10 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Doktersehat-cara-menghilangkan-kantung-mata

DokterSehat.Com – Munculnya kantung mata dan lingkaran hitam (mata panda) di sekitar area mata adalah sesuatu yang sangat mengganggu rasa percaya diri seseorang. Kondisi ini membuat banyak orang mencari tahu bagaimana cara menghilangkan kantung mata.

Perlu diketahui, munculnya kantung mata, lingkaran hitam, kerutan halus di bawah mata, atau mata yang turun, merupakan tanda kulit sedang mengalami proses penuaan. Karena itu, tak heran bila seseorang bisa terlihat lebih tua dibanding usia sebenarnya gara-gara problem di sekitar mata tadi.

“Saya sangat terganggu setiap kali orang bertanya kenapa saya terlihat sangat lelah, padahal saya sudah tidur cukup. Karenanya saya memilih operasi plastik untuk mengoreksi kulit di sekitar mata,” kata Darrick E.Antell, MD, menceritakan pengalamannya saat ia berusia 32 tahun.

Anda tidak perlu melakukan operasi seperti Antell untuk mempercantik mata Anda. Menurut ketua dermatolog dan cosmetic surgery dari Sinai Medical Center, New York, Ellen Marmur, MD, problem kulit di seputar mata sebenarnya berawal dari noda kecil yang tidak dirawat.

“Kantung mata di bawah kelopak yang semula tak begitu terlihat, tapi bila tak segera diatasi lama-lama akan makin jelas terlihat,” kata Marmur. Karena itu, di usia 20-an sebaiknya Anda mulai rajin mengoleskan eye cream di sekitar mata untuk menjaga kekenyalan kulit.

Kantung mata, menurut Marmur, merupakan bagian dari proses penuaan. “Secara alami ada lemak di bagian bawah mata yang diikat oleh ligamen. Nah, makin lama ligamen ini akan melemah sehingga lemak terdorong dan menumpuk di bawah mata, sehingga terlihat seperti kantung,” paparnya.

Selain faktor penuaan, masalah di sekitar mata juga bisa disebabkan karena faktor keturunan dan gaya hidup. “Sering begadang, terlalu banyak makanan yang asin, kurang minum, dan jarang berolahraga akan membuat kulit kehilangan elastisitas, termasuk di sekitar mata,” ungkap Marmur.

Resep Alami

Selain kosmetik modern, sebenarnya banyak cara menghilangkan kantung mata secara alami, yang paling populer adalah mengompres area mata dengan kantong teh celup yang dibekukan, irisan timun, atau kompres es batu. “Untuk sementara, bahan-bahan itu memang bisa mengatasi bengkak di bawah mata,” kata Marmur.

Sementara itu, ahli dermatologi Audry Kunin, dalam bukunya The DERMAdoctor Skinstruction Manual mengatakan, teh hijau bisa jadi solusi untuk menyingkirkan kantung mata. Kandungan senyawa anti inflamasi, yang disebut EGCG, yang terdapat dalam teh hijau bisa mengurangi cairan yang menyebabkan mata terlihat sembap.

Selain beberapa cara di atas, terdapat cara menghilangkan kantung mata lain yang bisa Anda coba, di antaranya:

  1. Cara menghilangkan kantung mata yang umum digunakan adalah dengan kompres. Kompres mata Anda dengan lap yang telah dibasahi dengan air dingin. Kompres mata selama beberapa menit dengan sedikit memberi tekanan pada mata Anda.
  2. Posisi tidur dengan kepala sedikit terangkat akan membantu mengatasi masalah kantung mata. Tidurlah dengan bantal tambahan untuk menopang kepala. Cara menghilangkan kantung mata ini membantu mencegah cairan menumpuk di sekitar mata saat Anda tidur.
  3. Asupan cairan yang cukup dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi dan membantu mencegah kantung mata. Agar terhindar dari retensi cairan, Anda dapat mengurangi asupan makanan olahan asin atau yang mengandung banyak garam. Pastikan Anda banyak minum air putih, setidaknya 8 gelas setiap hari, agar kulit Anda tetap sehat dan lembap.
  4. Cara menghilangkan kantung mata yang banyak orang tidak kira adalah dengan kalium. Asupan kalium dapat membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh yang dapat memicu munculnya kantung mata. Adapun sumber makanan yang mengandung kalium antara lain kacang, yoghurt, pisang, dan sayuran hijau.
  5. Hindari minuman beralkohol dan berkafein, kedua bahan itu dapat menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan membuat kantung mata serta lingkaran hitam nampak lebih jelas.
  6. Penuhi jam tidur Anda dengan waktu yang cukup sekitar 7 hingga 8 jam sehari. Ini adalah salah satu cara menghilangkan kantung mata dengan cepat.
  7. Kentang dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata secara alami. Salah satu manfaat masker kentang dalam dunia kecantikan ialah dapat digunakan untuk memutihkan dan mengencangkan kulit. Penggunaan masker kentang pada wajah bukan saja akan menghilangkan mata panda, namun juga kerutan-kerutan halus pada wajah. Caranya: kupas 1 buah kentang kemudian haluskan, gunakan kain untuk membungkus masker kentang, tempelkan kain pada daerah sekitar mata. Diamkan selama 20 menit, lakukan ini sebelum tidur dan saat bagun pagi
  8. Masker bengkoang. Anda bisa memanfaatkan masker bengkoang bukan saja untuk memutihkan wajah, namun juga mengatasi mata panda. Caranya: haluskan buah bengkoang yang telah dikupas bersih, bungkus masker bengkoang dengan kain, tempelkan kain ini pada area mata. Sensasi dingin dari bengkoang akan menyegarkan kembali area disekitar mata Anda, sehingga mata akan terasa lebih segar.
  9. Maker mentimun. Cara menghilangkan kantung mata yang satu ini pastinya sudah banyak dipraktekkan dan terbukti keampuhannya. Caranya: potong mentimun berbentuk bulat, usahakan tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Tempelkan irisan mentimun pada mata, kemudian biarkan selama 30 menit.
  10. Bukan hanya mentimun yang dapat digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam. Cara menghilangkan kantung mata lainnya adalah dengan tomat. Caranya: potong tomat kemudian tempelkan pada area mata. Biarkan selama 30 menit agar sensasi dingin dari tomat menyegarkan mata, menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam.