12 Cara Menghilangkan Kantung Mata secara Alami, Mudah & Cepat

cara-menghilangkan-kantung-mata-doktersehat

DokterSehat.Com – Munculnya kantung mata di bawah mata adalah sesuatu yang sangat mengganggu rasa percaya diri seseorang. Kondisi ini membuat banyak orang mencari tahu bagaimana cara menghilangkan kantung mata. Berbagai cara pun dilakukan untuk mengatasinya.

Perlu diketahui, munculnya kantung mata, lingkaran hitam, kerutan halus di bawah mata, atau mata yang turun, merupakan tanda kulit sedang mengalami proses penuaan. Karena itu, tak heran bila seseorang bisa terlihat lebih tua dibanding usia sebenarnya gara-gara problem di sekitar mata tadi.

Cara Menghilangkan Kantung Mata secara Alami

Ada berbagai pilihan cara menghilangkan kantung mata secara alami yang bisa Anda praktikkan di rumah, berikut penjelasannya:

1. Kompres Dingin

Cara menghilangkan kantung mata yang umum digunakan adalah dengan kompres dingin. Kompres mata Anda dengan sendok biasa yang telah didinginkan. Kompres menggunakan sendok dingin dapat mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan di daerah mata bawah.

Didinginkan sendok selama 30 menit di lemari es (Anda bisa menyiapkannya sebanyak 4 hingga 5 sendok). Kompreskan bagian cekung sendok pada kantung mata selama 15 hingga 20 menit. Lakukan cara ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain sendok dingin, Anda juga bisa mengompres dengan kain yang telah dicelupkan pada air dingin.

2. Minum Air yang Cukup

Tubuh terdiri dari 60 persen cairan, tetapi ketika tubuh dehidrasi mungkin menyebabkan munculnya kantung mata. Oleh karena itu, cara menghilangkan kantung mata sangat mudah, Anda hanya memerlukan asupan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi dan membantu mencegah terbentuknya kantung mata.

Para ahli menyarankan minum sekitar 13 gelas cairan sehari untuk pria, dan untuk wanita sekitar 9 gelas cairan sehari. Tidak hanya air, semua cairan dihitung terhadap total harian. Tetapi, air adalah pilihan terbaik karena rendah kalori.

3. Masker Kentang

Sayuran seperti kentang juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata secara alami. Manfaat masker kentang dalam dunia kecantikan ialah dapat digunakan untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit. Kentang juga dapat meredakan peradangan di bawah mata.

Penggunaan masker kentang pada wajah bukan saja akan menghilangkan kantung mata, juga kerutan-kerutan halus pada wajah.

Caranya, kupas satu buah kentang kemudian parut. Gunakan kain untuk membungkus parutan kentang, kemudian tempelkan di sekitar mata, dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Lakukan cara ini sebanyak dua atau tiga kali dalam sehari, bisa sebelum tidur dan saat bangun pagi.

4. Masker Mentimun

Mentimun segar adalah salah satu cara menghilangkan kantung mata yang terbaik. Manfaat mentimun dapat mengurangi iritasi dan mengurangi pembengkakan, karena memiliki efek mendinginkan.

Manfaat mentimun tidak hanya membantu mengatasi kantung mata, tetapi juga dapat membantu menghilangkan mata panda dan kerutan di sekitar mata.

Caranya, simpan irisan mentimun (usahakan tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis) di lemari es selama 10 hingga 15 menit. Kemudian tempelkan irisan mentimun pada kantung mata selama 10 menit hingga 15 menit. Lakukan cara ini beberapa kali sehari.

5. Aloe Vera

Berkat kandungan vitamin dan antioksidan, manfaat lidah buaya tidak hanya mengurangi kantung mata, juga dapat mencerahkan kulit dan sebagai antipenuaan.

Cara penggunaan lidah buaya atau aloe vera cukup mudah, oleskanlah gel aloe vera segar pada kulit di bawah mata atau kantung mata secara hati-hati. Biarkan selama 8 hingga 10 menit. Setelah mengering, bilas menggunakan air dingin hingga bersih. Lakukan cara menghilangkan kantung mata ini dua kali sehari.

6. Stroberi

Buah ini mengandung polisakarida yang memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan. Mengoleskan stroberi secara rutin pada area mata akan membantu Anda menghilangkan kantung mata.

Haluskanlah beberapa buah stroberi segar (stroberi organik lebih baik), kemudian oleskan dengan hati-hati di bawah mata dan biarkan selama 10 hingga 12 menit. Setelah mengering, bilas dengan air dingin. Anda bisa melakukan cara ini sekali setiap hari.

7. Lemon

kandungan vitamin C dalam perasan air lemon berkhasiat menghilangkan semua racun dari mata yang tampak lelah dan bengkak yang membentuk kantung mata. Lemon juga mengandung sifat antiinflamasi.

Buah yang menyegarkan ini juga dapat membantu menghilangkan mata panda, karena air lemon mengandung asam yang memiliki sifat mencerahkan kulit. Penggunaan lemon bisa dikombinasikan dengan dengan susu yang melembapkan dan menutrisi kulit.

Caranya, campurkan satu sendok teh air perasan lemon dengan satu sendok susu. Celupkan bola kapas dan oleskan secara lembut pada area mata. Setelah mengering, bilas menggunakan air dingin. Lakukanlah dua kali sehari.

8. Masker Putih Telur

Putih telur menjadi bahan yang sering digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata secara alami. Putih telur mengandung sifat mengencangkan kulit yang membantu mencegah kantung mata dan kerutan.

Pertama tentu sisihkan putih telur dan kocok hingga menjadi kaku. Oleskanlah secara lembut menggunakan kuas pada area mata dan biarkan hingga mengering selama beberapa waktu. Kemudian bilas menggunakan air hangat setelah 15 menit.

Anda bisa menggunakan pengobatan rumah ini sekali sehari dan Anda akan melihat hasilnya dalam beberapa hari.

9. Minyak Kelapa

Berkat kandungan asam laurat, sifat anti-inflamasi, dan nutrisi penting bagi kulit, minyak kelapa dapat membantu menghilangkan kantung mata.

Gunakanlah minyak kelapa extra virgin sambil memijat pada area kantung searah dan berlawanan jarum jam, dan pijatlah dengan lembut selama beberapa menit.

Anda bisa melakukannya setiap malam sebelum tidur dan membiarkannya semalaman. Mempraktikkan cara menghilangkan kantung mata dengan minyak kelapa secara teratur akan memberikan hasil maksimal.

10. Kantong Teh Celup

Menerapkan kantong teh bekas di area kantung mata adalah cara menghilangkan kantung mata secara alami. Anda bisa menggunakan teh hijau atau hitam.

  • Kantong Teh Hangat

Kafein yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengurangi pembengkakan yang biasanya disebabkan oleh akumulasi cairan di area mata.

Rendam dua kantong teh dalam air hangat selama sekitar lima menit. Tentu seduhan teh bisa Anda minum. Setelah kantong teh menghangat, letakkan di atas kelopak mata. Untuk hasil yang maksimal, tutupi dengan kain lembut dan biarkan selama sekitar 30 menit. Lakukan cara ini beberapa kali sehari.

  • Kantong Teh Hijau Dingin

Sementara itu, teh hijau mengandung antioksidan yang berkhasiat meremajakan kulit di sekitar mata dan membantu mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan pembengkakan retina. Teh hijau juga mengandung tanin yang membantu mengurangi peradangan mata.

Caranya sedikit berbeda, Anda harus menerapkan kantong teh hijau yang telah didinginkan pada area mata selama 10 hingga 15 menit. Ulangi cara menghilangkan kantung mata secara alami ini beberapa kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

11. Baking Soda

Manfaat baking soda meningkatkan aliran darah dan mengurangi kantung mata. Baking soda juga sebagai exfoliant alami yang mencerahkan kulit mata bagian bawah.

Campurkan satu sendok teh baking soda dengan segelas air panas dan rendam kapas di dalamnya. Peras dan letakkan pada kulit di bawah mata selama 10 hingga 15 menit. Kemudian lepaskan dan bilas wajah dengan air dingin. Ulangi cara mengatasi kantung mata ini sekali atau dua kali sehari.

