Terbit: 3 Oktober 2019
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Membersihkan cat kuku atau kutek tidak melulu harus dengan aseton, melainkan ada cara menghilangkan kutek tanpa aseton lainnya yang—walaupun tidak secepat aseton—namun terbilang ‘aman’. Apa saja cara membersihkan kutek tanpa aseton yang bisa Anda coba di rumah?

8 Cara Menghilangkan Kutek Tanpa Aseton (Lebih Aman)

Cara Menghilangkan Kutek Tanpa Aseton

Kutek di kuku tidak lagi menarik dan Anda ingin menggantinya dengan pilihan warna atau motif lain? Atau, kutek tidak sengaja tumpah mengenai pakaian kesayangan? mengatasi hal ini, aseton umumnya menjadi pilihan utama.

Tak hanya aseton, membersihkan kutek juga bisa dengan sejumlah cara lainnya, kok. Bahkan lebih dianjurkan mengingat tingkat keamanannya lebih baik. Berikut ini adalah cara menghilangkan kutek tanpa aseton yang bisa Anda coba di rumah.

1. Hair Spray

Di samping fungsi utamanya untuk menata dan menutrisi rambut, hair spray juga bisa difungsikan sebagai pembersih cat kuku, lho.

Cara menghilangkan kutek yang satu ini sangat mudah. Anda hanya perlu menyediakan hair spray dan kapas. Semprotkan hair spray pada kapas secukupnya. Kemudian, usapkan kapas pada kuku secara searah dan perlahan sampai kutek hilang seutuhnya. Setelah cat kuku atau kutek hilang, jangan lupa untuk membersihkan kuku dengan air dan mengoleskan krim pelembap untuk menjaga kuku dan tangan Anda tetap terhidrasi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

2. Cuka dan Lemon

Cara menghilangkan kutek tanpa aseton selanjutnya adalah dengan memanfaatkan cuka dan lemon.

Ya, kombinasi cuka dan lemon yang sama-sama memiliki sifat asam dinilai efektif untuk membersihkan cat kuku. Walaupun asam, cuka dan lemon tergolong aman bagi kuku karena keduanya bebas dari kandungan alkohol.

Sediakan 2 (dua) sendok makan cuka kemudian campurkan dengan beberapa tetes air perasan jeruk lemon. Tunggu selama 10-20 menit, lalu basahi kapas dengan air tersebut dan usapkan pada kuku Anda sampai kutek terangkat seluruhnya.

Ingat untuk membersihkan kuku dengan air dan mengoleskan krim pelembap setelahnya.

3. Hidrogen Peroksida

Selain aseton, hidrogen peroksida adalah zat kimia lainnya yang juga dianggap efektif untuk menghilangkan kuteks.

Hidrogen peroksida adalah bahan kimia yang memang umum dijadikan komposisi produk pemutih pakaian sehingga sudah jelas fungsi utamanya adalah sebagai penghilang noda. Hidrogen peroksida memicu pelepasan oksigen secara alami. Aktivitas ini yang kemudian membantu menghilangkan cat kuku alias kutek.

Campurkan setengah cangkir hidrogen peroksida dengan seperempat cangkir air hangat. Kemudian, rendam jari-jari Anda sambil mengelupasi kutek. Jika sudah selesai, bersihkan lagi kuku dengan air, keringkan, lalu oleskan krim pelembap.

4. Alkohol

Bahan kimia non-aseton lainnya yang bisa dijadikan cara menghilangkan kutek tanpa aseton adalah alkohol.

Efektivitas alkohol mungkin tidak sebesar aseton. Dalam artian, cara ini mungkin akan lebih banyak memakan waktu sampai sisa-sisa cat kuku benar-benar hilang. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba menggunakan alkohol untuk membersihkan kutek.

Caranya juga sangat mudah, Anda tinggal membasahi kapas dengan cairan alkohol kemudian usapkan kapas ke kuku secara perlahan.

5Hand Sanitizer

Hand sanitizer adalah cairan atau gel antiseptik yang kegunaannya untuk membersihkan tangan dari kuman dan kotoran yang menempel. Akan tetapi, hand sanitizer juga bisa menjadi alternatif cara menghilangkan kutek tanpa aseton.

Oleskan hand sanitizer secukupnya pada kuku-kuku Anda, kemudian diamkan selama beberapa saat sampai kutek yang menempel pada kuku melunak. Setelah itu, kikis kutek menggunakan kapas atau kain halus. Bersihkan kuku dengan air dan olesi pelembap.

6. Pasta Gigi

Persediaan aseton Anda habis dan belum sempat membelinya lagi? Jika tidak ingin repot-repot keluar rumah, gunakan saja pasta gigi di kamar mandi untuk membersihkan kutek yang menempel pada kuku.

Ya, menggunakan pasta gigi adalah cara menghilangkan kutek yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya. Oleskan pasta gigi pada kuku-kuku jari Anda, kemudian diamkan selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu, kikis kutek menggunakan kapas atau kain halus.

Setelah kutek tak lagi tersisa, bersihkan kuku dan tangan sekali lagi dengan air.

7. Baking Soda

Alternatif cara menghilangkan kutek tanpa aseton yang juga layak Anda coba adalah menggunakan baking soda. Baking soda memiliki sifat abrasif sehingga dapat membantu mengikis cat kuku.

Cara menggunakan baking soda untuk membersihkan kutek yakni dengan mencampurkannya dengan air hangat hingga menjadi pasta.  Setelah itu, oleskan pada kuku Anda dan diamkan selama beberapa saat.

Kemudian, usap kuku dengan kapas sampai cat kuku terangkat seluruhnya. Terakhir, bersihkan kuku dengan air dan oleskan pelembap agar kuku dan tangan tidak mengalami dehidrasi.

8. Alat Pengikir Kuku

Kutek yang sudah lama berada pada kuku akan berkurang ketebalannya. Pun, kutek jadi lebih rapuh. Jika kasusnya seperti ini, maka Anda dapat menerapkan cara menghilangkan kutek  yang satu ini.

Adalah pengikir kuku yang mana alat ini cukup efektif untuk mengangkat cat kuku yang sudah mulai rapuh. Kendati demikian, cara ini juga harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Pasalnya, aktivitas mengikir kuku yang dilakukan secara kasar dan tergesa-gesa justru berpotensi merusak kuku Anda.

Untuk meminimalisir kerusakan kuku, selain menggosok kuku secara perlahan Ada baiknya Anda merendam kuku terlebih dahulu di air hangat untuk melunakkan kutek. Setelah itu, barulah gosok kuku. Bersihkan sisa kutek dengan air guna mengakhiri proses ini.

Mengapa Menggunakan Penghilang Kutek Non-Aseton?

Mengapa Anda harus mempertimbangkan cara menghilangkan kuku tanpa aseton? Jawabannya tentu saja karena aseton lebih berisiko untuk menyebabkan sejumlah masalah, khususnya jika penggunaannya dilakukan secara berlebihan.

Beberapa masalah yang ditimbulkan akibat pemakaian aseton secara berlebihan seperti:

  • Kerusakan kuku
  • Iritasi kulit
  • Keracunan
  • Kebakaran
  • Penyakit ketoasidosis

Itu dia informasi mengenai cara menghilangkan kutek tanpa aseton yang perlu Anda ketahui dan bisa coba sendiri di rumah. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. What is Acetone. https://www.webmd.com/diet/what-is-acetone#1 (Diakses pada 2 Oktober 2019)
  2. Jahns, E. 2017. How to Remove Nail Polish without Nail Polish Remover. https://www.byrdie.com/how-to-remove-nail-polish-without-nail-polish-remover (Diakses pada 3 Oktober 2019)
  3. Silver, N. 2019. How to Remove Nail Polish from Your Nails, Skin, and Clothing. https://www.healthline.com/health/how-to-remove-nail-polish  (Diakses pada 3 Oktober 2019)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi