10 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat dan Alami!

cara-menghilangkan-mata-panda-doktersehat

DokterSehat.Com – Mata panda atau dark circle sangat mengganggu penampilan. Mata panda membuat wajah terlihat lelah dan tidak segar. Terkadang make up pun tidak bisa menjadi solusi untuk menutupinya. Yuk, ketahui penyebab munculnya mata panda dan cara menghilangkan mata panda berikut ini!

Penyebab Mata Panda

Mata panda tidak terbentuk begitu saja, tapi ada banyak sekali faktor yang mungkin memengaruhinya. Penyebab mata panda pada setiap orang dapat berbeda-beda. Berikut adalah beberapa penyebab paling umum dari munculnya mata panda:

1. Keturunan

Mata panda dapat muncul karena faktor genetik atau keturunan. Terdapat beberapa kondisi di mata mata panda muncul di usia muda lalu hilang seiring berjalannya waktu. Namun tidak jarang juga yang justru semakin terlihat jelas. Penyebab yang satu ini kemungkinan akan membuat mata panda lebih sulit untuk dihilangkan.

2. Kondisi kesehatan tertentu

Mata panda juga dapat bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu. Salah satunya adalah seperti gangguan tiroid yang bisa menyebabkan bagian bawah mata menghitam. Selain gangguan tiroid, dehidrasi juga bisa menjadi penyebab terbentuknya mata panda.

3. Paparan sinar matahari berlebihan

Paparan sinar matahari berlebihan juga dapat menyebabkan munculnya mata panda. Sinar matahari menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit dengan meningkatkan produksi melanin pada kulit. Hal ini lah yang membuat kulit menjadi lebih gelap, termasuk bagian bawah mata.

4. Ketegangan mata

Ketegangan pada mata bisa disebabkan oleh mata yang terlalu lama melihat layar ponsel, televisi, atau layar komputer. Akibat mata menegang, pembuluh darah yang ada di sekitar mata pun membesar dan memicu terbentuknya dark circle.

5. Cara membersihkan wajah yang salah

Penyebab mata panda lainnya adalah karena cara membersihkan wajah yang salah. Menggosok wajah terlalu keras di bagian bawah mata dapat membuat mata menghitam dan bahkan lebih cepat keriput. Bagian bawah mata cukup sensitif, sehingga harus dibersihkan dengan lebih lembut.

6. Penuaan

Mata panda juga bisa menjadi salah satu tanda penuaan. Semakin bertambahnya usia, produksi kolagen semakin berkurang dan elastisitas kulit juga berkurang serta kulit semakin menipis sehingga terbentuklah mata panda.

7. Pola tidur yang salah

Terbentuknya mata panda sangat berhubungan dengan pola tidur seseorang. Terlalu banyak tidur atau bahkan kurang tidur dapat memicu terbentuknya mata panda. Tubuh yang terlalu lelah juga dapat membuat kulit lebih kusam dan bagian bawah mata menghitam.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Cara menghilangkan mata panda pada dasarnya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Seletah mengetahui penyebabnya, barulah kita bisa menemukan cara menghilangkan mata panda dengan cepat. Menghilangkan mata panda juga bisa dibantu dengan cara alami. Berikut adalah berbagai cara mengatasi mata panda secara alami yang bisa Anda coba!

1. Teh celup

Menggunakan teh celup adalah salah satu cara menghilangkan mata panda secara alami. Gunakanlah kantung teh hijau celup karena kandungan antidoksidan pada teh hijau lebih tinggi. Simpan teh celup yang sudah basah ke dalam lemari es selama beberapa saat, setelah dingin tempelkan di bawah mata selama 15-20 menit.

2. Mentimun

Sama seperti teh celup dingin, mentimun juga memberi efek menyegarkan sehingga dapat dijadikan pilihan cara menghilangkan mata panda. Gunakan juga irisan mentimun yang sudah didinginkan. Selain menghilangkan dark circle, mentimun juga dapat membuat kulit lebih lembap.

3. Sendok dingin

Cara mengatasi mata panda selanjutnya dapat menggunakan sendok yag sudah didinginkan. Cara yang satu ini terbilang praktis untuk dilakukan jika menginginkan hasil yang cepat. Cara ini juga cukup ampuh, namun tidak memberikan efek baik lainnya pada kulit selain menyegarkan.

4. Minyak zaitun

Kemampuan minyak zaitun untuk merawat kulit memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Minyak zaitun juga dapat menjadi salah satu pilihan cara menghilangkan mata panda. Oleskan minyak zaitun di bagian bawah mata setiap sebelum tidur.

5. Tomat

Bahan alami lain yang tidak kalah baik untuk mengatasi mata panda adalah tomat. Buah yang satu ini memang dikenal dengan kemampuannya untuk mencerahkan kulit. Gunakan irisan tomat dingin di bawah mata selama 15-30 menit, lakukan setiap hari untuk hasil maksimal.

6. Minyak almond

Selain tomat, bahan alami lain yang bersifat mencerahkan adalah minyak almond. Minyak alami yang satu ini juga bisa Anda jadikan pilihan cara menghilangkan mata panda secara alami. Kandungan vitamin E yang tinggi dalam minyak ini juga dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit.

7. Air mawar

Air mawar memiliki banyak sekali manfaat untuk wajah. Kemampuan air mawar untuk menyegarkan wajah juga sudah dapat dipastikan, mengingat bahan alami satu ini sering difungsikan sebagai toner. Simpan air mawar di lemari pendingin, setelah itu gunakan kapas untuk mengompres bagian bawah mata menggunakan air mawar tersebut.

8. Minyak kelapa

Selain minyak zaitun dan almond, minyak yang tidak kalah baik untuk kulit adalah minyak kelapa. Cara menghilangkan mata panda menggunakan minyak kelapa sama seperti menggunakan minyak zaitun dan almond. Anda bisa mengaplikasikannya langsung di bagian bawah mata setiap malah sebelum tidur.

9. Aloe vera gel

Cara mengatasi mata panda selanjutnya adalah dengan menggunakan gel lidah buaya. Tanaman satu ini memang dikenal dapat melembapkan kulit hingga mencegah gangguan penuaan. Aloe vera gel juga bisa diaplikasikan menjadi sleeping mask, seperti minyak alami yang sudah disebutkan di atas.

10. Perbaiki pola tidur

Melakukan berbagai cara menghilangkan mata panda mungkin tidak akan pernah efektif jika tidak dibarengi dengan perbaikan pola tidur. Sebaiknya tinggalkan kebiasaan begadang karena dapat menyebabkan mata panda muncul hanya dalam waktu satu malam saja.

Itu dia beberapa cara menghilangkan mata panda dengan cepat dan alami. Cara di atas harus dilakukan dengan konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika tidak berhasil juga, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab dari terbentuknya mata panda tersebut.