Terbit: 10 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jerawat adalah salah satu masalah pada kulit wajah yang cukup menyebalkan. Bagaimana tidak, selain menyebabkan masalah penampilan, jerawat juga kadang memberikan efek nyeri serta sensasi panas yang membuat setiap orang menjadi tak nyaman karenanya.

Ingin Menghilangkan Jerawat yang Membandel? Perhatikan Hal Berikut ini!

Maka dari itu, setiap orang, khususnya wanita sangat risih ketika jerawat mulai muncul. Apalagi jerawat membandel yang sulit dihilangkan. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan, misalnya menggunakan produk kosmetik ataupun bahan alami lainnya. Namun, yang paling utama dalam membasmi jerawat adalah harus menekan produksi minyak berlebih di wajah.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah hal yang memengaruhi kemunculan jerawat yang membandel pada wajah.

1. Benda yang Kontak Langsung pada Wajah

Salah satu penyebab jerawat tak kunjung hilang adalah karena wajah terkontak langsung dengan benda sehari-hari, seperti ponsel. Perlu diketahui, pada ponsel Anda terdapat ribuan bahkan jutaan bakteri yang menempel setiap harinya. Apalagi jika Anda memiliki kebiasaan bermain hp di kamar mandi. Untuk itu, sebaiknya jangan menempelkan ponsel secara langsung pada wajah dalam waktu lama. Disarankan untuk menggunakan earphone demi meminimalkan risiko masuknya bakteri pada kulit wajah.

2. Sering Berjemur untuk Mengusir Jerawat

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir jerawat adalah dengan sering berjemur. Sebab, berjemur telah terbukti bisa mengurangi produksi minyak alami pada wajah. Lebih baik lagi, Anda berjemur di pagi hari, sebab selain bisa mengurangi jerawat juga bisa meningkatkan kesehatan tulang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Jangan Memencet Jerawat

Memencet jerawat adalah sebuah kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang. Hal ini dilakukan karena rasa gemas akibat jerawat yang tak kunjung hilang. Namun, kebiasaan memencet jerawat justru akan menambah jumlah jerawat. Selain itu, wajah Anda akan menjadi berlubang sehingga bisa memperburuk penampilan.

4. Ganti Kosmetik

Jerawat juga bisa disebabkan oleh produk kosmetik yang tidak cocok pada kulit wajah Anda. Jika Anda merasa produk kosmetik yang Anda gunakan tidak cocok, maka sebaiknya agar segera menggantinya. Jangan merasa sayang, sebab kesehatan wajah jauh lebih penting daripada harga kosmetik tersebut.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi