Tak Perlu ke Dokter, 7 Cara Menghilangkan Kutil di Leher Secara Alami

cara-hilangkan-kutil-di-leher-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda memiliki kutil di leher? Memiliki kutil di leher memang menjadi sebuah beban. Adanya kutil pada tubuh memang sangat mengganggu penampilan sehingga menjadi tidak percaya diri. Banyak orang dengan kutil di leher yang akhirnya melakukan beberapa cara menghilangkan kutil di leher.

Ada beberapa cara menghilangkan kutil di leher. Beberapa orang melakukannya melalui tindakan pengangkatan kutil di klinik atau rumah sakit. Padahal ada beberapa cara menghilangkan kutil di leher yang hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana di rumah. Mari kita simak informasi lebih lanjut di bawah ini.

Apa itu kutil?

Sebelum mengetahui informasi mengenai cara menghilangkan kutil di leher, sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu pengertian dari kutil. Kutil adalah sebuah tumpukan lapisan kulit yang tumbuh akibat adanya serangan dari virus HPV atau human papilloma virus. Anda tidak perlu panik karena kutil tidak memiliki sifat kanker.

Bagaimana kutil bisa muncul?

Mungkin Anda merasa heran karena tanpa Anda sadari, telah terdapat kutil di bagian tubuh Anda. Sebuah pertanyaan pun muncul, “Bagaimanakah bisa ada kutil di tubuh saya?”. Biasanya kutil tumbuh karena pada bagian tersebut terdapat luka atau lecet. Kutil juga bisa tumbuh karena Anda telah bersentuhan dengan orang yang memiliki kutil.

Human papilloma virus akan dengan mudah menyerang area kulit tubuh yang memiliki luka. Virus HPV pun telah masuk ke dalam permukaan kulit. Serangan virus HPV akan memicu peningkatan produksi keratin. Hasil produksi keratin yang berlebih ini pun akhirnya terakumulasi dan menjadi sebuah kutil.

Di mana kutil biasa muncul?

Biasanya kutil muncul di beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, wajah, dan leher. Ada juga kutil yang muncul di kuku jari kaki atau kuku jari tangan. Pada kasus yang jarang terjadi, kutil bisa muncul di bagian tubuh yang bersifat pribadi seperti alat kelamin, anus, dan selangkangan.

Apakah kutil menular?

Kutil memang bisa ditulari oleh orang yang sudah memiliki kutil. Akan tetapi, tidak semua orang akan tertular apabila bersinggungan dengan kutil seseorang. Biasanya, penularan terjadi apabila orang tersebut sedang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Kasus kutil biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak cenderung memiliki imunitas yang lebih rendah daripada orang dewasa. Bagi Anda yang sedang memiliki kutil di leher, tidak perlu sedih dan panik karena ada beberapa cara menghilangkan kutil di leher.

Cara menghilangkan kutil di leher secara alami

Tindakan dokter mungkin bisa secara efektif untuk menghilangkan kutil di leher. Akan tetapi, bagi orang tertentu cara alami merupakan cara yang lebih aman dan juga terjangkau. Belum banyak yang tahu bahwa kutil di leher Anda bisa hilang hanya dengan menggunakan beberapa bahan alami yang sederhana di dapur Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan kutil di leher secara alami:

1. Bawang putih

Mungkin Anda tidak pernah menyangka sebelumnya bila bawang putih bisa menjadi solusi untuk menghilangkan kutil di leher Anda. Salah satu bumbu dapur serba guna ini memang bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan kutil di leher.

Pasalnya, bawang putih memiliki kandungan allicin. Kandungan allicin di dalam bawang putih memiliki sifat antimikroba yang cukup kuat. Sifat antimikroba pada bawang putih mampu mengusir virus penyebab kutil. Selain virus, allicin juga bisa menuntaskan bakteri, jamur, dan parasit lainnya yang membuat adanya masalah pada kulit.

Cara menghilangkan kutil di leher dengan bawang putih adalah dengan mengupas beberapa siung bawang putih lalu bilaslah bawang putih yang telah dikupas. Hancurkan beberapa siung bawang putih tersebut hingga menjadi seperti pasta. Oleskanlah pada bagian tubuh yang terdapat kutil. Lalukanlah setiap hari hingga kutil terangkat.

2. Kunyit

Selain bawang putih, ternyata masih ada bumbu dapur yang bermanfaat untuk menghilangkan kutil di leher. Gunakanlah kunyit sebagai salah satu cara untuk menghilangkan kutil di leher.

Di dalam kunyit juga terdapat kandungan yang bersifat antimikroba sehingga bisa mengatasi infeksi dan menghilangkan kutil. Cara menggunakan kunyit untuk menghilangkan kutil adalah dengan menghancurkan kunyit hingga menjadi sebuah pasta.

Anda juga bisa membuatnya dari bubuk kunyit lalu dicampur dengan sedikit air dan jadilah pasta kunyit. Oleskanlah pasta kunyit tersebut pada area tubuh yang terdapat kutil lalu biarkanlah selama 30 menit. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari hingga kutil hilang.

3. Kentang

Tahukah Anda bahwa ada jenis umbi-umbian yang bisa menjadi solusi untuk mengangkat kutil Anda? Umbi tersebut adalah kentang. Ya, Anda bisa menggunakan kentang sebagai cara menghilangkan kutil di leher. Ada zat di dalam kentang yang bisa membunuh virus HPV sehingga kutil menjadi semakin kecil dan hilang dalam beberapa minggu.

Cara menggunakan kentang untuk menghilangkan kutil adalah dengan mengiris sebuah kentang mentah menjadi beberapa irisan lalu gosok-gosokkan irisan kentang tersebut pada area leher yang terdapat kutil dengan cukup kuat. Anda bisa melakukan cara ini setiap hari sampai kutil menghilang.

4. Kulit pisang

Selain bumbu dapur dan umbi, terdapat cara menghilangkan kutil di leher dengan menggunakan bahan yang berasal dari jenis buah-buahan. Kulit Pisang merupakan solusi untuk menghilangkan kutil di leher Anda.

Mengapa kulit pisang bisa menghilangkan kutil? Ada enzim yang dikandung oleh kulit pisang yang memiliki sifat antimikroba sehingga virus HPV penyebab kutil di leher Anda bisa disingkirkan. Selain itu, enzim tersebut juga bisa meremajakan kulit yang terinfeksi oleh virus HPV.

Cara menghilangkan kutil di leher dengan menggunakan kulit pisang adalah dengan cara mengosok-gosokkan kulit pisang ke bagian leher yang terdapat kutil. Lakukan cara tersebut setiap hari selama beberapa menit sehingga kutil terlepas.

5. Minyak kelapa

Kelapa juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan kutil di leher yang berasal dari jenis buah-buahan. Dengan menggunakan minyak yang terbuat dari kelapa, kutil di leher bisa dihilangkan. Di dalam minyak kelapa terdapat asam lemak yang bersifat antimikroba sehingga bisa menghilangkan kutil di leher dengan efektif.

Buatlah minyak kelapa rumahan yang terjamin keasliannya. Janganlah menggunakan minyak kelapa yang dijual karena bisa jadi mengandung pengawet atau campuran zat lain yang bisa berbahaya. Cara menghilangkan kutil di leher dengan menggunakan minyak kelapa adalah dengan memanaskan sebentar minyak kelapa lalu oleskanlah pada kutil.

Anda bisa mengoleskan minyak kelapa sambil memijat kutil tersebut selama beberapa menit hingga minyak terserap. Biarkan sebentar hingga minyak mengering lalu bilas. Lakukan cara ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

6. Baking soda

Ada satu bahan di dapur yang bisa Anda jadikan sebagai cara menghilangkan kutil di leher. Bahan tersebut adalah baking soda. Selain berguna untuk membuat kue, baking soda juga bisa untuk menghilangkan kutil di leher. Di dalam baking soda terdapat bahan yang memiliki sifat sebagai agen untuk menghancurkan kutil sehingga kutil menghilang.

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan kutil di leher Anda adalah dengan mencampurkan 3-4 sendok makan baking soda dengan semangkuk air. Larutkanlah baking soda dengan air dan berikanlah pada kulit yang terdapat kutil. Biarkan selama 30 menit hingga mengering. Lakukan cara ini hingga kutil menghilang.

7. Cuka sari apel

Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa cuka sari apel sangat baik untuk menjaga kesehatan. Cuka sari apel ternyata juga bisa untuk menghilangkan kutil di leher. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan asam asam asetat di dalam cuka sari apel. Asam asetat tersebut bisa merusak jaringan kutil yang ada di leher Anda.

Cara menggunakan cuka sari apel untuk menghilangkan kutil adalah dengan mengolesi kutil dengan cuka sari apel melalui bola-bola kapas. Gunakan cara ini setiap malam saat hendak tidur. Biarkan bola-bola kapas yang sudah direndam dengan cuka sari apel yang direkatkan dengan perekat selama semalaman dan buka kapas di pagi hari.