Terbit: 30 September 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada sejumlah cara menghilangkan memar di tubuh yang bisa Anda lakukan. Tidak sulit, kok karena yang Anda butuhkan hanyalah obat topikal dan bahan-bahan alami. Apa saja itu? Berikut informasi selengkapnya!

13 Cara Menghilangkan Memar secara Mudah

Apa Itu Memar?

Memar adalah suatu kondisi ketika pembuluh darah kapiler di area kulit yang terdampak pecah. Hal ini membuat kulit tampak berwarna kemerahan dan berkembang menjadi keunguan atau kebiruan. Selain itu, kulit yang mengalami memar akan membengkak dan terasa sakit saat disentuh.

Memar—disebut juga lebam—biasanya disebabkan oleh benturan keras. Namun, memar bisa juga disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Pada kebanyakan kasus, memar dapat sembuh dalam kurun waktu beberapa minggu. Kendati demikian, ada juga memar yang membutuhkan waktu lebih lama untuk benar-benar sembuh.

Cara Menghilangkan Memar di Tubuh

Memar umumnya merupakan kondisi ringan. Cara menghilangkan memar pun bisa dibilang mudah. Anda hanya perlu memanfaatkan obat topikal dan sejumlah bahan-bahan alami berikut ini.

1. Kompres Air Hangat

Cara mengobati memar yang pertama adalah dengan mengompres area tubuh yang terdampak menggunakan air hangat. Caranya bisa dengan menggunakan handuk atau kain lembut yang sudah dibasahi air hangat, kemudian letakkan di bagian tubuh yang terdapat memar tersebut selama beberapa menit setiap hari sampai memar sembuh.

Sensasi hangat yang didapat dianggap efektif untuk memperlebar pembuluh darah sehingga darah yang ‘terjebak’ akan kembali mengalir dan secara otomatis memar pun berangsur membaik.

2. Kompres Air Dingin

Selain dengan air hangat, Anda juga bisa menggunakan medium air dingin atau es batu (ice pack) guna mengatasi memar di kulit. Cara ini bertujuan untuk mendinginkan pembuluh darah sehingga dapat mengurangi jumlah darah yang bocor ke jaringan sekitarnya hingga membuat memar semakin parah.

Sama seperti cara pertama, yang harus Anda lakukan adalah meletakkan handuk atau kain lembut yang sudah dibasahi dengan air dingin di area kulit yang terdapat memar selama kurang lebih 10 menit. Selain dengan handuk, Anda juga bisa menggunakan ice pack, es batu, atau bungkusan sayur yang telah didinginkan.

3. Bungkus Perban

Metode pengobatan memar selanjutnya adalah dengan membungkus area kulit yang mengalami memar dengan perban.  Cara ini bertujuan untuk menekan jaringan dan membantu mencegah pembuluh darah bocor. Penggunaan perban juga dapat mengurangi tingkat keparahan memar dan membantu mengurangi nyeri dan bengkak.

4. Gel Lidah Buaya

Mengoleskan gel lidah buaya menjadi cara menghilangkan memar lainnya yang bisa Anda coba. Hal ini berangkat dari beberapa penelitian yang mengklaim jika gel dari tanaman yang memiliki nama ilmiah aloe vera tersebut efektif untuk mengatasi nyeri maupun peradangan (inflamasi).

Aplikasikan gel lidah buaya asli pada kulit yang mengalami memar setiap hari selama kurang lebih 10 menit. Setelah selesai, jangan lupa untuk membersihkan kulit dengan sabun untuk menghilangkan sisa-sisa gel.

5. Arnica

Arnica montana—atau arnica—adalah ramuan yang banyak digunakan untuk meredakan nyeri dan memar. Pasalnya, bahan alami ini mengandung senyawa yang diketahui memiliki efek antiinflamasi yang bisa diserap melalui kulit.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa arnica memiliki potensi untuk dapat dijadikan obat penghilang memar. Anda bisa menggunakan arnica dalam bentuk krim atau salep topikal, juga arnica dalam bentuk tablet minum (oral) dengan persentase kandungan sebanyak 20 persen.

Akan tetapi pada beberapa orang, cara ini mungkin dapat menimbulkan efek samping berupa ruam dan iritasi pada kulit. Jika Anda mengalaminya, segera hentikan pemakaian dan gunakan alternatif obat lainnya yang lebih aman.