12. Kopi

Kandungan kafein dalam kopi memiliki efek anti-inflamasi dan akan mengurangi pembengkakan pada kantung mata. Kombinasi kopi dengan bubuk lada hitam akan meningkatkan sirkulasi darah dan membuat sel-sel kulit di area bawah mata lebih sehat. Pastikan lada hitam tidak mengenai mata.

Selain itu, obat alami ini juga dapat dikombinasikan dengan minyak kelapa yang bermanfaat melembapkan kulit dan mencerahkan kulit secara alami.

Campurkanlah 1/2 sendok teh kopi bubuk dengan sedikit lada hitam dan satu sendok teh minyak kelapa. Oleskan campuran pada kulit di bawah mata dengan hati-hati agar tidak mengenai mata. Biarkan selama 10 hingga 12 menit dan lap dengan lembut menggunakan kapas. Anda dapat melakukan cara ini beberapa kali untuk hasil yang cepat.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Kantung Mata yang Bengkak dan Hitam

Penyebab Kantung Mata

Berikut beberapa penyebab kantung mata yang perlu Anda ketahui untuk memudahkan dalam pencegahannya:

1. Kurang Tidur

Ketika tidur, cairan mengendap di jaringan di bawah mata. Cairan tersebut dapat tercampur dengan pembuluh darah yang bocor saat Anda tidak cukup tidur atau begadang. Kondisi inilah yang menjadi penyebab kantung mata dan bahkan tampak kehitaman.

2. Alergi

Selain menyumbat hidung, alergi menyebabkan pembengkakan pada jaringan sinus, yang menyebabkan bengkak di bawah mata Anda.

3. Merokok

Nikotin dalam rokok mengganggu pola tidur alami seseorang, yang dapat menyebabkan cairan mengumpul di bawah mata. Merokok juga memproduksi zat yang memecah elastisitas kulit dan kolagen yang membantu menjaga kulit tetap kencang.

4. Minum Alkohol

Meski alkohol termasuk cairan, tetapi tidak bagus untuk tubuh. Alkohol yang bersifat diuretik (sering kencing) menyebabkan dehidrasi. Kondisi ini mengakibatkan kulit di bawah mata menjadi kendur dan lemah, yang menyebabkan terbentuknya kantung mata.

5. Makan Makanan Asin

Tubuh dapat menampung cairan saat makan makanan asin. Salah satu tempat yang menampung cairan ini adalah di bawah mata. Tentu ini menyebabkan terbentunknya kantung mata.

6. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan melemah, dan lemak yang secara alami membantu mata meresap ke area di bawah mata, yang membuatnya tampak bengkak. Cairan ini juga dapat terkumpul di area tersebut.

7. Tidak Membersihkan Riasan Wajah Sebelum Tidur

Ladies, pastikan riasan wajah Anda dibersihkan terlebih dahulu sebelum tidur. karena jika Anda tidak membersihkan riasan sebelum tidur, dapat mengiritasi jaringan di bawah mata, menyebabkannya membengkak.

8. Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari

Sering terpapar sinar matahari dapat merusak sel-sel kulit dan kolagen yang menjaga kulit di bawah mata Anda tetap kencang.

9. Keturunan

Beberapa orang cenderung memiliki kantung di bawah mata karena diwariskan dari anggota keluarga yang memiliki kantung mata. Jika ibu atau ayah Anda memilikinya, kemungkinan besar Anda juga akan memilikinya.

_

Nah, itulah cara menghilangkan kantung mata secara alami yang dapat Anda coba di rumah, Teman Sehat! Semoga bermanfaat.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Stephanie Pangestian dan dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Nine causes of under-eye bags (and how to get rid of them). https://www.humana.com/health-and-well-being/causes-of-undereye-bags. (Diakses 6 November 2019)
  2. Marcin, Ashley. 2017. 17 Ways to Get Rid of Bags Under Your Eyes. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-bags-under-eyes#water. (Diakses 6 November 2019)
  3. Kukreja, Kushneet. 2019. Top 16 Home Remedies To Get Rid Of Eye Bags. https://www.stylecraze.com/articles/home-remedies-to-treat-eye-bags/#gref. (Diakses 6 November 2019)