Terbit: 8 Januari 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Ada sejumlah cara menghilangkan kutil di tangan yang sangat mengganggu. Ya, kutil memang bisa muncul di bagian kulit manapun, tidak terkecuali tangan. Oleh karena itu, simak informasi cara mengatasi kutil di tangan berikut ini!

7 Cara Menghilangkan Kutil di Tangan (Medis & Alami)

Kutil di Tangan, Kok Bisa?

Kutil adalah benjolan kecil pada permukaan kulit dengan tekstur keras, kasar, memiliki warna kecokelatan, dan biasan terasa gatal atau bahkan sakit saat disentuh. Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang sering terkena masalah kulit yang satu ini.

Timbulnya kutil di tangan bukan tanpa alasan. Kutil muncul akibat adanya infeksi virus, tepatnya human papilloma virus atau virus HPV. Infeksi virus HPV ini lantas berdampak pada produksi keratin yang berlebihan. Akibatnya, keratin menumpuk di permukaan kulit. Penumpukan keratin inilah yang kita lihat sebagai kutil.

Cara Menghilangkan Kutil di Tangan secara Medis

Kutil di tangan memang sangat mengganggu. Tak hanya menyebabkan rasa gatal dan nyeri, kutil juga bisa mengurangi estetika penampilan.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan kutil di tangan? Simak informasinya berikut ini!

1. Asam Salicylic

Cara menghilangkan kutil di tangan yang pertama adalah dengan menggunakan asam salicylic.

Asam salicylic sendiri kerap menjadi pilihan utama orang-orang yang ingin menghilangkan kutil. Ini karena bahan kimia tersebut memang telah terbukti ampuh.

Menurut studi yang dirilis oleh American Academy of Family Physicians (AAFP), asam salicylic efektif untuk membunuh virus HPV sekaligus memulihkan kondisi area kulit yang terkena masalah kulit yang satu ini.

Akan tetapi, manfaat dari asam salicylic dalam menghilangkan kutil di tangan ini baru bisa terlihat setelah pemakaian 3 bulan. Oleh karena itu, gunakan obat ini secara rutin jika ingin kutil benar-benar hilang.

2. Terapi Laser

Pada kasus tertentu, kutil di tangan memerlukan terapi khusus untuk menghilangkannya. Salah satu dari metode tersebut adalah terapi laser.

Terapi laser bertujuan untuk “membakar” kutil di tangan hingga benar-benar hilang. Akan tetapi, tingkat keberhasilan terapi laser ini bergantung pada zat kimia yang digunakan bersamanya saat hendak menghilangkan kutil.

Menurut sebuah studi yang dirilis pada tahun 2011—sebagaimana dilansir dari Medical News Today—asam aminolevulinic menjadi bahan kimia yang paling bisa menunjang terapi laser dalam menghilangkan kutil di tangan.

Akan tetapi, penggunaan bahan kimia ini tentu disesuaikan lagi dengan kondisi pasien karena tidak semua pasien cocok untuk diberikan bahan kimia tersebut.

3. Antigen

Dokter juga mungkin akan memberikan suntikan antigen sebagai cara mengatasi kutil di tangan.

Fungsi dari antigen ini adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, diharapkan sistem imun dapat menghambat perkembangan virus HPV.

Baca Juga: Mata Ikan di Tangan: Penyebab, Gejala, Pengobatan

Cara Menghilangkan Kutil di Tangan secara Alami

Selain dengan pengobatan medis, menghilangkan kutil di tangan juga bisa dengan memanfaatkan sejumlah bahan-bahan alami yang ada di rumah Anda, lho!

Berikut ini adalah cara menghilangkan kutil secara alami yang bisa Anda terapkan.

1. Cuka Apel

Cara menghilangkan kutil di tangan dapat dilakukan dengan memanfaatkan cuka sari apel.

Tingkat keasaman yang sangat tinggi dari cuka apel dipercaya mampu merusak jaringan kulit yang terkena kutil. Dengan mekanisme ini, kutil diklaim akan secara alami terkelupas dari kulit. Pun, cuka apel membantu mencegah kutil kembali di kemudian hari.

Cara menghilangkan kutil dengan cuka apel adalah sebagai berikut:

  • Siapkan sekitar 2 sendok makan cuka sari apel, beberapa bola kapas, dan perban
  • Rendam bola kapas di dalam cuka sari apel. Biarkan hingga benar-benar meresap, dan kemudian peras secara perlahan agar tidak menetes ketika Anda mengaplikasikannya ke kutil.
  • Letakkan di atas kutil, dan kemudian gunakan perban. Ulangi cara ini setiap hari hingga kutil benar-benar hilang

2. Bawang Putih

Masih dengan cara alami, cara menghilangkan kutil selanjutnya adalah dengan menggunakan ekstrak bawang putih.

Dilansir dari Healthline, bawang putih memiliki kandungan zat yang bersifat antivirus bernama allium sativum. Oleh karena kutil di tangan disebabkan oleh infeksi virus, maka tak salah jika turut memasukkan ekstrak bawang putih ini ke dalam daftar bahan alami untuk menghilangkan kutil.

Anda bisa mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan ke kutil yang berada di tangan. Lakukan cara menghilangkan kutil di tangan dengan bawang putih ini secara rutin 1-2 kali sehari sampai kutil benar-benar hilang.

3. Lemon

Cara menghilangkan kutil di tangan secara alami lainnya yang patut Anda coba adalah dengan menggunakan lemon.

Menurut sebuah studi yang dirilis oleh India Journal of Dermatology, lemon memiliki kandungan zat asam yang efektif untuk membuat kutil terkelupas sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di sekitarnya.

Anda bisa mengoleskan daging buah lemon atau air perasannya pada kutil. Lakukan cara yang satu ini setiap hari 1-2 kali sampai kutil benar-benar hilang.

4. Lakban

Cara menghilangkan kutil di tangan juga bisa menggunakan lakban. Meski terdengar aneh, tetapi metode ini diklaim efektif!

Menghilangkan kutil dengan lakban, selain “murah meriah”, juga lebih aman ketimbang “membakar” kutil dengan nitrogen cair atau bahan kimia lain yang kadang-kadang digunakan untuk menyingkirkannya.

Lakban bagus untuk hampir semua hal, tetapi menghilangkan kutil jelas merupakan hal yang mengejutkan. Lakban berfungsi untuk memblokir oksigen agar tidak terkena kutil yang mana hal ini berdampak pada terhambatnya pertumbuhan kutil tersebut.

Berikut ini petunjuk cara mengatasi kutil di tangan menggunakan lakban:

  • Potong lakban dan tempelkan pada kulit yang berkutil.
  • Gunakan lakban selama beberapa hari – jika jatuh, cukup gunakan lembaran lakban baru.
  • Lepaskan lakban dan rendam area yang terkena dalam air. Gosok lembut permukaan kutil menggunakan batu apung.

Perlu diingat, bahan-bahan alami di atas belum dapat dipastikan efektivitasnya sehingga Anda janga terlalu bergantung pada cara-cara tersebut. Sejauh ini, pengobatan secara medis merupakan cara menghilangkan kutil yang paling efektif.

 

  1. Anonim. Common Warts. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-warts/diagnosis-treatment/drc-20371131 (Diakses pada 8 Januari 2020)
  2. Hecht, M. 2017. Everything you should know about periungual warts. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/periungual-warts (Diakses pada 8 Januari 2020)
  3. Leonard, J. 2018. How do you get rid of periungual warts? https://www.medicalnewstoday.com/articles/321672.php (Diakses pada 8 Januari 2020)
  4. Nall, R. 2018. Salicylic Acid for Wart Treatment. https://www.healthline.com/health/salicylic-acid-wart-removal (Diakses pada 8 Januari 2020)
  5. Watson, K. 2018. Can Duct Tape Get Rid of Warts? https://www.healthline.com/health/duct-tape-for-warts#1 (Diakses pada 8 Januari 2020)
  6. Whelan, C. 2018. Ways to Remove a Wart on Your Finger. https://www.healthline.com/health/removing-wart-on-finger (Diakses pada 8 Januari 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi