggunakan perawatan medis untuk mengatasi milia, berikut ini adalah cara menghilangkan milia secara alami, yaitu:

  1. Uap Wajah  

Uap wajah atau facial steam adalah salah satu cara untuk mengatasi berbagai gangguan kulit wajah. Cara menghilangkan milia secara alami dengan uap wajah, yaitu:

  • Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu
  • Gunakan air hangat dan tuang ke wadah mangkuk besar atau baskom
  • Anda dapat menambahkan minyak esensial seperti minyak chamomile, mint, minyak zaitun, dll
  • Letakan handuk di kepala Anda menjebak uap air agar terkonsentrasi ke wajah Anda
  • Hadapkan wajah Anda dekat mangkuk tersebut selama uap air mengepul
  • Steam wajah Anda selama 7-10 menit dan pastikan tidak terlalu dekat dengan wajah Anda agar tidak terlalu panas
  • Steam wajah akan membuka pori-pori wajah, lanjutkan dengan perawatan menggunakan masker wajah
  • Setelah selesai, bilas wajah dan lanjutkan dengan menggunakan pelembap wajah

Manfaat uap wajah adalah untuk meningkatkan sirkulasi darah, membersihkan sebum, mencegah jerawat, membersihkan kulit sampai ke pori-pori, dll.

  1. Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit secara alami adalah salah satu cara menghilangkan milia yang efektif. Anda dapat menggunakan masker eksfoliasi alami seperti campuran gula dan kopi. Pilih bahan eksfoliasi kulit yang mengandung asam salisilat, asam sitrat, atau asam glikolat yang umumnya ada di berbagai kandungan produk kecantikan.

Baca Juga: 10 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati pada Wajah yang Alami dan Efektif

  1. Masker Madu Manuka

Manfaat madu manuka adalah untuk mengurangi peradangan, mengatasi iritasi kulit, serta merawat kesehatan kulit secara alami. Berikut ini adalah cara menghilangkan milia secara alami dengan masker madu manuka, yaitu:

  • Campur 4 sdm madu manuka dengan 1 sdm ekstrak kayu manis.
  • Panaskan kedua bahan sekitar 30 detik
  • Aplikasikan masker madu manuka ke wajah  dan diamkan selama sekitar 10 menit

Kandungan alami dalam madu manuka dipercaya dapat mengatasi milia secara efektif dan cepat.

  1. Semprotkan Air Mawar

Air mawar adalah agen antiinflamasi alami yang dipercaya dapat mengatasi berbagai kondisi kulit. Semprotkan air mawar 2-3 kali sehari untuk menghilangkan milia. Manfaat air mawar juga untuk membersihkan dan menghidrasi kulit.

  1. Jangan Memencet atau Mencungkil Milia Sendiri

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi milia adalah dengan tidak memencet, mencungkil, mengopek, menggaruk, atau tindakan lainnya. Tindakan ini malah akan memperburuk kondisi kulit Anda dan mungkin menimbulkan risiko gangguan kulit lainnya seperti berdarah, keropeng, bekas luka, hingga infeksi.

  1. Membersihkan Wajah secara Teratur

Milia dapat hilang dengan sendirinya dan lebih cepat apabila Anda rajin membersihkan wajah. Anda dianjurkan untuk membersihkan wajah dengan sabun pembersih yang kandungannya ringan dan tidak mengandung paraben. Bersihkan wajah Anda sebelum tidur untuk menghilangkan kuman dan sebum dari aktivitas Anda seharian.

Itulah berbagai cara menghilangkan milia. Bila milia tidak kunjung hilang atau selalu kambuh, Anda disarankan untuk konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Semoga informasi kesehatan ini dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

 

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

 

Sumber:

  1. Kinman, Tricia and Kristeen Cherney. 2018. Milium Cysts in Adults and Babies. https://www.healthline.com/health/milia. (Diakses pada 18 November 2019).
  2. Watson, Kathryn. 2018. How to Get Rid of Milia: 7 Ways. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/how-to-get-rid-of-milia. (Diakses pada 18 November 2019).
  3. Seymour, Tom. 2018. How can I get rid of milia?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320953.php. (Diakses pada 18 November 2019).