6. Krim Vitamin K

Selain dengan krim arnica, cara mengobati memar juga bisa dengan menggunakan krim vitamin K. Dalam sebuah studi yang dirilis pada tahun 2002, krim vitamin K terbukti efektif untuk mengatasi memar yang muncul pasca terapi laser.

Anda bisa menemukan krim vitamin K ini di apotek maupun toko obat. Aplikasikan krim pada area kulit yang mengalami memar sebanyak 2 kali sehari. Ikuti petunjuk pemakaian yang tertera di kemasan dan jangan sungkan untuk bertanya pada apoteker saat hendak membelinya.

7. Krim Vitamin C

Jenis vitamin lainnya yang juga dianggap mampu mengatasi memar adalah vitamin C. Jadi, Anda juga bisa menggunakan krim dengan kandungan vitamin C guna mengobati kondisi ini.

Vitamin C memiliki sifat antiinflamasi yang telah teruji klinis mampu menyembuhkan luka pada tubuh, termasuk luka memar. Oleskan krim dengan kandungan vitamin C ini ke kulit yang memar sebanyak 2 kali sehari atau sesuai petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan.

Baca Juga: 7 Pertolongan Pertama pada Luka Memar yang Cepat dan Mudah!

8. Krim Hirudoid

Krim hirudoid adalah obat topikal yang memang biasa digunakan untuk mengatasi memar, pembengkakan, jaringan parut, dan peradangan pada pembuluh darah. Untuk menggunakan, cukup oleskan krim tipis-tipis pada bagian yang memar, sekali atau dua kali sehari.

Krim hirudoid juga tersedia dalam bentuk gel. Pastikan untuk menggunakan obat ini sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan.

9. Jahe

Bahan alami lainnya yang dapat dijadikan cara menghilangkan memar atau lebam adalah jahe. Jenis rempah yang satu ini diketahui mengandung senyawa antiinflamasi yang efektif untuk meyembuhkan luka di tubuh seperti memar.

Cuci jahe sampai bersih, hancurkan dan oleskan ke area yang bengkak. Kemudian, tutupi jahe dengan kain kasa atau plester. Biarkan semalaman untuk hasil terbaik dan ulangi selama satu atau dua hari.

10. Madu

Cara mengobati memar yang juga bisa Anda coba adalah dengan mengoleskan madu ke area kulit yang terdampak. Sama seperti jahe, madu juga diperkaya dengan kandungan senyawa alami yang bersifat antiinflamasi.

Oleskan madu ke area kulit yang memar, kemudian diamkan selama beberapa saat. Lakukan cara ini setiap hari sampai memar hilang.

11. Ekstrak Vanilla

Krim topikal dengan kandungan ekstrak vanilla menjadi cara alami mengatasi memar yang juga patut Anda coba. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan krim pada memar dan diamkan selama kurang lebih 1 menit. Lakukan metode sebanyak 2-3 kali per hari.

12. Nanas

Nanas dapat dijadikan sebagai medium pengobatan memar oleh karena buah berwarna kuning ini mengandung enzim yang bernama bromelain. Diketahui, bromelain ini merupakan agen antiinflamasi yang mampu menyembuhkan memar dan luka pada kulit.

Anda bisa mengoleskan nanas secara langsung ke area kulit yang terdampak. Mengonsumsi buah ini juga akan tetap membuat bromelain yang dimilikinya bekerja mengatasi memar pada kulit Anda.

13. Daun Bayam

Cara menghilangkan memar yang terakhir adalah dengan mengonsumsi daun bayam. Manfaat bayam untuk membantu mengatasi memar ini dikarenakan adanya kandungan zat berupa quercetin.

Itu dia informasi mengenai cara mengobati memar yang perlu Anda ketahui. Lamanya proses penyembuhan memar bisa berbeda-beda, tergantung dari seberapa parah memar yang dialami. Jika memar tidak kunjung membaik setelah mencoba cara-cara di atas, sebaiknya kunjungi dokter guna mendapat penanganan medis lebih lanjut.

 

  1. Berry, J. 2017. How to get rid of bruises: Home remedies. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320090#a-bruise-healing-diet (diakses pada 30 September 2020)
  2. Cronkleton, E. 2017. 10 Ways to Get Rid of Bruises. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-bruises#bottom-line (diakses pada 30 September 2020)
  3. McKay, R. 13 Ways to Get Rid of Bruises. https://www.who.com.au/13-ways-to-get-rid-of-bruises (diakses pada 30 September 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi