10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut secara Alami

doktersehat-rambut-uban

DokterSehat.Com– Lingkungan yang kurang bersih ternyata sangat berdampak bagi kesehatan rambut Anda. Salah satu dampaknya adalah munculnya kutu rambut yang tidak hanya membuat penampilan kurang menarik. Namun, juga kerap menyebabkan rasa gatal yang disertai sensasi rasa panas. Maka segeralah mencari cara menghilangkan kutu rambut secara alami.

Kutu rambut tidak hanya menyerang anak kecil saja, orang dewasa juga dapat tertular jika sering melakukan kontak langsung dengan penderita kutu rambut. Kendati demikian, Anda masih dapat membersihkan kutu rambut dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami.

Cara Menghilangkan Kutu di Rambut

Berikut ini 10 cara menghilangkan kutu di rambut dengan bahan alami yang bisa Anda praktikkan di rumah.

1. Bawang putih

Cara membasmi kutu rambut yang pertama dengan mengoleskan pasta yang terbuat dari bawang putih. Dilansir dari laman Top 10 Home Remedies, aroma bawang putih yang menyengat dapat membuat kutu rambut pingsan atau bahkan langsung tewas. Selain itu, bawang putih mengandung bahan antibakteri yang menjaga kulit kepala tetap bersih dan terbebas dari risiko infeksi bakteri pada kulit kepala.

2. Tea tree oil

Selain digunakan untuk membasmi jerawat dengan ampuh, tea tree oil juga dapat digunakan untuk membasmi kutu rambut. Tea tree oil ternyata juga dikenal sebagai pestisida alami yang dapat membasmi berbagai jenis kutu, termasuk kutu rambut. Anda dapat mengaplikasikan tea tree oil secara langsung pada kulit kepala dan rambut atau menggunakan sampo yang mengandung tea tree oil.

3. Cuka

Cara menghilangkan kutu di rambut secara alami dengan bahan lain salah satunya menggunakan cuka. Kandungan cuka yang asam ternyata dapat membunuh kutu rambut dalam sekejap. Tidak hanya itu saja, penggunaan cuka juga ampuh mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala sehingga kutu rambut tidak betah menempel pada kulit kepala. Keuntungan lainnya, Anda dapat mengombinasikan cuka dengan beragam bahan lain.

Kutu rambut memang menjadi masalah yang cukup merepotkan. Pasalnya, siklus perkembangbiakan kutu rambut terbilang sangat cepat. Anda juga tidak hanya diharuskan membersihkan rambut dan kulit kepala saja. Namun, sejumlah benda-benda yang kerap digunakan. Mulai dari sisir hingga handuk.

 

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun bermanfaat melawan kutu dewasa dan juga membantu dengan mudah menghilangkan telur dari rambut menggunakan sisir halus. Cara membasmi kutu rambut dengan mengoleskan minyak zaitun secara menyeluruh ke seluruh kulit kepala dan rambut. Tutup dengan shower cap dan biarkan semalaman. Cuci dengan air hangat dan sisir untuk menghilangkan semua kutu dan telur di pagi hari. Lakukan cara ini selama satu hingga dua malam, jika diperlukan.

5. Minyak kelapa

Seperti minyak zaitun, minyak kelapa juga bisa membasmi kutu dan telur pada rambut dengan mudah. Menggunakan sisir kutu atau sisir halus dengan benar sangat penting agar cara alami ini berfungsi dengan baik.

Cara menghilangkan telur kutu dengan memanaskan minyak dan gunakan dengan hati-hati pada kulit kepala. Pijat selama beberapa menit dan tutup dengan shower cap. Biarkan selama dua jam. Kemudian, sisir secara menyeluruh dengan sisir kutu untuk menghilangkan kutu mati dan telur. Lalu gunakan sampo seperti biasa. Setelah rambut kering, oleskan minyak kelapa hangat lagi, tutup dengan shower cap baru, dan biarkan semalaman. Sisir rambut Anda di pagi hari untuk menghilangkan semua kutu mati dan telur dan bilas rambutmu. Ulangi cara ini sekali atau dua kali seminggu.

6. Minyak sayur

Bahkan jika Anda tidak memiliki minyak esensial atau minyak zaitun di rumah, Anda pasti memiliki minyak sayur di dapur. Minyak sayur ternyata juga dapat digunakan membasmi kutu seperti minyak yang telah disebutkan sebelumnya.

Cara menghilangkan kutu di rambut dengan mengoleskan minyak sayur ke rambut dan kulit kepala, tutup dengan shower cap, dan biarkan semalaman. Bilas dengan sampo keesokan paginya. Lakukan cara ini selama beberapa malam sampai semua kutu dan telur hilang.

7. Baking soda

Baking soda atau soda kue dapat membantu meredakan gatal pada kulit kepalakarena kutu. Ketika digunakan dalam kombinasi dengan kondisioner, bahan ini dapat membasmi kutu rambut kepala dengan menyempitkan sistem pernapasan mereka.

Cara membasmi kutu rambut dengan mencampurkan soda kue dan conditioner dan oleskan campuran ini ke seluruh kulit kepala dan rambut. Kemudian, sisir rambut dan setelah itu bersihkan sisir dengan handuk kertas. Anda akan melihat bahwa kutu dewasa, bayi kutu, dan juga telur kutu rontok dari rambut. Setelah menyisir seluruh rambut, bilas dengan sampo. Lakukan cara ini beberapa kali pada hari-hari berikutnya untuk menghilangkan kutu secara efektif.

8. Garam

Garam adalah antiseptik alami dan membunuh kutu dewasa dan bayi kutu. Bila garam dicampur dengan cuka dapat meluruhkan pada rambut. Bilas rambut secara tepat akan menghilangkan sebagian besar kutu dan telur kutu.

Caranya campur garam dalam cuka secara menyeluruh dan tuangkan ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan cairan ini ke seluruh kulit kepala dan rambut secara menyeluruh. Hati-hati saat menyemprot dekat mata dan telinga. Tutup dengan shower cap dan biarkan selama satu atau dua jam. Lalu bersihkan dengan sampo dan gunakan kondisioner. Lakukan cara ini dua atau tiga kali seminggu.

9. Sisir halus

Cara menghilangkan kutu rambut secara alami dengan benda, salah satunya dapat menggunakan sisir khusus. Menyisir dalam keadaan basah cara alami dapat membasmi kutu. Lakukan cara ini setiap tiga hingga empat hari selama dua minggu setelah Anda tidak melihat keberadaan kutu di rambut kepala Anda. Sebaiknya menyisir rambut menggunakan kondisioner, yang berbahan anti-kutu alami.

Penting untuk diperhatikan, jika anak berusia dua bulan atau kurang yang memiliki kutu, maka disarankan tidak menggunakan produk obat kutu. Selain itu, Anda hanya perlu menggunakan tangan dan sisir halus yang bagus untuk menghilangkan kutu. Untuk anak usia ini, menyisir basah, seperti yang telah jelaskan, direkomendasikan setiap tiga hingga empat hari selama tiga minggu setelah tidak ada lagi kutu.

10. Membersihkan sisir

Ketika berbicara tentang cara menghilangkan kutu di rambut, Anda pasti tidak ingin kutu rambut kembali bersarang di kepala Anda. Sebelum atau setelah menyisir rambut yang berkutu, sebaiknya bersihkan sisir halus secara rutin agar kutu tidak hinggap di antara celah sisir. Jadi cucilah sisir menggunakan sabun dan air yang sangat panas (130 derajat F terendah). Anda juga bisa merendam sisir dalam alkohol selama setidaknya satu jam. Anda bahkan dapat melakukan pencucian dan perendaman jika itu membuat Anda merasa lebih baik. Cara ini juga termasuk benda yang berkaitan dengan rambut seperti jepit rambut, ikat rambut, ikat kepala, dan lainnya.

Itulah cara menghilangkan kutu di rambut dengan bahan-bahan alami yang mudah Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba, Teman Sehat!